#11: Anjing Menggonggong, Orang Kece Tetap Berlalu

Hayooooh, siapa yang takut anjing dan suka bela-belain jalan muter demi nggak papasan sama anjing?

Wajar sih kalo takut sama anjing, apalagi anjing gede kayak shepherd, mastiff atau pitbull. Mereka diem aja juga kadang udah bikin orang mengkeret pas liat, gimana kalo mereka udah mulai gonggong, hahahahhaha.

Setiap anjing, nggak peduli jenisnya, punya kecenderungan untuk jadi galak/agresif. Contohnya Chihuahua tetangga gue tuh. Gedenya cuma sekepalan tangan, tapi berani nguber Dexter & Sheldon sampe mereka berdua lari terbirit-birit minta pulang.

Biasanya anjing jadi agresif karena kita masuk wilayah teritorinya. Satu hal yang perlu diinget kalo ketemu anjing yang nggak dikenal dan elo nggak bisa ngebaca bahasa tubuhnya adalah JANGAN TATAP MATANYA. Buat sebagian besar anjing, natap matanya bisa berarti nantangin. Sama deh tuh kayak anak-anak sekolahan yang demen tawuran cuma karena liat-liatan doang.

Dog-Behavior-Body-Language

Image from here

Jangan panik kalo digonggongin anjing, karena mereka bisa ngerasain kepanikan orang. Dan itu adalah tujuan mereka. Bikin musuhnya panik, baru serang. Selama kita tenang dan gak panik, mereka biasanya jadi males nyerang. Ilfil aja gitu dicuekin musuhnya, hahahahahhaa. Jangan pecicilan lari sana-sini, ngumpet-ngumpet dibelakang orang, apalagi kibas-kibas tangan. Anjing bisa ngartiin gerakan lo sebagai serangan.

Kalo jarak antara elo dan si anjing udah terlalu deket, jangan berdiri hadap-hadapan. Usahakan si anjing ada di salah satu sisi badan lo dan tetap tenang. Stand still. Kalo kita diem kayak patung, anjing biasanya cuma ngedeketin buat ngendus-ngendus doang. Setelah yakin kita bukan ancaman, mereka biasanya pergi. Nah, kalo udah liat mereka pergi, jalan tenang kearah berlawanan tanpa gerakan heboh.

Jangan JONGKOK! Sama aja ngajak ribut itu mah. Dengan memposisikan diri kita sejajar sama anjing, mereka bakal lebih gampang nyerang bagian-bagian vital dibadan kita.

Talking-Dog-poster

Image from here

Kalau seandainya mereka nyerang, gaplok aja idungnya. That’s one of dog’s most sensitive body part. Jangan getok kepalanya, ntar tambah ngamuk. Bisa juga langsung bentak dengan suara tegas *bukan jejeritan ‘Awwww….Awwww….Mamaaaaah’ gitu ya*. Bentakan keras bisa bikin anjing kaget dan lupa mereka mau ngapain.

Dan kalau mereka udah ngegigit, jangan ditarik karena bisa bikin sobek. Diemin aja trus bentak & gampar idungnya. Gue udah berkali-kali digigit anjing dan somehow trik ini selalu berhasil bikin anjing lepasin gigitannya.

photo

Sukses digigit anjing di Shelter, 😆

Tips-tips lain untuk ngatasin serangan anjing disini. Inget ya, anjing menggonggong, orang kece tetap berlalu.

Tags: , ,

29 comments

    • erlia erlia
  1. yuni
    • erlia erlia
  2. Karen
  3. ryana

Trackback e pingback

No trackback or pingback available for this article

Leave a comment :)

%d bloggers like this: