[Eurotrip] #6: Lourdes, Lurds, Lurx, Lurd[eh]?

6 September 2013

Mungkin emang udah Tuhan atur kalo gue emang harus berangkat ke Lourdes. Karena ternyata Dax itu tetanggaan sama Lourdes. Cuma 1.5 jam naik kereta. Tentunya gue nggak bakal ngelewatin kesempatan ini. Dan emang rejeki, tiket kereta pp pun udah dibeliin kantor. Jadi gue tinggal angkut badan aja ke Lourdes.

Malem sebelumnya gue sempet minta tolong receptionist hotel buat bookingin taksi ke stasiun. Lagi-lagi rejeki, si Bapak yang baik hati ini malah nunjukin gue halte bis deket hotel, plus rute bis dan jadwalnya. Tiket bisnya cuma EUR 1.20 ajah. Lumayaaaaan :D.

Dari Dax, gue harus ganti kereta di Pau untuk pergi ke Lourdes. Gue naik kereta jam 8.15 dan jam 9.45 gue udah sampe di Lourdes. Mendung dan sempet gerimis jugak. Dari stasiun, gue cukup ngintilin orang untuk sampe ke gua Maria-nya. Satu hal yang ngeganggu gue saat itu adalah blister di jari kaki gue. Sumpah ya, itu sakitnya minta ampun. Jalan juga nggak bener jadinya. Beberapa kali gue ngerasa kaki gue hampir kram karena posisi jalan yang nggak bener. Gue juga sampe beli krim buat nyegah kram. Apa jadinya cobak kalo gue kram ditengah jalan…

1187113_10151717803974495_1157607001_n 1011541_10151717805219495_568009203_n 1185497_10151717804054495_533993765_n 1186227_10151717804019495_807951640_n 1234979_10151717804184495_1311782340_n

Begitu sampe di depan La basilique Notre-Dame-du-Rosaire yang cantik banget itu, gue cuma bisa nggumam ‘Makasih Tuhan udah kasih kesempatan kesini. Makasih yaaa…’ Karena pas gue nyampe itu lagi ada Misa di dalemnya, gue cuma foto-foto diluar trus naek ke atas gereja dan lanjut ke gua Maria. Tadinya sih mau nekat masuk. Tapi pas gue tanya, ternyata udah mo pembagian komuni, ya nggak jadi deh.

600622_10151717804304495_1570076605_n 529451_10151717804409495_799504808_n 7642_10151717804714495_743479412_n 1236757_10151717805059495_970367774_n 1240017_10151717804459495_165829960_n 1238961_10151717805114495_744320480_n 1238271_10151717804344495_1929664103_n

Di gua Maria gue cuma duduk berdoa dan pasang lilin. Agustus 8 tahun yang lalu SN yang berdoa di depan gua Maria untuk kelancaran pernikahan kita. Kali ini, gue yang berdoa disana mengucap syukur atas pernikahan kita. Mudah-mudahan nanti bisa berdua-duaan dateng dan berdoa disitu deh yaaaa :D. AMIN.

Gue nggak jalan jauh-jauh pas disana karena blister gue itu. Jadi selama 6 jam gue ngutek-utek aja di Basilique – Grotte dan sekitarnya sampe bosen, hahahahahahha. Mulai dari berdoa, pasang lilin, beli souvenir, ambil air, makan, foto-foto, sampe akhirnya ngglosor karena capek. Mau ikut misa bahasa Inggris juga nggak keuber jam-nya.

Jam 7.30 malem gue udah nyampe lagi di Dax. Sialnya, jam segitu ternyata udah nggak ada bis lagi disana. Cek google map, ternyata cuma 20 menit jalan kaki. Jadilah gue jalan kaki ngikutin arah dari google map. Ngelewatin rumah-rumah penduduk, gereja, bangunan-bangunan tua….sampe tiba-tiba gue ngeliat pagar cantik banget. Penuh ukiran gitu. Trus gue liat ke dalem, banyak bunga warna-warni. Kirain mah kebun apa gitu ya…taunya KUBURAN! Langsung ngibrit buru-buru. Males aje ketemu setan Perancis :lol:.

Satu hal lagi, gue nggak nemu RESTORAN!!! Udah mana laper banget. Akhirnya makan di hotel dengan menu yang gak-jelas-apaan-pokoknya-pesen-aja-lah. Dan berakhir dengan sepiring daging mentah diiris tipis *yang ternyata enak, hihihihihi*, dan main course fried fish with butter & herbs. Tapi udahannya sih tetep aja gue ngeloyor ke vending machine dan beli 2 bungkus kinder delice buat dicemilin, hihihihihihihi.

Selesai makan, langsung beres-beres koper sebelom tidur karena besok jemputan gue dateng jam 8 pagi buat ke Bordeaux dan terbang balik ke Paris.

P.S. Gue baru tau kalo ternyata Lourdes itu bacanya: Lurd[eh]. [eh]nya itu dibunyiin kayak sisaan doang. Waktu di Indonesia kan gue taunya bacanya ya LOURDES! *salahkan lagu ‘Di Lourdes Di Gua’*, trus pas di SG, orang-orang nyebutnya Lurds/Lurx. Pas gue nyebut ‘Lurds’ ke Mr. T dia sempet bengong sebentar sebelom nyebut Lourdes dengan pronounciation yang bener, hahahahahahah. Trus ya, lonceng di Basilique itu nadanya ternyata sama persis sama reff-nya lagu ‘Di Lourdes Di Gua’. Enak banget didengernya.

Tags: , , , , , , , , , , ,

Leave a comment :)

%d bloggers like this: