One Man's Trash is Another Man's Treasure

Ketika Posisi Menentukan Prestasi

Hayoh, siapa yang familiar sama istilah diatas? Anak #90an mah pasti tau istilah ini, hihihihih.

Barusan gue baca-baca timeline dan baru ngeh kalo di Indo lagi pada UN. Tentunya banyak kakak-kakak yang menasehati adek-adek yang lagi pada UN supaya nggak nyontek demi lulus UN. Gue cukup diem aja bacain twit orang-orang soalnya malu kalo ikut-ikutan nasehatin. Lah jaman SMP-SMA aja gue kerjaannya nyontek melulu, huahahahahahahaha.

Paling enak itu emang kalo duduknya sejajar sama meja guru atau pojok belakang karena lebih gampang nyonteknya. Lumayan sial kalo duduk paling depan & tengah. Dan paling sial kalo duduk sama anak alim yang berani teriak, “Buuuuu, si Ujank nyontek buuuu!” *jejelin sampah serutan pensil*.

Pas sekolah, gue lumayan sering nyontek demi dapet nilai bagus. Tapi pas kuliah *di fisip ya, di FE sayah ndak berani nyontek, hahahahah*, gue suka ngasih contekan for the sake of adrenaline rush. Seru aja rasanya kucing-kucingan pas ujian, hahahahahahhaha.Β Biasanya gue nyontek juga nggak sendirian, tapi rame-rame sama temen sebelah kanan-kiri-depan-belakang. Kerja sama & bagi tugas laaaaah. Inget, nyontek juga musti efisien! :LOL:

Sepanjang masa sekolah & kuliah, ada beberapa kejadian nyontek yang selalu bikin gue cekikikan kalo inget. Entah itu karena NIAT atau GOBLOK banget nyonteknya, hahahahahha.

Story 1: Jangan percaya sama muka alim

Waktu gue SMA, gue semeja sama temen gue yang namanya F di deretan paling belakang kelas. Si F ini cewek kemayu, mukanya alim, pinter, rajin juga kalo ada PR. Sekali waktu ada ulangan Ekonomi mendadak. Begitu kertas ulangan dibagiin, gue langsung sigap masukin buku cetak Ekonomi ke laci meja. Tentunya dengan harapan bisa nyontek doooong. Eh, sialnya guru gue nongkrong aja dong di samping gue. Asyeeeeem. Mati gaya lah gue nggak bisa nyontek dari buku. Gue udah berharap bisa nyontek dari kertasnya si F dong. Eh taunya dia duduk dengan posisi ngadep kiri dan agak munggungin gue. PEGIMANA GUE BISA NYONTEK JAWABANNYA. Dan beneran loh dia anteng banget ngerjainnya. Akhirnya gue jawab sekenanya aja karena selama 1 jam si bapak guru nggak pindah-pindah dari sebelah gue T__T. Begitu udah selesai, nyap-nyap lah gue ke si F kenapa dia nggak ngasih contekan ke gue kalo dia tau semua jawabannya. Dengan muka kalem dia ngeluarin lembaran-lembaran kertas dari laci sambil ngomong, “Nggak sempet Jank. Gue sibuk”. Ternyata yaaaaa, dia juga nyontek! Dia munggungin gue supaya si bapak guru nggak ngeliat kalo dia nyontek. Dan lembaran-lembaran yang dia keluarin dari laci adalah lembaran buku ekonomi yang dia sobek perhalaman supaya gampang nyonteknya!!! NGOOOOK!!! Tampang boleh alim, tapi kalo urusan nyontek taunya barbar juga, hahahahhahaha.

Story 2: Manfaatkan alat tulis

Udah pada tau kan ya metode nyontek pake penghapus Staedler yang gede atau rautan? Jadi bungkus penghapusnya dibuka & dalemnya diisi contekan pilihan ganda abcde gitu. Kalau pake rautan ya berarti kertasnya diumpetin ditumpukan sampah rautan. Trus kalo udah diisi, ntar kita kasih kode & temen kita bakalan pura-pura pinjem penghapus ke kita. Kalo mo minta contekan juga gitu. Kasih kode dulu, trus ntar yang dimintain contekan bakal pura-pura minjem penghapus/rautan. Cerdas kan.

Nah pas kelas 3, gue semeja sama anak kelas 1 di deretan paling depan. Lagi enak-enak ngerjain soal ulangan, tiba-tiba gue dicolek sama anak kelas 1 di meja sebelah dan dia bilang, “Kak, nih katanya mo pinjem penghapus”. YAOLOOOOOH adeeeeek! Kagak usah inisiatif gitu kaleeeeee. Abis lah gue diliatin sama pengawas ujian. Ya bayangin aja, gue lagi melototin soal, tiba-tiba ditawarin penghapus. Langsung didatengin sama pengawas dan ngeliatin meja gue. Untung aja penghapusnya bersih. Karena justru gue yang harus ngisi jawaban di penghapus itu. Hadeeeeeh…. *lap keringet* *peperin ke si adek kelas*.

Dan semester cawu berikutnya, si oknum adek kelas yang sama kembali bikin gue jantungan ditengah-tengah ulangan umum dengan tiba-tiba nyodorin rautan gede yang di lacinya penuh sampah PLUS kertas kosong buat jawaban TANPA gue minta T__T. Astagaaaah adeeeek, kamu kok o’on dipelihara sih dek, πŸ˜†

Story 3: Kubawa kau kemanapun ku pergi.

Waktu ujian di kampus, temen-temen gue suka banget dateng duluan trus nulis contekan di meja dan nge’tek’in meja itu buat dia. Suatu hari ada anak angkatan diatas gue yang kebetulan sekelas koar-koar kalo dia udah ‘ngebatik’ di salah satu meja. Sialnya, kelas ujiannya ternyata dipindah! Saking nggak mau kerja 2 kali ya, dia bawa dong itu meja ke kelas ujian yang baru, huahahahahahahahhaha. Asli niat abis.

Tapi diantara sekian banyak cerita nyontek, gue paling kasian sama temen SMA gue yang inisialnya A. Jadi pas EBTA sosiologi, gue dan temen gue ini ngumpetin buku sosiologi di dalem tong sampah kubikel wc cewek. Rencananya pas ujian kita minta ijin pupup sambil cari jawaban soal dibuku. Giliran gue, sukses. Gue berhasil dapetin jawaban soal essay yang gue lupa. Pas giliran dia, lamaaaaaa banget nggak balik-balik. Begitu balik mukanya kusut abis. Begitu selesai ujian, dia cerita. “Tadi ya Jank, pas gue ke wc, ternyata kubikelnya dipake. Dan dia pupup didalem. Terpaksa dong gue tungguin. Lamaaa banget. Begitu dia selesai, gue masuk. Eh, gue lupa sama pertanyaannya”. Huahahahhahahahahaha #pukpuk si A. Pantesan mukanya bete bener, πŸ˜†

Gue bukannya bangga sih kalo gue dulu sering nyontek. Tapi ya lucu aja kalo diinget-inget kejadiannya, hahahahahaha. Selalu jadi bahan ketawaan kalo lagi kumpul-kumpul bareng. Ada yang suka nyontek juga pas sekolah/kuliah?



19 thoughts on “Ketika Posisi Menentukan Prestasi”

  • hoahahah lol.. kreatip2 juga cara menconteknya lol… gw dulu pertama kali contek kelas 3sd terus dilaporin ama ketua kelas gw yang duduknya di depan gw.. alhasil dah ga berani dech.. haha..

  • hahahaha ya ampuun itu temen lo niat banget ya..ampe bawa2 meja yang udah “dibatik” kekelas yang dipindah…*ngakak guling2*

    Kalo gue hampir sama kek si F itu, jadi gue bikin tulisan super kecil2 di kertas kecil, trus gue taro deh di tempat pinsil.
    Nah abis itu liat2 sikon kaan, kalo udah aman, itu kertas gue pindahin di bawah kertas ujian gue. Jadi lebih gampang dah kalo mau nyonteek, wkwkwkwkwkwkwkwk *buka aib*

  • Hahahaha. Gw gak sendirian berarti. Dulu ulangan biologi kelas 2 buku gw taroh laci, padahal gw duduk paling depan dan di tengah. Guru biologi gw mesam-mesem sinis ke gw tapi gw tetep lanjut. Yang paling parah sejarah, ulangan buku ngejeblak buka di atas meja padahal gurunya bolak-balik lewat. Gw sok asik aja ga ngelihat ke buku pas ada gurunya. Lha masa harus ngapalin tanggal kapan perundingan di mana yang kaga tahu siapa aja yang ikut itu. *kemudian di gantung di muka kelas*

  • Wkwkwkwk ngakak gw..

    Btw gw dlu jg suka ngasih contekan ke tmn gw. Dlu pernah bikin contekan sm tmn2 tp gw keringet dingin dong asli ngeri abis jd lah gw suka nembak tuh jwban klo ga tau πŸ˜€

  • Kok lu inget semua trik nyontek zaman dulu sih Er? Gw udah lupa semua loh, kalo ngebatik kayaknya cuma berlaku buat nyatet rumus-rumus yak, kan ga mungkin juga pelajaran sejarah yang panjang lebar dibatik semuah.

  • Gw pernah bikin conteksn di kertas kecil terus gue sumpelin di dalem tutup tip-ex, dan gw baru ngeh pas ujian ternyata waktu tip-ex nya ditutup eh kertasnya mendelesep aja gitu ke dalem tutup tip-ex, gw getok2 tutupnya biar kertasnya keluar ternyata gak bisa, siaaallll..

  • Muahaha.. Yang soal ujian sama adek kelas jadi inget waktu ujian pas smp gw pernah dapet temen sebangku kakak kelas yang manis plus baiiiik banget sama adek kelasnya ini. Ngeliat adek kelasnya udah keringet dingin + tatapan melongo nan clueless ga ngerti jawabannya apa, eh sama doski dikasih tau dooong.. Ahahaha.. Aaah aku padamu kakak.. πŸ˜›

  • HAAAHHH…. gw dan geng gw bangeeettt itu.
    Kalo pas ebta kita malah bagi tugas siapa yg jago di matpel, dia yg ngasih contekan semua nomor dan tulis di WC. Jadi kita tinggal izin ke wc dah.

    Trus gw karna jilbab pake baju panjang dikeluarin *maapin ya ALLAH*, trus kertas contekannya itu gw staples di baju bagian dalam. Jadi pas duduk tinggal balik aja bajunya dan siap mencontek B-)

  • cuma pernah nyontek pas SMA, itu pakai penggaris. Dibelakangnya ditempelin stiker tom and jerry terus diisian jawaban pilihan ganda serta essay. lalu disebar ke seluruh kelas. Kalau ada yang ga tau dikosongin, kalau ada yang ragu ditulis dua jawaban.. hihi.. jadi bisa menyamakan jawaban. ;p

  • hahaha, nostalgia banget… buat gue paling susah ulangan akuntansi. itu bukunya folio gede bangettt… kalo dicabut, gue gak ngerti urutannya dari mana kemana. hahaha

  • hahahhaaa…gila niat banget yang mindahin meja…*ngakak*
    Kalo pengalaman gue nyontek pas SMA,sbenernya tanya jawaban si..jadi sebelom mulai ujian udh persiapan dlu janjian ama temen2 yg pinter dan baek mau ngasi jawaban..berlaku buat pilgan aja tapi,jadi kalo jwbnya A kodenya misalnya garuk2 kepala,B megang2 idung,C megang2 telinga,dan lain lain..tergantung perjanjiannya gimana…ngasal banget kaann..hahaaa…

  • Omaigaaah story nomer tiga…*eh Yeye, Dani, memy udah pada komen kan ya ? Secara mereka pan kepo banget sama angkatan gw LOL*.

    Eniwei, balik lagi ke story nomer 3.

    untuk menghindari kasus mejanya di gonta-ganti (sayang dong hasil batikan semaleman), jadinya gw dikasih trik baru berupa sticker bening polos. ditulis pake pulpen permanent marker snowman gitu. Kalo mo ngebet, tinggal ditempelin di meja.

    Terus, terus nih biar iriiit (gak bolak-balik beli sticker), diapus dong pake thenner (eh bener gak sih nulisnya).

    Aduuh, Athia…ampuni mamaaaak ya…hahaha

  • eh masi pake istilah EBTA ya? kakaknya ini angkatan brp yah? hoahahahaha *dijejelin rautan pensil*. Kalo gue nyontek yg pake kebetan gitu seumur2 belom pernah sereeem men jantungan gue ahahaha jd lebih milih nyolek2 temen apa ssssst sssst sambil pelototin dia suru kasi jawaban ahahaha

  • Pas SMP, gue juga sempet tuh Er bikin contekan buat ulangan sejarah di kertas kecil. Rencananya, itu kertas gue kantongin buat persiapan nyontek. Ealah, ternyata menulis contekan semalam sebelum ujian justru bikin gue hapal isi contekannya. Lumayaan.. Bisa ditiru lho ini adik-adik *kakak teladan :P*

    Trus pas SMA, guru Fisika gue paling demen kasih ulangan based on contoh soal di buku. Nah gue selalu jadi andalan temen-temen deh pas ulangan. Bukan karena pinter ye, tapi karena gue hapal letak halaman yang memuat contoh-contoh soal itu. Jadi, begitu soal dibuka, gue baca trus kasih kode ke temen-temen gue yang udah pada siap bawa buku. Kami pun menyontek masing-masing dengan aman sentosa, hihihihi..

    Pengalaman nyebelin untuk urusan nyontek terjadi pas gue kelas 2 SMA pas pelajaran Matematika. Temen-temen gue hobii bener nyontek gue. Bahkan udah harus ngumpulin, mereka masih nyontek jawaban di kertas gue sambil dipelototin pak guru. Eh sialnya, gue dapet merah bok di rapor, padahal nilai-nilai gue sepanjang semester selalu bagus. Ih ingetnya masih dendaammmm…

    Waktu kuliah mah baibai sama contek-menyontek. Seangkatan gue cuma 30 orang, small class, trus temen-temen gue pada lempeng semua. Aku tak berani kakaakkk..

    • Gilak, kok lo bisa apal halamannya sih? Hahhahahaha. Dulu pas SMA ya, ada guru matematika yang kalo ulangan soalnya pasti sama untuk semua kelas. Jadi tiap kelas sebelah ulangan, kita pasti dapet bocoran soal, hahhahahaha.

Leave a comment :)


%d bloggers like this: