#11: Anjing Menggonggong, Orang Kece Tetap Berlalu

#11: Anjing Menggonggong, Orang Kece Tetap Berlalu

Hayooooh, siapa yang takut anjing dan suka bela-belain jalan muter demi nggak papasan sama anjing?

Wajar sih kalo takut sama anjing, apalagi anjing gede kayak shepherd, mastiff atau pitbull. Mereka diem aja juga kadang udah bikin orang mengkeret pas liat, gimana kalo mereka udah mulai gonggong, hahahahhaha.

Setiap anjing, nggak peduli jenisnya, punya kecenderungan untuk jadi galak/agresif. Contohnya Chihuahua tetangga gue tuh. Gedenya cuma sekepalan tangan, tapi berani nguber Dexter & Sheldon sampe mereka berdua lari terbirit-birit minta pulang.

Biasanya anjing jadi agresif karena kita masuk wilayah teritorinya. Satu hal yang perlu diinget kalo ketemu anjing yang nggak dikenal dan elo nggak bisa ngebaca bahasa tubuhnya adalah JANGAN TATAP MATANYA. Buat sebagian besar anjing, natap matanya bisa berarti nantangin. Sama deh tuh kayak anak-anak sekolahan yang demen tawuran cuma karena liat-liatan doang.

Dog-Behavior-Body-Language

Image from here

Jangan panik kalo digonggongin anjing, karena mereka bisa ngerasain kepanikan orang. Dan itu adalah tujuan mereka. Bikin musuhnya panik, baru serang. Selama kita tenang dan gak panik, mereka biasanya jadi males nyerang. Ilfil aja gitu dicuekin musuhnya, hahahahahhaa. Jangan pecicilan lari sana-sini, ngumpet-ngumpet dibelakang orang, apalagi kibas-kibas tangan. Anjing bisa ngartiin gerakan lo sebagai serangan.

Kalo jarak antara elo dan si anjing udah terlalu deket, jangan berdiri hadap-hadapan. Usahakan si anjing ada di salah satu sisi badan lo dan tetap tenang. Stand still. Kalo kita diem kayak patung, anjing biasanya cuma ngedeketin buat ngendus-ngendus doang. Setelah yakin kita bukan ancaman, mereka biasanya pergi. Nah, kalo udah liat mereka pergi, jalan tenang kearah berlawanan tanpa gerakan heboh.

Jangan JONGKOK! Sama aja ngajak ribut itu mah. Dengan memposisikan diri kita sejajar sama anjing, mereka bakal lebih gampang nyerang bagian-bagian vital dibadan kita.

Talking-Dog-poster

Image from here

Kalau seandainya mereka nyerang, gaplok aja idungnya. That’s one of dog’s most sensitive body part. Jangan getok kepalanya, ntar tambah ngamuk. Bisa juga langsung bentak dengan suara tegas *bukan jejeritan ‘Awwww….Awwww….Mamaaaaah’ gitu ya*. Bentakan keras bisa bikin anjing kaget dan lupa mereka mau ngapain.

Dan kalau mereka udah ngegigit, jangan ditarik karena bisa bikin sobek. Diemin aja trus bentak & gampar idungnya. Gue udah berkali-kali digigit anjing dan somehow trik ini selalu berhasil bikin anjing lepasin gigitannya.

photo

Sukses digigit anjing di Shelter, 😆

Tips-tips lain untuk ngatasin serangan anjing disini. Inget ya, anjing menggonggong, orang kece tetap berlalu.

About erlia

Page with Comments

  1. pas baca bagian ini “JANGAN TATAP MATANYA”, kenapa kebayangnya adegan anjing chihuahua ngomong gitu dengan suara dedi corbuzier ya? hahaha..

    Btw, bagian jadi patung.. itu udah gaya andalan gw Er kalo ketemu anjing. secara gw takut banget kan.. trus kalo mereka udah gonggong, guenya malah pingin nangis T_T

  2. Takut sih ngga, cuma agak gelisah aja kalo ada anjing yang galak. Wkwkwkw… Dulu pas piara anjing sukses nyokot lengan ku, tapi untungnya dia inget kalo aku temennya trus dilepas. Malah ku getok kepalanya. Hiks.. 🙁

    1. Gue juga sempet beberapa kali digigit anjing sendiri. Kayaknya dia nggak sadar yang digigit itu pemiliknya, hahahahha

  3. Gw dulu dikejer mulu pas naik sepeda jaman smp. Karena naik sepeda, gwnya selalu lolos. Giliran jalan kaki, gw jongkok dong pas dikejer seperti yang diajarin orang-orang, lha kok anjingnya malah kenceng lariny? Huahahahahaha. Ngibrit sengibrit-ngibritnya dulu gw.
    Makasih Er!

    1. Ahahahahahahaha. Sebenernya kalo lo naik sepeda, lo jangan terus gowes sepedanya. Turun aja dari sepeda pelan-pelan, trus tuntun sepedanya diatara elo & si anjing. Avoid eye contact. Lirik-lirik genit aja, huahahahahahhaha

  4. ah…seandainya gua baca ini waktu masih kecil, mungkin skrg ga takut anjing kali ya hahahaha…

    waktu kecil pernah digigit anjing… kayaknya gara2 itu anjing ngegonggong, trus gua kaget dan reflek ngelempar…..lupa ngelempar apa ampe kena itu anjing… akhirnya malah digigit… aku panik, malah jadinya bedarah… dan sejak saat itu jadi takut ama anjing ampe skrg hehehehe…

  5. Waa aku suka bangetnget postingan inih, ci! Thx yaaa secara kl lewat depan anjing pst digonggongin (ribet nih nulisnya) dan bikin panas dingin ajah! Biasanya aku sok cool dan jalan cepet2 >.< untung lom pernah digigit…..

  6. Tetep takut mbaaakkk…..kalo saya lagi namu ke rumah temen yang tetangganya punya anjing guedeee trus menggonggong keras aja aku udah deg deg an mau turun dari motor..haha serasa mau kabur lagi, padahal itu anjingnya di dalam pager lho hehe…:-)

    tapi kayaknya kalo kepepet OK banget deh tips dari mbak Erlia itu…(yaa kalo inget ya biasanya kalo lagi panik yg diinget cuman lari aja hehehe)

    1. cuekin aja hen. Dexter sama Sheldon juga selalu gonggong kalo ada tamu datang. Kita sekarang selalu kasih tau tamu kita untuk cuekin mereka. Don’t give any attention until they’re settling down. Tamu kita cuma kita bolehin untuk interaksi sama Dexter & Sheldon kalo mereka sendiri udah nyamperin tamu kita. Normally, it takes less than 5 mins for them to settle down and acknowledge you as the friends of the pack leader 😀

  7. astagaaaa..berarti ajaran untuk “JONGKOK pas dikejar anjing” itu sesat banget yaaa…-___-”

    dan baru tau kalo ga boleh natap mata anjing,,,hiks pantesan dulu waktu kecil dikejar mulu ama anjing tetangga, gara-gara aku liatin mulu tuh matanya..T.T

  8. yah Er liat anjing aja gue dah melengos apalagi natap matanya T_T

    gue print deh ahahaha.thanks buat tipsnya dan postingan ini (secara gue tunggu2 banget er )!! ;p

    secara gue bangettttt klo lagi lari dikomplek liat anjing bela2in muter bookkk. yah anggap jarak lari makin jauh kalori makin banyak kebuang huehehe.

    atau kudu gue print postingan lo yang ini jadi pas lari gue bisa ambil ancang2 mesti ngapain klo ada anjing guk guk or natap sinis or iseng jalan samping gue T_T”

  9. wah, gitu ya mbak, ntar dech tipsnya sy praktekkkan… sy itu takut bener sama doggy jenis apapun mbak. soalnya trauma dl dikejar anjing ttangga sampai ketempt tidur. sejak saat itu rasanya pen pipis klu liat doggy… semanis apapun doggynya… hikz….
    btw, salam kenal mbak

  10. sukaaaaaaaaa… i love dog, tapi gak ada yang dukung kalo miara sendiri. alhasil nguber2 kalo ada dog show.. i think Rottweiler itu muka nya paling dongo.. hihihihihi… pengen kenalan sama dex en sheldon.. boleh mampir kah..? *wink wink* (belom kenalan sama emaknya trus ngelunjak) *sungkem*

  11. Huaduh untung baca postingan ini. Masa gua diajarin ama oom gua kalau ada anjing galak, jongkok dan tatap matanya terus kalau dia masih berani maju ditonjok hidungnya. Yang bener cuma terakhirannya yaa… Belom pernah gua praktekin lantaran gua suka kok ama anjing, lagian the truth juga kalau ketemu anjing galak mana beraniii pake acara jongkok segala huahaha.. pikiran wkt itu sih cuma kalau jongkok kan susah buat lariii.

  12. kenapa banyak yang bilang malah harus jongkok ya mbak.. tapi kalau aku seh gak mau jongkok, mikirnya malah susah kalau harus lari tibatiba :))

  13. Gw banget. Takut kalo digonggong anjing. Pernah ya waktu kecil anjing gonggong, gw teriak ong sekenceng-kencengnya ” TOLOOOOONG !” sampe empunya anjing keluar terus ngasih tau ” jalan aja, Dek…gak apa-apa “,
    tapi gw nangis bilang ” saya takut “…
    Ternyata empunya anjing bilang ” gak apa-apa kok. kan pagernya dikunci “.
    Eyamapuun si anjing gonggong di dalem pager rumah ye.

    Sekarang gw inget…ternyata dari kecil emang udah punya bakat lebe. :p

  14. gua takut banget sama anjing el… dan seneng baca post u yang ini.
    kalo anjing gongong2in kita malah sambil berdiri2 tapi buntutnya goyang2. itu pertanda dia galak atau lagi ngajak main?

  15. Hai mbak… salam kenal… hehe pas baca JANGAN TATAP MATANYA, baru sadar kenapa kemarin bisa dikejar2 anjing…. sukses kocar kacir tanpa arah :p

Comments are closed.

%d bloggers like this: