Ketika Posisi Menentukan Prestasi

Hayoh, siapa yang familiar sama istilah diatas? Anak #90an mah pasti tau istilah ini, hihihihih.

Barusan gue baca-baca timeline dan baru ngeh kalo di Indo lagi pada UN. Tentunya banyak kakak-kakak yang menasehati adek-adek yang lagi pada UN supaya nggak nyontek demi lulus UN. Gue cukup diem aja bacain twit orang-orang soalnya malu kalo ikut-ikutan nasehatin. Lah jaman SMP-SMA aja gue kerjaannya nyontek melulu, huahahahahahahaha.

Paling enak itu emang kalo duduknya sejajar sama meja guru atau pojok belakang karena lebih gampang nyonteknya. Lumayan sial kalo duduk paling depan & tengah. Dan paling sial kalo duduk sama anak alim yang berani teriak, “Buuuuu, si Ujank nyontek buuuu!” *jejelin sampah serutan pensil*.

Pas sekolah, gue lumayan sering nyontek demi dapet nilai bagus. Tapi pas kuliah *di fisip ya, di FE sayah ndak berani nyontek, hahahahah*, gue suka ngasih contekan for the sake of adrenaline rush. Seru aja rasanya kucing-kucingan pas ujian, hahahahahahhaha.Β Biasanya gue nyontek juga nggak sendirian, tapi rame-rame sama temen sebelah kanan-kiri-depan-belakang. Kerja sama & bagi tugas laaaaah. Inget, nyontek juga musti efisien! :LOL:

Sepanjang masa sekolah & kuliah, ada beberapa kejadian nyontek yang selalu bikin gue cekikikan kalo inget. Entah itu karena NIAT atau GOBLOK banget nyonteknya, hahahahahha.

Story 1: Jangan percaya sama muka alim

Waktu gue SMA, gue semeja sama temen gue yang namanya F di deretan paling belakang kelas. Si F ini cewek kemayu, mukanya alim, pinter, rajin juga kalo ada PR. Sekali waktu ada ulangan Ekonomi mendadak. Begitu kertas ulangan dibagiin, gue langsung sigap masukin buku cetak Ekonomi ke laci meja. Tentunya dengan harapan bisa nyontek doooong. Eh, sialnya guru gue nongkrong aja dong di samping gue. Asyeeeeem. Mati gaya lah gue nggak bisa nyontek dari buku. Gue udah berharap bisa nyontek dari kertasnya si F dong. Eh taunya dia duduk dengan posisi ngadep kiri dan agak munggungin gue. PEGIMANA GUE BISA NYONTEK JAWABANNYA. Dan beneran loh dia anteng banget ngerjainnya. Akhirnya gue jawab sekenanya aja karena selama 1 jam si bapak guru nggak pindah-pindah dari sebelah gue T__T. Begitu udah selesai, nyap-nyap lah gue ke si F kenapa dia nggak ngasih contekan ke gue kalo dia tau semua jawabannya. Dengan muka kalem dia ngeluarin lembaran-lembaran kertas dari laci sambil ngomong, “Nggak sempet Jank. Gue sibuk”. Ternyata yaaaaa, dia juga nyontek! Dia munggungin gue supaya si bapak guru nggak ngeliat kalo dia nyontek. Dan lembaran-lembaran yang dia keluarin dari laci adalah lembaran buku ekonomi yang dia sobek perhalaman supaya gampang nyonteknya!!! NGOOOOK!!! Tampang boleh alim, tapi kalo urusan nyontek taunya barbar juga, hahahahhahaha.

Story 2: Manfaatkan alat tulis

Udah pada tau kan ya metode nyontek pake penghapus Staedler yang gede atau rautan? Jadi bungkus penghapusnya dibuka & dalemnya diisi contekan pilihan ganda abcde gitu. Kalau pake rautan ya berarti kertasnya diumpetin ditumpukan sampah rautan. Trus kalo udah diisi, ntar kita kasih kode & temen kita bakalan pura-pura pinjem penghapus ke kita. Kalo mo minta contekan juga gitu. Kasih kode dulu, trus ntar yang dimintain contekan bakal pura-pura minjem penghapus/rautan. Cerdas kan.

Nah pas kelas 3, gue semeja sama anak kelas 1 di deretan paling depan. Lagi enak-enak ngerjain soal ulangan, tiba-tiba gue dicolek sama anak kelas 1 di meja sebelah dan dia bilang, “Kak, nih katanya mo pinjem penghapus”. YAOLOOOOOH adeeeeek! Kagak usah inisiatif gitu kaleeeeee. Abis lah gue diliatin sama pengawas ujian. Ya bayangin aja, gue lagi melototin soal, tiba-tiba ditawarin penghapus. Langsung didatengin sama pengawas dan ngeliatin meja gue. Untung aja penghapusnya bersih. Karena justru gue yang harus ngisi jawaban di penghapus itu. Hadeeeeeh…. *lap keringet* *peperin ke si adek kelas*.

Dan semester cawu berikutnya, si oknum adek kelas yang sama kembali bikin gue jantungan ditengah-tengah ulangan umum dengan tiba-tiba nyodorin rautan gede yang di lacinya penuh sampah PLUS kertas kosong buat jawaban TANPA gue minta T__T. Astagaaaah adeeeek, kamu kok o’on dipelihara sih dek, πŸ˜†

Story 3: Kubawa kau kemanapun ku pergi.

Waktu ujian di kampus, temen-temen gue suka banget dateng duluan trus nulis contekan di meja dan nge’tek’in meja itu buat dia. Suatu hari ada anak angkatan diatas gue yang kebetulan sekelas koar-koar kalo dia udah ‘ngebatik’ di salah satu meja. Sialnya, kelas ujiannya ternyata dipindah! Saking nggak mau kerja 2 kali ya, dia bawa dong itu meja ke kelas ujian yang baru, huahahahahahahahhaha. Asli niat abis.

Tapi diantara sekian banyak cerita nyontek, gue paling kasian sama temen SMA gue yang inisialnya A. Jadi pas EBTA sosiologi, gue dan temen gue ini ngumpetin buku sosiologi di dalem tong sampah kubikel wc cewek. Rencananya pas ujian kita minta ijin pupup sambil cari jawaban soal dibuku. Giliran gue, sukses. Gue berhasil dapetin jawaban soal essay yang gue lupa. Pas giliran dia, lamaaaaaa banget nggak balik-balik. Begitu balik mukanya kusut abis. Begitu selesai ujian, dia cerita. “Tadi ya Jank, pas gue ke wc, ternyata kubikelnya dipake. Dan dia pupup didalem. Terpaksa dong gue tungguin. Lamaaa banget. Begitu dia selesai, gue masuk. Eh, gue lupa sama pertanyaannya”. Huahahahhahahahahaha #pukpuk si A. Pantesan mukanya bete bener, πŸ˜†

Gue bukannya bangga sih kalo gue dulu sering nyontek. Tapi ya lucu aja kalo diinget-inget kejadiannya, hahahahahaha. Selalu jadi bahan ketawaan kalo lagi kumpul-kumpul bareng. Ada yang suka nyontek juga pas sekolah/kuliah?

19 comments

  1. Anonymous
  2. Anonymous
  3. adrienne
    • erlia erlia

Trackback e pingback

No trackback or pingback available for this article

Leave a comment :)

%d bloggers like this: