Do Not Pet Them

Pernah tau istilah ‘Guide Dog’ atau ‘Service Dog’ nggak?

Itu adalah sebutan untuk anjing-anjing yang punya fungsi khusus sebagai pendamping orang. Yang paling umum sih guide dog untuk orang buta atau visually impaired. Mungkin kalo di Indonesia jarang atau hampir nggak pernah liat ada guide dog ya. Bahkan di Singapore juga gue nggak pernah ketemu walaupun gue tau ada beberapa guide dog disini.

Service dog ini biasanya dipakein vest dengan berbagai macam tanda larangan. Do Not Pet, Do Not Distract, Do Not Disturb, dll. Sayangnya, banyak orang yang nggak sadar pentingnya mematuhi larangan tersebut dan dengan cueknya ‘gangguin’ anjingnya. Bahkan ada juga yang ngomel-ngomel karena sang pemilik melarang mereka untuk ngelus-ngelus anjingnya. Yes, they are cute, but the signs are there for a reason, to keep both human & their dog safe.

service-dog-vest

Image from here

Keliatannya simple ya, kan cuma dielus-elus, apa bahayanya sih? Mungkin kasus Hailey ini bisa buat acuan betapa pentingnya peranan Service Dog bagi pemiliknya dan pentingnya nggak mengganggu mereka. Yup, ngelus-ngelus tanpa consent pemiliknya itu termasuk MENGGANGU :D.

Service dog ini nggak bisa disamain dengan anjing biasa yang bisa dielus-elus kapan aja (but again, biasain minta ijin dari pemiliknya kalo mau elus-elus anjingnya ya). Mereka adalah working dog yang dilatih untuk fokus pada tugasnya membantu pemiliknya. Misalnya ntuk mereka yang visually impaired, anjingnya dilatih untuk ngeliat kondisi lalu lintas di jalanan. Kebayang gak kalo mereka lagi mo nyebrang jalan, trus ada yang gemes nguwek-uwek anjingnya tanpa ijin. Si anjing yang tadinya fokus merhatiin arus lalu lintas jadi teralihkan perhatiannya. Bisa jadi dia narik leashnya dan diartikan oleh si pemilik sebagai ‘kondisi aman untuk nyebrang’ dan….kalian bisa bayangin apa yang terjadi selanjutnya.

Beberapa Service Dogs berfungsi sebagai medical alert bagi pemiliknya. Anjing-anjing ini terlatih untuk membaca kondisi badan si pemilik dan ngingetin pemiliknya untuk bersiap-siap sebelum situasi darurat terjadi, misalnya kejang, epilepsi, kadar gula turun. Kalo mereka tiba-tiba teralihkan perhatiannya karena ada orang iseng manggil-manggil, elus-elus dan nggak nurutin larangan yang dikasih pemiliknya, bisa jadi anjing ini gagal membaca kondisi medis pemiliknya. Pada saat dia sadar dan ngasih tau si pemilik bahwa sesuatu akan terjadi, it might be too late.

Makanya, pinter dikit lah. Kalo ngeliat anjing jangan langsung gatel pengen ngelus-ngelus. TANYA dulu sama pemiliknya, boleh nggak ngelus anjingnya. Kalo nggak boleh, ya jangan sakit ati. Anggap aja anjing itu kayak anak kita. Mau nggak anak kita disamperin orang trus langsung dijawil-jawil pipinya tanpa ijin? Pasti bawaannya pengen gampar kan? Hihihihihihihihi. Apalagi kalo anjingnya udah jelas-jelas pake vest atau tanda yang nunjukin kalo dia itu Service Dog/Guide Dog. Udah, mending tinggalin aja. Kalo mo ngomong, ya ngomong aja ke pemiliknya, jangan ke anjingnya. Let the dog focuses on their job 😀

Silahkan bagi informasi ini ke anak-anak dan temen-temen yang lain. Supaya kalo suatu hari ketemu sama Service Dog nggak ‘NORAK’ dan ngeganggu kerjaannya anjing tersebut 😀

Leave a comment :)

%d bloggers like this: