One Man's Trash is Another Man's Treasure

Balada Tempe

Ok. Gue boleh jago bikin pancake & sakseees bikin ayam kodok serta perkedel. Tapi kenapa tempe goreng bikinan gue nggak pernah cihuy rasanya. Gue sampe nyalahin tempe sini yang nggak enak karena anyep banget rasanya. Padahal gue udah bumbuin ini itu sebelom digoreng. Gue pakein ketumbar, bawang putih ulek, garam, sampe kaldu ayam bubuk. TETEP doooonk, hambar! Cih!!! Makanya gue suka ogah goreng tempe. Abis rasanya gak enak.

Dan gue tetep pada kesimpulan gue kalo tempe sini itu nggak enak sampe pas keluarga Yogya Solo dateng bulan lalu. Hampir tiap hari ada tempe tahu goreng di meja makan dan rasanya ENAK! Bahkan si Ibu sendiri bilang tempe sini lebih enak daripada tempe yang di Solo. Gue sampe nanya Ibu beli tempenya dimana. Lah taunya dia beli di pasar juga. Kenapa rasanya bisa enak? Kenapa bikinan gue anyep?

Akhirnya gue tanya bumbunya ke Ibu. Eh, katanya cuma bawang putih ulek 2 bijik sama garam doang. BERCANDAAAAA… Gue udah pake bawang putih segambreng plus garam, ketumbar & kaldu bubuk aja masih anyep. Kok Ibu pake bawag putih sama garam doang bisa enak.

Demi memuaskan rasa penasaran, gue tongkrongin dong pas Ibu sama Mbak Ika lagi goreng tempe. Beneran loh, bumbunya cuma bawang putih sama garam doang. Abis itu ulekannya dikasih air sedikit, trus dituang ke tempe dan diremet-remet. Gue melongo…

Ibu: Dah nih, cuma gini aja kok bumbuinnya
GW: Hah? kok airnya dikit amat. Kan tempenya jadi nggak kerendem. Gimana mo nyerep tuh bu?
Ibu: Loh, ya justru jangan banyak-banyak airnya supaya tempenya berasa asin gurih gitu loh.
GW: Errrr…
Ibu: Emang kamu kalo bikin gimana toh Mbak Erlia?
GW: Errrr…tempenya aku taro baskom, kasih bumbu, trus aku rendem pake air sampe sebaskom penuh…

Dan tamatlah riwayat gue didapur…. Gue diketawain sama Ibu & Mbak Ika, huahahahaha. Pantesan aja yak tempe goreng bikinan gue anyep. Mungkin gue harus ngerendem itu tempe 7 hari 7 malem biar meresap semua air bumbunya, huahahahahaha.

Tadi pagi, gue coba bikin tempe goreng lagi. Pake bawang putih, garam sama air sedikit. Trus gue aduk-aduk sambil di remet-remet. Ternyata jadinya endeeeeeus!!! hahahahahaha. Berarti emang kongfem *singlish for confirm .red*, kemaren-kemaren gue aja yang dodol ngebumbuinnya, hihihihihihihi.

Kayaknya mulai besok bakal sering ada menu tempe goreng nih dirumah. Aku sukaaaa…..



18 thoughts on “Balada Tempe”

  • HAHH?? jadi aernya harus dikit doang ya?
    aku sealiran ma kamu nih, kalo ngrendem slalu penuh gitu mangkoknya.
    Pantesan direndem semaleman juga tetep aja rasanya hambar
    HUAHAHAHAHAHA kacaaaau!

  • huahahahah…mangaaabbb numpang ketawa, pagi-pagi blogwalking nyasar di postingan yang ini πŸ˜€ itu mau goreng tempe apa bikin sayur tempe πŸ˜€
    tapi anyway, selamat yaaa sekarang tempenya udah endeuss beneran :p

  • Wahahaha… ternyata oh ternyataaa…
    tapi sekarang dah jago kan goreng tempe..

    kalau di sini emang tempenya ga terlalu bagus mbak.. tapi untung kemarin beli ke penjual yang beda, tempenya lumayan lah.. mirip2 yang di jawa..
    kemarin juga bikin tempe goreng.. enyaaaak.. hahaha

    • beneran malu-maluin deh pas tau, hahahahahahah.
      gue sih sejujurnya ga tau mana tempe enak mana yang nggak enak. asal asin gurih, buat gue mah enak-enak aja πŸ˜€

  • Kirain ada mejik-mejiknya gitu Er.
    Ternyata kebanyakan air ya. *maapkan gw juga ngakak*.

    Kalo gw malah suka kebanyakan garem. Trus bawang putih rendemannya suka digoreng bareng gitu. Enak kriuk-kriuk. πŸ˜›

    • mejikuhibiniuuuuu!!! hahahahaahahah.
      eh, tapi gue suka loh kalo asin-asin gitu. kan kalo pake nasi jadi pas asinnya πŸ˜€

  • Gue terpaksa ketawa baca bagian “air rendeman sebaskom” πŸ˜€ Gila looo… Lo mo bikin susu kedele ato apaan sih??

    Congrats ya, sekarang tempenya udah ada rasanya πŸ™‚

  • hahahaha… erliaaaa.. hancur reputasimuuuhh..

    btw kalo gue bikin tempe goreng cuman ngulek ketumbar, bawang putih, sama garem di cobek. terus aerin dikit aja asal larut bumbunya. abis itu tempe yg ud disayat2 dicelupin/direndem ke bumbu dalem cobek, baru goreng. enak deh tempenyah πŸ™‚

  • Eh iya.. emang klo buat tempe itu dikit banget kan mbak airnya.. aku biasanya kasih airnya di dalam ulekan aja.. terus tempenya di remes dalam ulakan juga.. berasa lebih enak drpada diremes dalam piring seh.. mungkin karena ada batunya.. hahahahaha.. *btw klo aku bumbunya ditambahin ketumbar πŸ˜€

Leave a comment :)


%d bloggers like this: