[Resep] Sosis Solo

[Resep] Sosis Solo

Another dadar-dadaran & gulung-gulungan. Gue lagi demen bikin makanan berbasis crepe gara-gara sukses bikin risol, ahahahahahah. Masih kena euforia kayaknya :D.

Dulu, gue sama sekali nggak mau nyobain yang namanya sosis solo. Karena gue pikir, sesuai namanya, isinya pasti sosis. Dan gue gak doyan sosis *–>kesian bener*. Baru pas iseng merhatiin temen makan, gue ngeh kalo ternyata isinya tuh daging cincang!!! Langsung gue beli & nyobain. Endeuuuuus!!! Sayangnya jarang yah yang jual sosis solo di Jakarta. Banyakan jualnya risol doang.

Waktu bokap gue dirawat di Carolus taon lalu, gue nemu sosis solo di kios deket gedung Elizabeth. Ih gilaaak, enak banget rasanya. Bisa sekali makan 5 bijik loh gue, hahaahah *saru antara doyan sama maruk, hihihihi*.

Akhirnya setelah sukses bikin risol, gue jadi penasaran nyobain bikin sosis solo. Ternyata, lebih gampang daripada bikin risol!! Aku senaaaaaaaaang…. rasanya nggak rela bagi-bagi gituh. Pengen gue kekepin aja sendirian, hihihihihihi.

Ini resepnya yang gue ambil dari sini dan sini. Sengaja gue pilih yang tanpa santan supaya nggak ngerasa dosa-dosa amat makan segabruk, hahaahahahahhaaha.

Bahan Kulit:
4 butir Telur
2 cup tepung terigu (250 gr)
1 sdm maizena
1 sdm kaldu bubuk
600 ml air
3 sdm minyak goreng

Petunjuk:

  • Campur telur, terigu, maizena dan kaldu. Aduk rata sambil dituang air sedikit-sedikit sampai halus & encer. Terakhir, masukan minyak.
  • Kalo ada brinjil-brinjil, disaring aja biar alus 😀
  • Buat dadar tipis-tipis, sisihkan

Bahan Isi:
300gr Daging cincang (boleh diganti ayam juga)
5 Bawang Merah
1/2 Bawang Bombay, potong kecil-kecil
1 buah Bawang putih, cincang
Kecap manis, garam, lada secukupnya

Petunjuk:

  • Tumis bawang putih hingga wangi.
  • Masukan bawang merah & bawang bombay. Tumis sampai layu
  • Masukkan Daging cincang, aduk hingga daging matang
  • Tambahkan semua bumbu & kecap manis.
  • Cicipin dulu ya…Kalo gue nggak terlalu suka manis jadi kecapnya nggak banyak-banyak.
  • Masak hingga air daging kering. Angkat.

Penyelesaian:

  • Siapkan 2-3 butir telur kocok dalam wadah datar.
  • Ambil selembar kulit, isi dengan 1 sdm daging. Bungkus bentuk silinder *kalo risol kan gepeng, ini bulet*
  • Celupkan di telor kocok, goreng dengan minyak banyak, api sedang.
  • Lakukan sampai semua habis.
  • Selesaaaaaaaaai…..mari makaaaaan

About erlia

Page with Comments

  1. hahahha betul betul… aku juga dulu sangka sosis solo itu pake sosis…dan aku ngga begitu fans dgn sosis 😀
    Hmmm perlu dicoba nih… cuma kok gorengan mulu ya? Bisa tambah melar gue 😀 (Bukan elu loh 😛 )

    1. nah kan, ternyata gak cuma gue yang mikirnya salah, hahahahaha.
      gapapa mbak sekali-kali. temenin gue melar, hahahahahahah

  2. liat ginian mana blom lunch..peyut lapar..rasanya pengen jilat2 entu screen… ☺ Hi Er..salam kenal! silent reader selama ini hehehee…

  3. Habis baca postingan sebelum ini. Semakin gak percaya kalo dulunya dirimu gak bisa masak. Ceritanya kayak effortless gitu Er. Apalagi hasilnya yang dipoto bagus-bagus..

  4. dulu aku kira sosis solo itu varian lainnya sosis malahan.. hehehe..

    mbak mau nanya dong, kalau daging cincang gitu emang ada jual kalengan gitu, atau dagingnya dicincang biasa?

    1. udah dijawab sama otty sih ya…daging cincang bisa beli di supermarket ato dipasar. Kalo di spm biasanya udah dicincang. kalo di pasar, tinggal minta abangnya cincangin aja

  5. Gue pun sukaaa sosis solo! Tapi karena gue dari keluarga jawa, dari kecil gue udah tau ini bukan isi sosis hihi… *merasa menang* Ntar resepnya gue contek ya 🙂

    @niee: Numpang jawab ya, daging cincang ada di bagian daging di spm, udah dicincang sama spm kita tinggal bilang mau berapa gram.

    1. hahahahaha, kasih dah…kasiiiiiih. gue heran kenapa coba dinamainnya sosis kalo isinya bukan sosis. karena bentuknya?
      Ya silahkan dicobaaaa, ntar kirim kemari ya ty. Pajak! hahahaahah

  6. akhirnya dpt jg resep sosis solo….gampang kayanya bikinnya ,dlu pertama makan sosis solo wktu di rs hermina bekasi itu juga gk tau kalo namnya sosis solo hehehe..ampe skrg gk prnh nemu lagi ntu sosis solo.akan gue coba resepnya thanks yaaaaa….salam kenal 🙂

Comments are closed.

%d bloggers like this: