#TheKambingsOnHoliday – Part 1

Tadaaaaaaaaaaa! Udah lama banget ini blog dianggurin. Tiap kali diupdate juga kayaknya isinya tentang jalan-jalan doang. Asal jangan berubah jadi travel blog aja dah, hahahahahaha.

Soooo, temen-temen di socmed mah kayaknya udah pada tau deh ya kalo dari tanggal 2-17 September kemaren itu kita jalan-jalan ke….New Zealand *dadah-dadah sama Lele*

Bisa dibilang ini adalah salah satu dream trip kita, terutama SN. Dia yang dari dulu pengen banget ke NZ. Kalo gue sih tambah kepengennya itu setelah liat videonya Edward Suhadi yang jadi viral di taon 2013-2014. Tadinya sih kita mau pergi berduaan aja. Eh pas gue cerita-cerita sama boss gue kalo kita mau ke NZ, dia mo ikut dooooong! Mampus gak sih lu, hahahahahahaha. Ngeliat mukanya 8 jam sehari aja kayaknya udah senep kan ya, gimana 24 jam x 2 minggu coba? Bisa mencret-mencret gue.

Tapi gara-gara ide dia mo ikut, kita jadi mikir-mikir lagi buat ajak temen/keluarga untuk pergi bareng. Kayaknya seru aja kalo ramean (plus lebih irit sih…#PENTING, hihihihihi). Dan ternyata pas kita ngelempar ide ini ke Mbak Nuk, dia langsung HAYUKS. Yeaaaaaaaaah, langsung deh gue booking tiketnya. Seperti biasa, gue kebagian nyusun itinerary selama 2 minggu kita di New Zealand.

So, here is our story…

14 days, 2591 kilometres, 2 luggages, 1 big backpack, 4 daypacks, 4 adults, one campervan… and an EPIC Journey in New Zealand’s South Island.

Tanggal 1 September kita berangkat dengan penerbangan Qantas yang paling malam, transit di Sydney selama 8 jam dan sampai di Christchurch tanggal 2 September jam 23.00. Berhubung sampe sana udah malem banget, sementara jam 8 pagi udah mau ambil campervan, gue mikir buat tidur di airport aja. Setelah nyari-nyari informasi, ternyata Christchurch Airport ini sangat ketat untuk urusan penumpang yang tidur di bandara. Kita cuma bisa tidur di Bandara kalo tiba di Christchurch dengan public transport setelah jam 22.30 dan punya bukti akan melanjutkan perjalanan jam 8 pagi keesokan harinya. Kalo nggak, bakalan diusir sama petugasnya. Untungnya kita memenuhi 2 syarat itu, jadi pede aja nongkrong di airport kan. Masalahnya di waiting roomnya itu nggak ada tempat rebahan bok. Sementara gue muter nanyain dimana bisa tidur, SN malah udah gegoleran di lantai, trus disamperin security dan diomelin, huahahahahahaha. Sama security-nya, kita diarahin ke lounge deket tempat rental mobil. Didalamnya ada banyak bean bags & selimut buat kita tidur. Bayarnya cukup NZD 10/person atau NZD 30/family (2 adults + 2 kids). Lounge ini tutup jam 5, jadi jam 5 kurang kita udah dibangunin suruh beres-beres. Lumayan lah, sempet tidur sekitar 4-5 jam (plus tidur di pesawat juga sebelomnya).

Menjelang jam 8 SN nelpon Britz, tempat kita sewa campervan. Jadi di meja deket information centre itu ada telpon gratis. Tinggal masukin kode (65 untuk Britz) trus ntar bakal ada shuttle yang jemput kita di airport. Haduh, gue udah excited banget. Gak pake lama, shuttlenya datang dan ngebawa kita ke kantor Britz. Kantornya ini namanya RV Centre dan isinya gabungan Britz, Maui, Kea sama Mighty. Huwwwooooooh, makin excited pas ngeliat deretan campervan parkir disitu. Kenapa kita pilih Britz? Simply karena harganya paling reasonable dan rekomendasi temen kita taon lalu pake Britz juga.

Setelah beres urusan administrasi, petugasnya nunjukin campervan kita. Mas Edi langsung muterin mobilnya buat ngecek kondisinya. Bagian yang udah somplak/penyok difotoin buat jaga-jaga. Tapi di form rentalnya juga udah disebutin sih bagian apa aja yang rusak. Overall mobilnya masih bagus & bersih. Trus kita ditanya udah nonton video tentang campervan yang mereka kirim belom. Kita dengan pede jawab udah lah. Begitu ditinggal, trus ngeliat banyak banget pintu kecil-kecil disekeliling mobil LANGSUNG KEDER, huahahahahaha. Terpaksa kita bukain satu-satu buat tau itu tempat apaan. Ada cassette, storage, tempat gas, saluran air kotor, valve buat gas. OK SIP. Langsung pede dong mo jalan. Begitu nyalain mesin, keluar bunyi TING…TING…TING kenceng banget. Eh mampus, kenapa nih mobil. Kita berempat liat-liatan sambil nyari-nyari sumber bunyi. Datangnya sih dari kabin supir, tapi kenapa dia bunyi-bunyi itu kita nggak ngeh sama sekali. Akhirnya kita panggil-panggil petugas yang lagi ngurusin campervan lain. Begitu kita jelasin, dia langsung jalan ke pintu belakang trus nunjukkin tangga yang masih nongol keluar, “You have to push this in. If you hear the sound, you should check this step or the electric cable”. Hoooooo…. begonooooh! Ketauan dodolnya kaaaaan, hahahahahah.

Kabin supir plus tempat tidur diatasnya

Tempat tidur belakang, dapur (kiri) dan toilet (kanan)

Dapur mini tapi lengkap. 4 stoves, griller, microwave, kulkas kecil, peralatan makan/minum & peralatan masak.

Rute kita hari pertama itu Christchurch – Lake Tekapo/Lake Pukaki. GPSnya bilang sih sekitar 4 jam. Sebelom tancep kesana, kita mampir dulu ke supermarket buat belanja groceries. Lele udah pernah cerita sih kalo di NZ itu barang-barang mahal, tapi tetep aja kaget ngeliatnya, hahahahahha. Untung wine murah! #Penting. Beres urusan groceries, kita tancep ke Lake Tekapo. Sempet berenti dulu di tengah-tengah perjalanan buat makan siang.

Parkir suka-suka di rest area. Cakep ya tempatnya 😀

Makan siang pake….INDOMIE, hahahahahaha

Selesai makan, kita lanjut lagi nyetir. Kali ini giliran gue nyoba nyetir. Eh buset ya, seumur-umur kan gue cuma pernah nyetir mobil automatic itu sekali doang pake mobil Andy. Eh lah ini sekalinya bawa yang lamaan malah pake mobil segede truk mini, hahahahahaha. Lumayan ngeri-ngeri sedap gitu bawanya. Udahlah gak ada tarikannya, ngeremnya juga dalem banget sampe kalo belok suka ngepot gara-gara telat ngerem, dan kalo mo ngerem, kaki kiri gue suka latah nyariin kopling, hahahahahahaha.

Karena gue bawa lumayan kenceng dan jalanan yang dilewatin itu kelak-kelok, di salah satu tikungan, laci tempat naro piring gelas kelempar keluar dong! KROMPYAAAAAAAANG. Asli kaget setengah mati! Langsung buru-buru minggir sebentar. Untungnya cuma 1 gelas wine doang yang pecah (gak perlu ganti karena kita beli asuransi). Kayaknya kita lupa ngunci laci sebelom jalan, jadinya bubar ditengah jalan deh tuh laci, hahahahahahaha.

Church of Good Shepherd – Lake Tekapo

Menjelang sore, kita sampe juga di Lake Tekapo. Langsung ternganga-nganga sama pemandangannya. Ya Tuhaaaaaaaaaan….BAGUS BANGET! #Terharu. Kita ngabisin waktu sampe hampir gelap di Lake Tekapo sebelom lanjut ke Lake Pukaki buat bermalam. Berhubung daerahnya itu masuk area ‘Dark Sky Reserve’, jalanannya tuh gelap banget. Bener-bener pitch black. SN nyetir pelan-pelan ke lokasi free camping yang ditunjukin aplikasi WikiCamp. Begitu masuk, kita langsung serem sendiri. Beneran nih tempatnya begini? Gak keliatan apa-apa gituh! Yang kena sinar lampu itu cuma jalan gravel buat mobil sama pohon-pohon gede. Pas kita masuk ke dalem lagi, baru keliatan ada 2-3 mobil lagi parkir. Sempet bingung mo parkir dimana karena gak keliatan apa-apa. Gue bawa senter gede juga nggak ngebantu banyak saking gelapnya. Mana mendung pula malem itu. Makin gelap aja dah. Akhirnya kita asal parkir aja ditengah-tengah. Gak lama ada satu campervan lagi masuk dan parkir di sebelah kita.

Menu makan malam kita. Sayur sop sosis!

Begitu udah beres urusan parkir, kita langsung masak buat makan malam. Ngobrol-ngobrol sebentar trus tidur karena udah kecapekan. Apapun yang bakal terjadi malam itu…ya terjadilah. Kita pun tidur sambil kedinginan karena nggak bisa nyalain heater listrik.

…to be continued…

2 comments

Trackback e pingback

No trackback or pingback available for this article