[Eurotrip] What To Prepare

Schengen Visa

Setelah gue dapet approval dari Andy, gue mulai heboh mikirin mau kemana aja. Mulai dari browsing, pinjem buku di perpus, sampe tanya-tanya di grup wa. Udah nggak tau berapa kali gue ngalamin labil itinerary dan harus rombak semua rencana.

Seminggu setelah nerima email dari Mr. T, gue iseng cek websitenya Kedubes Perancis di Singapore. Ternyata untuk bikin visa, kita harus bikin appointment dulu dari websitenya itu. Pas gue buka, JREEEENG, slot yang tersedia untuk appointment cuma seminggu terakhir bulan Juli dan awal Agustus doang! Langsung blingsatan dong gue. Gimana nggak, di website-nya itu ditulis untuk kewarganegaraan tertentu, termasuk Indonesia, processing time-nya antara 2-3 minggu. Ngoooook!!! Langsung gue booking tanggal 29 Juli buat masukin aplikasinya.

Daftar dokumen yang diperluin untuk aplikasi visa bisa diliat disini : http://www.ambafrance-sg.org/Visa-Schengen. Udah mana ini pertama kalinya gue berurusan sama aplikasi visa. PUYENG. Kenyang deh tuh Rani gue recokin hampir tiap hari di wa, huahahahhahaha *sungkem sama bu lurah*. SN aja sampe geleng-geleng kepala ngeliat kerempongan gue, hihihihihihi.

Harusnya sih nggak ada yang perlu gue takutin ya, secara sponsor ada, undangan ada, rekening tabungan pun aman. Tapi tetep ajeeeee. Namanya juga baru pertama kali kakaaaak. Udah gitu gue baca-baca, kedubes Perancis itu katanya paling ribet kalo untuk urusan visa. Tapi gue nggak bisa apply di kedubes lain, secara ntar tinggal paling lamanya itu bakalan di Perancis. So I just kept my fingers crossing. Diluar kerempongan gue yang lebay banget itu, sebenernya nggak ada masalah apa-apa dalam aplikasi visa gue. Yang tadinya harus nunggu 2-3 minggu, ternyata dipercepat jadi cuma 5 hari kerja (per 12 Juli 2013). Tanggal 29 gue masukin aplikasi, tanggal 5 disuruh balik buat ambil passport. Beres! Jadi nggak usah kancheong kayak gue ya. Yang penting lengkapin semua persyaratannya aja.

Tips:

1. Siapin dokumen sesuai yang ada di list dan susun berdasarkan urutan di list tersebut. Pisahin yang original & fotokopi
  2. Biarpun kita ngajuin visa untuk business trip, kita tetep harus submit bank statement kita. Dan kalo nggak punya rekening sendiri, boleh pake rekening bersama kok. Yang penting ada nama lo di bank statementnya.
  3. Lampirin general itinerary
  4. Gue juga bikin lampiran daftar hotel tempat gue nginep, lengkap dengan alamat, nomor telpon & kapan gue tinggal disitu
  5. Pastiin kita masukin aplikasi di embassy yang bener. Cari negara yang bakal kita kunjungin paling lama. Setengah hari pun masuk itungan loh! Ada temen gue yang ditolak France Embassy karena ternyata dia tinggal di Itali lebih lama setengah hari daripada di Perancis. Mabok gak sih lu?
  6. Nggak usah dijekrek, cukup pake paper clip aja *nasehat dari manusia sok rapih yang kerajinan jekrekin semua dokumen dan berakhir dengan ngeliatin petugas kedutaan ngelepasin satu-satu hasil jekrekan gue :lol:*
  7. Semua tiket perjalanan & hotel harus ada. HARUS!!!
  8. Jangan kancheong dateng kecepetan, ntar diusir *melipir sedih ke warung kopi sebelah*
  9. Jangan telat juga, soalnya bakal ditolak masuk & musti bikin appointment lagi.

Itinerary

Gue paling suka kalo udah disuruh bikin itinerary & budget jalan-jalan. Tapi kali ini, rasanya pengen jeduk-jedukin kepala ke tembok pas bikin. Udah khatam kali gue bacain postingan Eurotrip-nya Teppy & May, plus gangguin Rani berhari-hari, hihhihihi.

Karena Eurotrip ini nebeng urusan business trip kantor, cencunyaaaaah gue nggak bisa seenak jidat milih-milih mo pulang dari mana. Pokoknya kantor cuma beliin tiket SG – Paris – SG dan Paris – Bordeaux – Paris. Tanggalnya udah fix. Sisanya silahkan pikirin sendiri sampe bulu ketek rontok! Udah bagus Andy nggak itungan soal cuti gue, hihihihihi.

Sungguh bikin G.I.L.A.

Gimana nggak bikin gila, kalo mo kemana aja gue masih bingung, hahahahahah. Dan gue cuma punya kurang dari 3 minggu untuk nyiapin rencana perjalanan gue. Karena gue bakal ngabisin 1 minggu di Perancis, maka gue cuma punya waktu seminggu buat berkunjung ke negara lain. Ya kalo mau dipadat-padatin sih bisa aja sehari di A, sehari di B, sehari di C. Tapi rontok dong badan gue *tempel koyo*. Trus SN bilang, “Ini kan pertama kalinya elo ke Eropa, ngapain sik musti maksain muter kesana-kemari, pilih aja 1-2 negara, santai nikmatin perjalanannya. Nanti kan bisa ke Eropa lagi”. Ih, bijak sekali deh suamikuh ini… *jadi kapan kitah ke Eropah lagi?* *dikepret tagihan kartu kredit*

Jadi, setelah hampir juling ngeliatin jadwal dan rute kereta, gue memutuskan untuk pergi ke kota-kota ini:

Map

1. Paris – France
Karena tiket pesawat gue yang ditanggung kantor itu SG – Paris – SG & Paris – Bordeaux – Paris, jadi ya gue manfaatin aja sekalian buat liat-liat Paris. Honestly, gue nggak terlalu tertarik sama Paris. Bukan karena anti-mainstream, tapi kayaknya gue udah kena brainwash SN yang bilang Paris itu kumuh, nggak teratur, banyak copet, rame, dsb. Dengernya aja udah males, hahahahahha. Gue mutusin untuk tinggal di Paris selama 3 hari sebelum lanjut terbang ke Bordeaux. Tapi akhirnya kepotong sama day trip sehari ke Bruges, hihihihihi.

2. Bruges – Belgium
Tadinya sih gue mau ke Brussels. Tapi tiba-tiba kepincut sama Bruges. Liat-liat di google image kok BAGUS banget. I’m a sucker for small town. Udah lagi bimbang mau ke Brussels apa Bruges, eh nemu postingannya Teppy tentang Bruges. Langsung ROMBAK itinerary lagi, hahahhahaahha. Dari yang gue baca-baca, Bruges bisa ditelusurin selama 4-6 jam. Maka dari itu, gue mutusin untuk day trip aja kesana. So, bye Brussels, hello Bruges 😀

3. Dax & Biarritz – France
Dax ini kota kecil di selatan Perancis. Gue tinggal di Dax selama 4 hari. Sehari buat perjalanan dari Paris ke Dax via Bordeaux plus jalan-jalan ke Biarritz, 2 hari buat company visit dan 1 hari gue pake buat day trip ke Lourdes.

4. Lourdes – France
Dari Dax ke Lourdes ini cuma 1 jam 45 menit perjalanan kereta. Sebagai orang katolik, tentunya gue nggak mau ngelewatin kesempatan ke Lourdes lah. Dibayarin pulak. Kurang apa lagi? Jadi hari terakhir di Dax gue pake buat ziarah ke Lourdes.

5. Cologne – Germany
Gue ngunjungin Cologne karena penasaran sama cerita SN tentang Cologne Dom, katedral gothik *bukan goyang ithik ye!* yang gede banget. Jadi gue nyempetin tinggal semalam di Cologne.

6. Bern – Switzerland
Awalnya gue sama sekali nggak kepikir buat pergi ke Bern. Gue malah mikirnya mau ke Lucerne. Tapi trus gue iseng browsing pake keyword ‘beautiful village in switzerland’, dan gue ketemu satu desa namanya Wengen di kawasan Jungfrau. Yasalaaaaam bagusnyaaaah! Gue langsung mutusin mau kesana aja. Lupakan Lucerne, hahahahahha. Nah, pas nyari tiket kereta ke Wengen, gue liat Bern di peta. Langsung browsing dong, dan taunya KECE!!! Oke, mari berhenti semalem di Bern, hahahahhahaha. Dan gue nggak nyesel! Kotanya bagus banget.

7. Wengen (Jungfrau Region) – Switzerland
Nah, ini dia highlight perjalanan gue. Gue jatuh cinta pada pandangan pertama lah pokoknya. Udah nggak peduli sama nasehat kalo Swiss itu mahal. Pokoknya gue HARUS ke Wengen. And that was the best decision I’ve made on the trip.

Transport

Satu hal yang perlu dipertimbangin untuk pergi ke Eropa pas summer adalah harga-harga yang melonjak. Tiket pesawat mahal & hotel cenderung lebih mahal *banyak yang fully booked pulak*. Tapi karena nebeng business trip kantor ya telen aja lah bulet-bulet *pinjem monyet ngepet-nya rifi*. Karena tiket pesawat nggak ada yang murah meriah, akhirnya gue mutusin untuk naik kereta buat pindah negara. Gue nggak beli Eurail pass karena kalo ditotal-total, harga ketengannya lebih murah daripada pake pass.

• Dari Singapore ke Paris (pp) gue naik Singapore Airlines. Sengaja pilih SQ daripada AirFrance karena SQ pake A380. Iya, NORAK. Biarin.
  • Dari Paris ke Bruges gue naik TGV + local train, sementara baliknya gue naik local train + Thalys.
  • Dari Paris ke Bordeaux (pp) pake AirFrance, trus lanjut ke Dax pake mobil sewaan.
  • Dari Dax ke Lourdes (pp) naik local train
  • Dari Paris ke Cologne naik Thalys
  • Dari Cologne ke Bern via Basel naik Intercity (IC) train + SBB train
  • Dari Bern ke Wengen gue naik SBB train ke Interlaken dulu, trus nyambung Berner Oberland-Bahn ke Lauterbrunnen dan nyambung lagi pake Wengernalpbahn ke Wengen. Dua kereta terakhir ini masuk dalam kategori Mountain Railway.
  • Dari Wengen gue balik lewat Interlaken, Basel dan nyambung TGV ke Paris.

Untuk jalan-jalan di dalam kota gue naek metro, hop on hop off bus, sepeda dan jalan kaki. Semua tiket kereta gue beli di SNCF, DB Bahn dan SBB.

Hotel

Gue sempet bingung masalah akomodasi. Antara mau pake Airbnb, hostel atau hotel. Airbnb sama hostel rata-rata ratenya EUR 40 – 50 per hari atau per bed. Akhirnya dengan pertimbangan ini Eurotrip pertama gue dan sendirian pula, gue ngikutin sarannya SN buat pake hotel aja *kecuali di Bern*. Pokoknya budget gue nggak lebih dari EUR 100/hari.

• Di Paris gue pake hotel France Albion (deket Montmartre) & Palym (seberang Gare de Lyon)
  • Di Dax gue pake hotel yang dibookingin sama kantor, Best Western Hotel – Calico
  • Di Cologne gue pake City Hotel Storch
  • Di Bern gue pake Bern Backpackers Hostel Glocke
  • Dan di Wengen gue pake Hotel Edelweiss.

Overall gue puas dengan semua hotelnya. Rata-rata sih kamarnya kecil banget, kecuali yang di Dax, tapi bersih dan nyaman. Hotel yang pake AC cuma yang di Paris & Dax. Sisanya nggak pake AC.

Cost

Banyak yang bilang biaya perjalanan gue gede banget. Harusnya bisa lebih murah dari itu. Well, I have to admit that this trip cost me a lot. Pertama, gue pergi pas summer, dimana harga-harga lebih mahal. FYI, tiket pesawat pas low season & yang pake transit itu bisa setengahnya SQ. Kedua, gue pake hotel. I’m fine with hostel, but not for this trip…maybe our next *ngarep ajeee*. Ketiga, gue nggak ngirit-ngirit buat makan. Kalo gue laper, gue makan apa yang gue pengen makan. Keempat, semua tiket & hotel gue gue pesen mepet sama waktu berangkat *kurang dari 2 bulan*. Last but not least…ada Switzerland dalam itinerary gue. Dan Swiss itu nggak murah :lol:. Tapi yaaaa, jangan lupa, hampir setengah dari biaya yang gue keluarin itu ditanggung kantor. Jadi kalo diitung-itung lagi mah masih normal kok yang gue keluarin buat Eurotrip ini, hihihihihihihi *kemudian ada suara SN berkumandang ‘tabungan tiriiis oooi’ :lol:*

Ini adalah perkiraan biaya yang gue bikin sebelum gue berangkat (Kurs EUR 1 = SGD 1.7 ; CHF 1 = SGD 1.4 ; SGD 1 = IDR 8,800)

Yang gue merah-merahin itu adalah biaya yang ditanggung kantor. Sementara sisanya gue tanggung sendiri. Gue nggak bakalan ngebahas cara nyisihin dana untuk perjalanan ini, karena ini perjalanan dadakan dan gue cuma bermodalkan kalimat, “Cang, gue mo ke A, B, C, D, E. Biayanya kira-kira segini. Bayarin yak!”, huauahahahahahahha *cium SN*.

Cash/Debit/Credit Card?
Gue nggak bawa cash banyak. Kemaren itu gue dibekelin SN EUR 550.00 & CHF 380. Dan SN juga transfer duit ke rekening gue supaya gue bisa ambil lewat atm disana kalo duitnya abis. Untuk tiket kereta, hotel & beberapa transaksi yang lumayan mahal, gue ngandelin credit card Citibank gue. So far, nggak ada masalah kartu ditolak :D. Oh iya, buat yang tinggal di Singapore, jangan lupa telpon bank untuk aktifin pemakaian luar negeri-nya. Soalnya per October ini, semua kartu kredit Singapore nggak bisa dipake di luar negeri kecuali elo authorised dulu sebelom berangkat.

Jangan lupa simpen koin-koin recehan. Ini berguna banget kalo elo kepengen….PIPIS! Di Paris sih toilet gratis ya. Tapi di Bruges, lo musti bayar 50 sen sekali pipis. Kecuali lo makan di resto & kemudian numpang pipis ya. Di Cologne, tarif toilet antara 50 sen – EUR 1.00. Paling ngehek itu di Basel. Sekali ke toilet itu CHF 2.00. Hih! Gue sampe nahan pipis & akhirnya pipis di toilet kereta karena duit gue tinggal 50 sen, huahahahhahaha.

SIM Card & Data Plan

Gue sempet bingung urusan data plan ini. Karena gue harus tetep mantengin imel kantor & komunikasi lewat telpon selama liburan. Tadinya mau pake easy roam Starhub *provider yang gue pake di SG*, tapi lumayan bok charge-nya S$20/100mb/day. Kalo 2 minggu kan berarti S$280!! Mana nggak dicover kantor pulak, hahahahahha. Sempet disaranin buat beli mobile wifi sama temen gue. Tapi artinya gue musti beli lagi dong alatnya *medit*.

2 minggu sebelom berangkat, SN tetiba ganti hp dan dirumah jadi ada 1 iPhone nganggur. Nah, daripada musti beli mobile wifi, udah aja gue bawa iPhone 2 bijik, hahahahhaha. Akhirnya gue beli kartu dari LeFrenchMobile *cover negara-negara EU* seharga EUR 40.00 dan gue minta dikirim ke hotel gue di Paris. Selama 2 minggu itu gue sempet top up total EUR 50.00, karena ternyata gue boros banget pake data, huahahahhaha. SIM card ini gue pake selama di Perancis, Bruges & Cologne. Mereka nggak cover Swiss karena Swiss nggak masuk EU. Di Swiss akhirnya gue pake data plan-nya starhub karena ternyata ada paket S$10/50mb/day.

Total kalo diitung-itung sih nggak beda jauh sama kalo gue pake easy roam Starhub dari awal, hahahahhahaha. Eh tapi sekali lagi itu karena gue BOROS data ya. Inget-inget aja kalo mo ngepost foto di Instagram/Path/WA. Langsung kesedot banyak deh tuh data. Tapi karena gue ganjen pengen pamer *dihajar rame-rame*, ya tetep aja posting, huahahahahhaha.

Nah, beres urusan dokumen, transport, hotel & duit-duitan, sekarang mari pikirin apa yang perlu dibawa dalam koper dengan berat maksimal 20kgs!! *puyeng lagi*.

Tags: , , , ,

2 comments

Trackback e pingback

No trackback or pingback available for this article