#2: Bang Bing Bung

Yooook, kita nabung!
Tang ting tung hey
Jangan di hitung
Tau tau nanti kita dapat untung…

Ini kayaknya salah deh minta gue nulis tentang tips & trik menabung. Harusnya mintanya sama Novi. Noooop, Nopiiiiiih, bantuin atuh noooooop, hahahahahahahhahaha.

Gue termasuk golongan susah nabung. Bawaannya jajaaaaan mulu. Bahkan kalo sukses nabung pun ntar gak lama bakalan dikorek-korek lagi, hahahahahah. Sementara SN lebih konsisten nabung, tapi konsisten juga nebok tabungannya buat belanja-belanja hobinya dia, huahahahahahah. Makanya kitaΒ gak belom kaya-kaya :lol:.

Setelah pindah ke SG, mau-gak-mau kita mulai serius mikirin soal nabung. Dan dari pengalaman kita berdua, ada beberapa tips yang bisa gue share soal nabung.

1. Kenali diri lo sendiri
Elo itu tipe orang yang kayak gimana? Imannya teguh apa tukang ngorek celengan? Buat kita berdua yang demen ngorek celengan, tabungan biasa di bank itu nggak cukup aman karena gampang banget diambil kapan aja. Jadi kita mutusin buat nabung dalam bentuk logam mulia & reksadana. Ya seenggaknya kalo mo ngambil kan mikir-mikir untung rugi dulu, hihihihihihi.

2. Disiplin
Pokoknya begitu gajian langsung pindahin ke rekening terpisah. Tentunya elo harus tau dulu berapa konsumsi bulanan & berapa yang bisa ditabung. Kalo kayak kita, SN biasanya langsung beliin reksadana atau LM. Atau kalo harganya lagi gak bagus ya disimpen aja di rekening terpisah. Kalo nggak begini, pasti ntar duitnya kepake karena berasanya masih banyak duit, padahal udah cekak & nggak sadar ngorek duit tabungan, hahahahahah.

3. Pasang target
Kita ngerasa nabung jadi lebih gampang kalo ada target yang mau dicapai. Beli rumah, beli mobil, jalan-jalan, kawin, dana sekolah anak.

4. Jangan anggap sepele uang receh
Ini gue banget deh. Suka sembarangan naro koin recehan dimana-mana. Kayak yang pernah gue tulis disini, receh itu kalo dikumpulin jadinya bisa nambah-nambahin tabungan! Liat aja tuh pengemis, dari recehan bisa dapet puluhan juta *salah contoh, kakaaaaaaaaaak*. Sejak ada si gendud dirumah, SN jadi rajin banget ngumpulin recehan. Tiap hari pasti dia masukin semua koin-koin yang dia punya ke dalam celengan. Rekor yang pernah kita dapet dari hasil nyelengin receh selama 3-4 bulan itu $300-an. Lumayan banget kan?

5. Need vs want
Nah, ini mah easier said than done ya. Tapi beneran deh, kalo nurutin kemauan belanja terus ya nggak bakal bisa kekumpul duitnya. Cari trigger yang bisa bikin elo batal belanja seketika, atau seenggaknya menunda keinginan belanja buat di-review lagi, beneran butuh apa cuma ngiri doang karena si A punya? Kalo gue lagi rewel pengen beli macem-macem yang harganya lumayan mahal, SN tinggal keluarin kalimat sakti yang langsung skak mat kelemahan gue, “Elo tau kan duit segitu bisa ngasih makan berapa banyak anjing liar?”. Dan sang istri pun nginyem… *ngumpet di karung kibble*

Gimana? Udah kayak financial planner belom tulisan gue πŸ˜†

Nah, kalo udah ngikutin semua tips diatas dan ternyata masih nggak bisa nabung juga? Ya udah terima nasib aja lah itu mah, huahahahahahha *kabur*.

P.S. Semua tips diatas nggak berlaku kalo lagi ada diskonan PANCI & teman-temannya. #okesip

15 comments

  1. Anonymous

Trackback e pingback

No trackback or pingback available for this article

Leave a comment :)

%d bloggers like this: