[Resep] Sosis Solo

Another dadar-dadaran & gulung-gulungan. Gue lagi demen bikin makanan berbasis crepe gara-gara sukses bikin risol, ahahahahahah. Masih kena euforia kayaknya :D.

Dulu, gue sama sekali nggak mau nyobain yang namanya sosis solo. Karena gue pikir, sesuai namanya, isinya pasti sosis. Dan gue gak doyan sosis *–>kesian bener*. Baru pas iseng merhatiin temen makan, gue ngeh kalo ternyata isinya tuh daging cincang!!! Langsung gue beli & nyobain. Endeuuuuus!!! Sayangnya jarang yah yang jual sosis solo di Jakarta. Banyakan jualnya risol doang.

Waktu bokap gue dirawat di Carolus taon lalu, gue nemu sosis solo di kios deket gedung Elizabeth. Ih gilaaak, enak banget rasanya. Bisa sekali makan 5 bijik loh gue, hahaahah *saru antara doyan sama maruk, hihihihi*.

Akhirnya setelah sukses bikin risol, gue jadi penasaran nyobain bikin sosis solo. Ternyata, lebih gampang daripada bikin risol!! Aku senaaaaaaaaang…. rasanya nggak rela bagi-bagi gituh. Pengen gue kekepin aja sendirian, hihihihihihi.

Ini resepnya yang gue ambil dari sini dan sini. Sengaja gue pilih yang tanpa santan supaya nggak ngerasa dosa-dosa amat makan segabruk, hahaahahahahhaaha.

Bahan Kulit:
4 butir Telur
2 cup tepung terigu (250 gr)
1 sdm maizena
1 sdm kaldu bubuk
600 ml air
3 sdm minyak goreng

Petunjuk:

  • Campur telur, terigu, maizena dan kaldu. Aduk rata sambil dituang air sedikit-sedikit sampai halus & encer. Terakhir, masukan minyak.
  • Kalo ada brinjil-brinjil, disaring aja biar alus 😀
  • Buat dadar tipis-tipis, sisihkan

Bahan Isi:
300gr Daging cincang (boleh diganti ayam juga)
5 Bawang Merah
1/2 Bawang Bombay, potong kecil-kecil
1 buah Bawang putih, cincang
Kecap manis, garam, lada secukupnya

Petunjuk:

  • Tumis bawang putih hingga wangi.
  • Masukan bawang merah & bawang bombay. Tumis sampai layu
  • Masukkan Daging cincang, aduk hingga daging matang
  • Tambahkan semua bumbu & kecap manis.
  • Cicipin dulu ya…Kalo gue nggak terlalu suka manis jadi kecapnya nggak banyak-banyak.
  • Masak hingga air daging kering. Angkat.

Penyelesaian:

  • Siapkan 2-3 butir telur kocok dalam wadah datar.
  • Ambil selembar kulit, isi dengan 1 sdm daging. Bungkus bentuk silinder *kalo risol kan gepeng, ini bulet*
  • Celupkan di telor kocok, goreng dengan minyak banyak, api sedang.
  • Lakukan sampai semua habis.
  • Selesaaaaaaaaai…..mari makaaaaan

Tags: , , , , , , ,

13 comments

  1. ying
    • erlia e.r.l.i.a
    • erlia e.r.l.i.a
  2. leny

Trackback e pingback

No trackback or pingback available for this article

Leave a comment :)

%d bloggers like this: