One Man's Trash is Another Man's Treasure

Manners Wooooi!

Pas lagi ke Jakarta kemaren,Β gue lumayan sering ketemu sama anak-anak kecil atau ABG yang *menurut gue* nggak ada manners. Sradak-sruduk, minta apa-apa udah kayak semua orang itu budaknya dia. Ngeselin ngeliatnya. Biasanya sih gue liat di Mall.

Tapi ternyata ya, yang tua-tuanya juga sama aja loh kelakuannya. Gue sempet ketemuan sama Ira & Novi di Bakmi Grand Kelinci, MAG. Trus meja sebelah ada serombongan keluarga. Restorannya lumayan rame sih, soalnya emang pas jam makan malem. Trus ibu-ibu meja sebelah itu berdiri, ngomel-ngomel, “Mana nih pelayannya. Eh Mas, yang meja situ dong”. Nada dan gaya ngomongnya itu bossy banget. Gue ngeliatnya empet banget deh.

Trus pas gue mo balik ke SG, gue sempet makan dulu di Bakmi GM Terminal 3. Kayaknya emang disitu selalu rame ya, jadi mejanya selalu penuh. Kebetulan gue emang sendirian, dan Mbak sebelah gue juga sendirian, jadi 2 kursi di depan kita tuh kosong. Gak lama kemudian ada ibu-ibu umur sekitar 40-50an nyamperin kursi kosong depan gue, ngasih gesture pake dagunya, trus nanya, “Dipake?”. Gue jawab, “Nggak bu, silahkan”. Trus dengan gesture yang sama dia nanya mbak yang duduk di sebelah gue, “Yang ini? Dipake? Ada yang make nggak disini?”. Si mbaknya juga bilang nggak. Trus si ibu duduk sambil nungguin temennya yang lagi pesen.

Nggak lama temennya dateng. Trus karena rame, kan pesenannya datang rada lama ya. Lah punya gue aja baru dateng pas si ibu duduk, padahal gue pesennya udah dari tadi. Temennya ini kayaknya nggak sabar. Dia ngelambaiin tangan ke Mas-mas GMnya, ngangkat nomor pesenan, trus ngomong, “Ini belom ya?!”. Nadanya bukan nanya loh, lebih ke arah statement.

Pas makanannya datang, Masnya minta maaf bilang kalo yang datang bakmi-nya dulu. Pangsitnya nanti dianter belakangan. Ibunya cuma Iya-iya nggak peduli gitu. Nah waktu mo makan, dia kesusahan buka plastik sambel. Jadilah dia panggil lagi Mas-mas GMnya. You know what she did when the waiter arrived? Dia kasihin plastik sambelnya, trus bilang, “Bukain mas”. Sama masnya dibukain, trus dikasihin lagi ke si Ibu. Yang dikasih mah cuma ngambil, nuang sambel ke bakmi-nya, trus lanjut makan.

GUSTI!!! Nggak sekalipun mereka bilang “Permisi”, “Tolong” dan “Terimakasih” loh. Macem semua orang itu udah layak dan sepantasnya ngelayanin dia. Hiiiih, gue sampe gemes banget.

Nggak heran deh kalo yang kecil-kecil dan muda-muda kelakuannya pada kayak taik begitu. Lah yang tua juga sama ‘rude’-nya.



25 thoughts on “Manners Wooooi!”

  • I’m feeling it Er… G kerja di resto/cafe ngga bule ngga asia kadang2 rude bgt kayak g budaknya dia…. 😁 sabar.. Sabar…

  • Aku bknnya menggeneralisir Er, tapi terus terang aja, ‘orang jakarta’ banyak yang kayak gini. Bkn artinya org dari daerah lagi gak ada yang kayak gini juga sih ya, cm mmg lbh banyak nemu yg kayak gini tuh di jakarte πŸ˜€

  • Eh er gw percis kaya ibu2 gak sopan itu loh, pas jaman-jaman baru pindah ke sini…. gw ingef banget lokasi di restoran yg pelayannya bule…… gw panggil dia ngawe tangan gitu… blg “where is my nasi goreng i ordered”…. krn ud lama bener dari waktu mesen… temen2 gw yg laen ud makan… pesenan gw kaga dateng.

    Ndilalah tmn2 gw yg laen melotot donk pas gw nanya mana nasgor pesenan gw….. pertanyaan gw kaga sopan mamen (kata temen gw)…. yg harusnya gw tanya ke si bule : “could u please check on my order please…” pake plis cuiiiii…….. bukan ala ala preman gitu nanyanya 😒

  • Hai salam kenal ci..
    baru selesai baca post cici dari pertama πŸ˜€

    Iya tuh.. paling sebel sama orang yang nggak bisa ngomong “tolong” atau pun “terima kasih”.. ditambah lagi kalau nggak pake senyum.. padahal apa susahnya ya..

  • Banyak yang model begitu dikantor gue (yang sekarang) ke OB. pengen ngejitak rasanya (sayang levelnya diatas gue). Padahal kalo gak ada OB pada ngesot juga tuh.
    Keliatan banget gak ada mannernya padahal yang namanya level manager mah gak mungkin ga berpendidikan kan? πŸ™

  • Halo salam kenal er *sok kenal*

    kyknya org jakarta skr udah pada geser sdikit otaknya gara2 kena macet yg gak bersahabat… tapi itu ibuk2 sih kurang ajar luar biasa yaa… minta gunting kek, die gunting sndiri emang gak punya tangan apa… tangannya dicabut aja ama Tuhan tau rasa loo… *emosehh bacanya*

  • bener er…. anak jaman sekarang kayak ga tau sopan santun… murid les gua, anak kelas 1 sd, ada yang pernah gua omelin gara2 dia ga latian di rumah, tau ga jawabannya apa…. “nanti saya bilangin mama, biar berenti les dari sini, cari tempat les yang lain!” ngooookkk…. sono dah lu cari tempat les lain hahahahaha…

  • kemaren waktu trip ke Yogya mampir ke Ullen Sentalu dan serombongan ama keluarga dari Jakarta, yang mana ibu-ibunya brisik komplen, ngambek karena ga boleh foto-foto di dalem museum…. pake acara bilang kalo yang punya museum gak mau berkembang dan bodoh karena ga boleh ada yang foto-foto di dalam museum… helooooooooowwwwww situ oke??

Leave a comment :)


%d bloggers like this: