One Man's Trash is Another Man's Treasure

[Resep] Kerak Telor

Ulang tahun Jakarta & PRJ buat gue itu identik sama 1 hal, KERAK TELOR. Gak masuk ke PRJ-nya pun gapapa, yang penting jajan kerak telornya, hahahahahaha. Dan menurut gue, kerak telor yang enak itu emang cuma ada di PRJ. Pernah beberapa kali nyoba beli diluar PRJ *terakhir beli di depan Istiqlal* nggak pernah ada yang enak. Nyebelin.

Pas bulan lalu gue balik ke Jakarta, gue main ke pasar dan nemu kuali kecil kayak punya abang kerak telor. Mata langsung IJO, hahahahahha. Langsung bungkus! Dan minggu lalu baru ada kesempetan buat nyoba bikin. Hasilnya? MIRIP BANGET rasanya!!! Bahkan lebih enak kalo menurut gue, soalnya ebinya buanyaaaaaak, hahahahahaha.

Nih gue bagi resepnya ya. Semuanya kira-kira aja.

Kerak Telor

Bahan A:

Beras Ketan, cuci bersih dan rendam minimal 6 jam atau semalaman

Bahan B:
Cabe merah keriting 3-4 biji
Kencur bubuk
Jahe bubuk
Lada bubuk
Hao Chi powder (ini semacem masako/royco gitu kayaknya)
Garam
200 gr Kelapa parut, sangrai

Bahan C:
Ebi, haluskan & sangrai (Ebi disini nggak terlalu asin, jadi gak gue rendem dulu)
Bawang Goreng

Petunjuk:

Haluskan bahan B (kecuali kelapa sangrai), tumis hingga wangi dan tambahkan kelapa sangrai. Masak sampai kering.

Tuang beras ketan & airnya ke wajan (cek di youtube deh buat kira-kira harus nuang segimana), tutup dan biarkan airnya menyusut. Tambahkan Bahan B dan 1 butir telur. Aduk rata. Keraknya juga diaduk ya! Trus dilebar-lebarin ke pinggiran wajan. Masak sampai matang, trus balik wajannya.

Angkat kerak telor, tuang Bahan C diatasnya.

ENJOY! Gampang kan.

Nih gue kasih video abang kerak telor biar bisa nyontek cara bikinnya 😀

Courtesy of peppertofumoggie



3 thoughts on “[Resep] Kerak Telor”

Leave a comment :)


%d bloggers like this: