One Man's Trash is Another Man's Treasure

Lourdes: Nggak Cuma Ziarah Aja

Buat yang udah pernah ke Lourdes, pastinya tau kalo Lourdes tuh kecil. Diputerin seharian juga kelar semua. Tapi karena bawa Orang Tua, nggak bisa juga kalo mau dipadat-padatin sehari kelar. Soalnya ada yang mau ikut perarakan lilin, mau mandi, mau ke rumah Bernadette, mau Misa, banyak maunya deh, hihihihihihi. Jadilah kita atur 4 malam di Lourdes. Ortu sih seneng, bisa ziarah dengan tenang tanpa diburu-buru. Nah kita-kita ini yang muda yang pada mati gaya, hahahhahahaha #DikepretAirSuci.

Dan karena Ortu sanggupnya jalan setengah hari doang *trus musti balik hotel buat bobok ciang, yang mana seringnya bablas sampe besok paginya*, kita jadi iseng keluyuran sendiri. Waktu bikin itinerary emang sebenernya gue udah nyari-nyari short excursion yang bisa dilakuin dari Lourdes *hidden agenda banget inih, huahahhaha*. Ada 3 tempat yang menarik perhatian gue, Pic du Jer, Cirque de Gavarnie dan Pont D’Espagne. Tapi yang aksesnya gampang cuma 2, yaitu Pic du Jer & Pont D’Espagne.

Kalo mau ke Pic du Jer, kita bisa naik Le Petit Train (semacam hop-on-hop-off tapi wujudnya kereta kecil dengan tariff EUR 6.50) atau naik Citybus Line S4 (EUR 1.20) dari Grotte (keduanya beroperasi mulai akhir Maret – akhir Oktober). Sampe di Stasiun Pic du Jer, tinggal beli tiket funicular seharga EUR 10.00 (return trip). Nah, dari Pic du Jer ini kita bisa ngeliat Lourdes dari ketinggian. BAGUS BANGET viewnya. Banyak juga yang naik keatas bawa MTB buat downhill. Seru banget. Ada juga Grotte yang merupakan museum bawah tanah. Bayarnya nggak mahal, cuma waktu itu kita emang cuma mau leyeh-leyeh aja di café-nya. Jadi sama sekali nggak ngiterin bukitnya *errr…plus males juga sih jalan nanjak-nanjak #JompoAlert*.

IMG_3970

IMG_3972

IMG_3973

IMG_3974

Nah satunya lagi, Pont D’Espagne ini agak ruwet urusannya, hahahahhaha. Tadinya mo ajak Ortu kesana. Tapi gak dibolehin sama SN, karena musti naik-naik skylift kayak yang di Sentosa. Ntar yang ada bukannya duduk, malah nyungsep keserok sama kursinya, hihihihihih.

Di hari terakhir akhirnya gue, SN & Ich nyempetin buat pergi ke Pont D’Espagne. Kalo mau ikutan excursion, kita bisa ngecek jadwalnya di booth yang ada deket halte bis Grotte. Pas banget hari itu ada jadwal ke Pont D’Espagne jam 13.30. Jadi abis makan siang, kita bertiga langsung nongkrongin boothnya. Di jadwal sih harusnya booth buka jam 13.00 (lunchtime from 12.00 – 13.00), tapi ujung-ujungnya baru buka jam 13.15. Pas mo beli tiket, mbak-mbaknya bilang kalo kita udah telat. Harusnya booking pagi-pagi. Tapi mungkin ngeliat muka kita yang ngeliatin mbaknya sambil ‘ngowoh’, mbaknya pun kasian. Jadilah dia telponin supir bisnya buat ngasih tau ada 3 penumpang tambahan. Dia langsung kasih kita 3 tiket (EUR 19.50/pp) dan nyuruh kita pergi ke parkiran bus di depan Hotel D’Espagne, sekitar 500 meter dari Grotte. Jadilah kita terbirit-birit lari kesana. Saking udah lamanya nggak pernah jogging, lari ngibrit 500 meter aja udah bikin megap-megap dan betis langsung berkonde. Begitu kita masuk bis *oh, tentunya diiringi tatapan orang satu bis*, supirnya langsung nutup pintu dan jalan. Sepanjang jalan, ada guide yang ngejelasin…in FRENCH. Yuk mariii…. *ngowoh lagi*.

Satu hal yang gue nggak ‘ngeh’, Pont D’Espagne ini ternyata lokasinya lebih tinggi dari Lourdes. Kita ngeliatin orang-orang di bis pada pake windbreaker, hiking boots dan topi. Sementara kita bertiga pake blus kutung/kemeja lengan pendek, jeans & sneakers. Jaket? Boro-boro, adanya cuma sweater tipis/cardigan, hahahahhaha. Begitu sampe diatas, mendadak hujan gerimis dan DINGIN banget. Maaak! Pegimana urusannya inih. Kita bertiga pun turun dari bis dan buru-buru lari ke gerbang loket sebelom bulu ketek keburu jigrak karena kedinginan.

Untuk menuju jembatannya, kita bisa jalan kaki dari gerbang. Nggak jauh kok. Palingan cuma 500-an meter aja. Tapi kalo mau ke danau Lac de Gaube, musti hiking sekitar 1 – 1.5 jam. Option lain, bisa naik cable car dulu trus lanjut hiking. Atau sekalian nyambung pake skylift keatas dan jalan sekitar 15 menit ke danaunya. Udah jelas lah ya kita bertiga milih yang mana, hahahahahahha. Tiket untuk cable car & skyliftnya EUR12.50/return. Bisa juga beli one way trus pulangnya jalan kaki.

Pemandangan menuju ke Lac de Gaube-nya itu bener-bener breathtaking. Setelah jalan kaki sekitar 20 menit,  kita bisa ngeliat danaunya yang dikelilingin siluet Vignemale, puncak tertinggi di French Pyrenees. Sayang aja waktu itu agak gerimis dan anginnya kenceng banget. Kita jadinya nggak sanggup lama-lama diatas. Inget ya, bawa jaket kalo kesana. Dan jangan pake celana pendek juga kalo nggak kuat dingin. Ntar bulu kakinya ikutan jigrak!

IMG_3978

Jadwal shuttle dari Cauterets ke Pont D’Espagne

IMG_3982

12 menit paling menyiksa buat orang yang takut ketinggian :lol: *lirik Icha*

IMG_3976

Ya kali deh ah ada yang mau main ayunan pake skylift. Keburu ngompol kalo gue mah.

IMG_3980

IMG_3977

IMG_3983

IMG_3979

Lac de Gaube; Liat deh airnya, itu warnanya turquoise loh! Keren banget!

IMG_3981

Pont D’Espagne

Kalau mau santai dan nggak diburu-buru waktu, kita juga bisa pergi sendiri ke Pont D’Espagne. Tinggal naik kereta ke Cauterets, trus lanjut naik bis. Yang pasti, sempetin deh kesini kalo pas lagi ke Lourdes. Nggak bakalan nyesel liat pemandangannya. Gue JAMIN!

PS: Buat yang nggak tau ‘ngowoh’, coba ambil kaca, buka mulut segede koin 1000 perak, lemesin otot muka dan kasih pandangan kosong. Udah liat ekspresinya? Nah itu namanya NGOWOH! *jangan lama-lama praktekinnya. Ngowoh biasanya diikuti dengan ncess….*


2 thoughts on “Lourdes: Nggak Cuma Ziarah Aja”

Leave a comment :)


%d bloggers like this: