[Resep] Ayam Garang Asem

Pertama kali nyobain masakan ini tahun 2006 waktu gue diajak mudik ke Solo sama SN. Pas mau pulang ke Jakarta naek mobilnya sepupunya SN, Ibunya *Budenya SN* masakin Ayam Garang Asem ini buat bekal kita pulang ke Jakarta. Pas ngeliat sempet agak ragu mau nyobain. Abis gue mikirnya santan-santan gitu pasti rasanya mirip opor deh. Gurih manis gitu. Ternyata BEDA!!!

Ayam Garang Asem ini rasanya seger banget. Sayang aja waktu itu ayamnya dibungkusin daun pisang buat seporsi-seporsi jadi kuahnya dikit. Well, sebenernya emang begitu sih cara masaknya. Tapi gue suka kuahnyaaaaa. Jadi kalo cuma cemek-cemek gitu rasanya gak puas, hahahahahahahahah.

Pas kemaren Ibu Solo kemari, gue iseng minta dimasakin Ayam Garang Asem. Wuah, gilak rasanya seger banget. 2 hari berturut-turut gue makan Garang Asem terus. Gak mau pake lauk yang lainnya, hahahahahahah. Pas gue tanya resepnya, taunya gampang banget.

Mumpung gue lagi rajin masak karena lagi DIET, jadilah semalem gue masak Ayam Garang Asem versi Ibu Solo yang nggak pake bungkus daun pisang. Praktis dan tetep endeeeeus sodara-sodaraaaaaa…. *ini katanya diet tapi makannya kok santen gini? hihihihihihi*. Gue sengaja masak kemaren malem untuk dimakan siang ini supaya bumbunya nyerap ke ayam dan kuahnya tambah ‘medok’ *apa ya istilahnya bahasa indonesianya? hahahahahah*.

 

Itu dia penampakan si Ayam Garang Asem ala Ibu Solo

Bahan:
1/2 Ayam, potong kecil
10 Ampela Ayam yang udah dibersihin

Bumbu:
10 Bawang Merah
4 Bawang Butih
10 Iris Lengkuas (tipis-tipis)
6 Belimbing Sayur
2 Tomat Hijau
5 Cabe Hijau, buang bijinya
5 Cabe Merah, buang bijinya
5 Cabe Rawit Merah, biarkan utuh
Garam
1 Bungkus Kaldu Ayam Bubuk
1.5 liter Air
200 ml Santan Kara

Petunjuk:
Lumuri ayam & ampela dengan air jeruk nipis/cuka, diamkan 5-10 menit lalu cuci bersih
Kukus ayam & ampela sampai matang
Iris kasar semua bumbu *kecuali cabe rawit*
Rebus air & santan, masukan ayam & ampela yang sudah dikukus & semua bumbu
Tambahkan kaldu & garam secukupnya
Masak sampai matang sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah

Gampang banget kan?

Sebenernya sih bisa aja ayamnya langsung direbus dan dipake kaldunya. Tapi gue eneg kalo pake kaldu ayam negeri. AMIS. Makanya gue kukus buat ngilangin lemak ayamnya, dan pake kaldu bubuk aja.

Gue juga lebih suka makan makanan ini beberapa jam setelah dimasak atau bahkan besok harinya supaya lebih meresap, hahahahahahahah. Lumayan tahan lama loh, biarpun ada santannya. Rajin-rajin dipanasin aja.

Selamat masaaaaak πŸ˜€

Tags: , , , , , , , , ,

13 comments

  1. dev
  2. Anonymous

Trackback e pingback

No trackback or pingback available for this article

Leave a comment :)

%d bloggers like this: