One Man's Trash is Another Man's Treasure

What To Consider Before Adopting…

…a DOG!

Yang namanya anak anjing, pasti bikin gemes orang yang liat. Banyak kasus orang yang kepincut lucunya anak anjing & mutusin untuk adopsi. Not knowing what kind of mess they are about to put their life into. Dan begitu mereka sadar betapa rempongnya ngurus anak anjing, mereka nyerah. Anjingnya dibalikin ke shelter atau lebih tega lagi, dibuang.

Banyak juga orang yang mutusin untuk adopsi anjing berdasarkan breed anjing tersebut. OK, Jack Russel itu lucu, Husky itu keren, Rottie itu gagah dan Maltese itu imut-imut. Tapi apakah kita cari tau gimana karakter dari anjing-anjing itu sebelom mutusin untuk adopsi? Most likely jawabannya adalah ‘Nggak’. Ketidaktahuan orang akan karakter breed yang mereka adopsi seringkali jadi masalah di kemudian hari. Udah seneng-seneng nih ngadopsi Jack Russel lucuk, tau-tau ini anjing demenannya ngunyah furniture. Atau udah ngerasa gaya punya Husky, tau-tau stress tiap hari liat rontokan bulu terbang dipenjuru rumah & denger lolongannya yang kayak Serigala.

Jadi, kalo elo mau adposi anjing, tolong pertimbangin dulu hal-hal ini…

  • Tiap anjing punya karakter yang berbeda, bahkan untuk breed yang sama. Do your research. Cari tau karakter tiap-tiap anjing. Kalo kebetulah lo mau adopsi anjing cross-breed dan dari penampakannya elo nggak tau itu cross-breed jenis apa aja, coba tanya sama pemiliknya. Adopsi anjing yang sesuai sama karakter elo dan keluarga. Kalo elo bukan orang yang aktif & demen outdoor activity, jangan adopsi Jack Russel, Shepherd, Dachshund dan jenis-jenis anjing yang butuh exercise tiap hari untuk ngeluarin energi yang mereka punya.
  • Umur anjing bisa mencapai 10-18 tahun tergantung jenis & kondisi kesehatannya. Kalo nggak yakin bisa berkomitmen selama itu, mendingan pikir-pikir lagi deh kalo mo adopsi anjing. Anjing yang tiba-tiba dipisah dari pemiliknya bisa ngalamin stres dan trauma. Mau tau rasanya? Bayangin aja kalo elo tiba-tiba diputusin sama pacar secara sepihak & ninggalin elo begitu aja tanpa tau apa alasan atau salah elo. #sungguh_yang_ini_bukan_pengalaman_pribadi
  • Kalo bayi ada tahap teething, anak anjing juga punya masa itu. Normalnya gigi anak anjing bakal ganti jadi gigi tetap pas mereka umur sekitar 6 bulanan. Sampe mereka selesai tahap ganti gigi, mereka bakal ngunyah apapun yang mereka rasa enak buat dikunyah. Dan ini termasuk furniture, kaki kursi/meja, sendal, sepatu, keset, sikat kamar mandi, dan apapun yang tergeletak tak bertuan. Pada saat adopsi anak anjing, be prepared to buy some toys for them. Dan ajarin supaya gigit mainan yang disediain aja. It is your responsibility to teach your dog not to bite anything that doesn’t belong to him.
  • Hewan peliharaan = tambahan biaya yang harus dikeluarin. Siap nggak? Piara anjing itu nggak cuma sekedar kasih makan minum doang. Some breed may need grooming. And it’s not cheap. We are responsible for their health, physically & mentally.
  • Anjing adalah binatang sosial. Mereka butuh interaksi dengan anjing lain & manusia. Kalo elo mikirnya ntar anjingnya taro di kandang aja, trus didiemin doang yang penting dikasih makan minum, mendingan pikir-pikir lagi niat lo untuk adopsi. Dengan ngurung/ngerantai anjing 24/7, elo cuma bikin anjing lo jadi menderita. Bayangin lo dikurung di ruangan ukuran 3×3 tanpa hiburan apa-apa dan tanpa temen. FRUSTRASI? Your dog feels the same way too.

Are you ready to adopt a wagging tail now? 🙂

…Cause adoption saves lives



4 thoughts on “What To Consider Before Adopting…”

  • Agree. Semalem baru bahas ini sama temen yg mau adopt dan menurut gue cuma 1 yg dibutuhin sebelum adopsi atau beli: komitmen.

    Kalo emang udah komitmen untuk miara, pasti akan rela nerima segala konsekuensi termasuk *uhuk* amal jariah pas bawa bocahnya ke dokter hewan. hihihihihihi *kabuuuurrrrr*

    😆

  • mutusin adopt anjing kayak milih pasangan ya..
    butuh komitmen besar, karena sama2 akan jadi teman hidup kan.
    kalau salah milih yang ada ntar malah saling menyakiti. #apadeh

  • gw juga adopt dr sodara jauh. Pertama anjingnya penakut, kl di deketin maunya ngegigit.. tiap hr gak mau makan, cuma tidur dipojokan.. Eh setelah seminggu akhirnya dia mau gw pegang.. dan sekarang she turns out to be a very very happy dog. Pinter pula kalo makan dogfood maunya makan bareng sama kita, gak pake minta makanan orang =)

Leave a comment :)


%d bloggers like this: