#AkhirnyaMilih

#AkhirnyaMilih

Kalau ditanya kapan terakhir kali gue menggunakan hak pilih gue, terus terang aja gue lupa. Waktu masih di Jakarta sih gue selalu dateng ke TPS *ya secara kalo nggak nongol bakal dipanggil-panggil Pak RT pake toa*. Tapi apakah gue nyoblos apa nggak, itu gue nggak inget. Kayaknya sih gue pake hak pilih gue sekali doang pas pemilu tahun ’99 *kalo nggak salah*. Itu juga karena euphoria dapet hak pilih untuk pertama kalinya, hihihihihi. Nah pemilu-pemilu selanjutnya, seinget gue sih gue dateng, coblos semuanya trus masukin ke kotak suara, huahahahahaha.

Pas pindah ke SG juga gue nggak peduli sama Pemilu. Kayaknya semua sama aja busuknya. Konsep ‘The Least Evil’ nggak masuk di gue. Gue lebih milih untuk jadi Golput. Bahkan sampe Pemilu Legislatif kemaren pun gue masih Golput.

Tapi ketika calon-calon presidennya mengerucut jadi cuma 2, gue pun mulai ikut merhatiin Pemilu kali ini. Terlalu menarik untuk dilewatkan. Jadi, setelah *tetep aja* lupa daftar milih lewat pos, kemaren gue, SN, Ben & papanya Ben *yang kebetulan lagi main kemari* pergi ke KBRI buat menggunakan hak suara kita. YAY…ayo milih!

photo 2 (600x800)

Baru juga sampe Grange Rd, antriannya udah mulai rame. Udah kayak lautan manusia deh. Yang pelajar, karyawan, PRT, bos-bos, semua tumplek blek disitu. Supir taksinya sampe nanya, “Wah, da ape ni? Undi-undi ke? Ooooh, saya tahu! Election, right? Wah, orang banyak datang ya. Tak pernah lah macam ni”. Beneran beda banget rasanya sama milih di TPS deket rumah dulu. Semua orang kayaknya semangat banget.

Padahal kemaren itu panasnya minta ampun. Dan FYI ya, KBRI di SG itu lokasinya nggak strategis banget. Naik bis juga ribet. Kemaren ada shuttle sih. Tapi antrinya panjang banget. Taksi pun susah. Gue ngeliatnya sampe ngerasa agak terharu. Sampe segitunya ya orang bela-belain dateng, antri panas-panas buat pake hak pilihnya.

Proses di dalem KBRI-nya menurut gue sangat efisien. Salut! Begitu masuk gerbang, langsung diarahin sama petugas. Yang bawa surat undangan boleh langsung masuk ke antrian 1-3, yang nggak bawa undangan/belom terdaftar/turis disuruh antri di jalur 4 (ini antrian yang paling panjang sampe nguler), dan yang sakit/manula/bawa anak kecil bisa langsung ke emergency line di jalur 5. Sampe di dalem, undangan kita di scan dan dikasih form kecil yang harus ditandatanganin. Abis itu masuk ke zona TPS, ambil surat suara, tinggalin tas, dan COBLOS! That’s it. Cuma 15 menit di dalem. Trus lanjut ke bazaar makanan Indo dan ambil pesenan martabak, hihihihihihi.

photo 1 (600x800)

photo 5 (600x800)

photo 4 (600x800)

Buat semua yang di Indonesia, selamat memilih ya tanggal 9 nanti. Semoga Pemilunya berlangsung jujur dan aman. Nggak pake rusuh, siapapun yang menang.

Sebagai penutup, gue mau ngutip kalimat temen gue yang juga jadi alasan kenapa gue *akhirnya* menggunakan hak pilih gue…

Why we should care to vote in general election? Because, despite our own ability to flee the country, there will be a number of our families that couldn’t do the same

About erlia

Page with Comments

  1. yeay, gue juga bela belain pulang kampung Er. Di Singapore mah tertib banget ya, teteup dah kayaknya tertib emang udah budaya sama KBRI nya aja tertib :D. Kemaren baca yang di Hongkong rusuh katanya, trus disini pun tenda tenda pemilu bikin macet 😀

Comments are closed.

%d bloggers like this: