Me vs Cooking

Berasa dong ya kalo makin kemari gue makin banyak posting resep? *lirik Erry* *dilempar kulkas*. Bukan sombong bukan congkak…emang beneran pengen pamer aja kok, hahahahahahahaha *dirajam berjamaah*.

Kalo ada yang mikir gue emang pinter masak. Anda salah besaaaar ki sanaaaaak. Silahkan tanya temen-temen SD – Kerja. Nggak bakalan ada yang bilang gue pinter masak. Apalagi SN yang selama pacaran jadi korban uji coba gue yang sok-sokan pengen masak buat pacar. Dari mulai agar-agar hambar, sampe puding yang agar-agarnya lupa dimasukin aja pernah dia makan *dibawah ancaman tatapan maut tentunya*, hahahahahahah.

Tapi ya, kalo dibilang 100% o’on ya nggak juga sih. Dari kecil gue suka bantuin nyokap di dapur kalo minggu pagi. Mulai dari nyuci sayur, ngupas bawang, sampe buangin buntut toge!!! Sumpah gue bersyukur toge disini buntutnya bersih. Pegel bok, buangin buntut toge, hihihihihihihi.

Trus tiap setaon sekali juga gue rajin bantuin nyokap bikin bolu surabaya pas Imlek. Ini bikinnya ga cuma seloyang-2 loyang loh…bisa sampe 5 loyang! Sampe gue jago misahin kuning telor sama putih telor. Tau wujud adonan ngembang kayak gimana. Tapi tetep sih, kalo gue yang bikin…jadinya bantet!! *tendang oven*.

Kemampuan masak gue dulu itu sebatas bikin agar-agar, bikin puding *pake agar-agar sama susu kental manis & buah kaleng doang*, telor ceplok, telor dadar, nasi goreng yang nggak pernah konsisten rasanya, sayur sop pake royco, sama indomie. Dan nyokap selalu bilang, kalo gue masak didapur, se RT-RW bisa tau saking hebohnya, hahaahahahahaha.

Pas gue pindah ke SG, asli gue merana banget di bulan-bulan pertama. Tiap hari makanan gue bolak-balik aja dari indomie, tumis kangkung, sarden, telor dadar/ceplok sama kornet goreng. Kalo beli pun cuma bisa makan malay food. Why? Karena gue picky eater dan kebiasaan makan masakan nyokap. Sayur ga doyan, sosis/burger/bacon/keju ga doyan, kambing ga doyan, babi apalagi. Bawaannya kalo jam makan tuh udah mo mewek aja. Laper tapi ga tau mau makan apaan. Udah mana disini juga makanan rasanya kan anyep begitu. Silahkan panggil gue lebay, tapi saat itu gue sampe turun 10-15kg saking ini itu gak mau gue makan.

Sampe akhirnya gue mikir kalo gue harus masak sendiri makanan yang gue suka. Om gue bilang, “My rule of thumb is so simple. If you don’t know how to cook, don’t be a picky eater. If you are picky, you better know how to cook”. Macem digaplok yah bok dengernya, haahahahahahahahah. Akhirnya gue nyoba masak. Menu pertama gue adalah Sayur Sop dan Perkedel. Gue sukses ngabisin $30 buat belanja & 3 jam di dapur sampe semua mateng. Not to mention SN & Ica yang udah duluan kabur ke hawker beli jajanan saking udah keburu kelaperan nungguin gue kelar masak, hahahahahahahaha.

From these…

Ternyata, hasilnya enak. Sesuai ekspektasi gue dan semua makan dengan lahap. B.A.H.A.G.I.A!! Banget. Selanjutnya gue nyoba bikin ayam goreng. Dan terjijik-jijik sendiri megang ayam mentah, hihihihihihihihi. Lagi-lagi sukses. Masak capcay, sukses juga. Sampe akhirnya pas kita pindah sewa 1 unit flat, gue jadi penguasa dapur & nyobain resep baru tiap hari.

Tentunya gue cuma mau nyoba resep makanan yang emang gue doyan dan gue tau rasanya. Sampe akhirnya gue mulai terbiasa dengan makanan lokal & jadi lebih berani buat nyoba segala jenis makanan, baru deh gue nyoba-nyoba resep yang nggak familiar rasanya tapi dari bumbunya gue bisa expect rasanya bakalan kayak gimana.

Gagal? Nggak usah ditanya. Dari mulai gosong, bahannya lupa dimasukin, rasanya aneh…semua pernah kejadian. Mendadak masuk kamar sambil mewek gara-gara masakannya gagal juga pernah. Tapi…having a supportive husband is really a good thing. Seancur apapun masakan gue, dia pasti makan *walopun mukanya menderita banget, hihihihihi* dan encourage gue untuk terus masak.

Into these… πŸ˜€

So here I am now. Dari yang nggak bisa masak, jadi bisa masak & bisa pamer di blog *teteeeuuup, hahahahahahah*. Jadi kalo lo ngerasa nggak bisa masak, coba dulu. Mulai dari makanan favorit lo dulu. Pasti jadi lebih gampang. Apalagi kalo mendadak pindah keluar negeri kayak gue, KEPEPET, pasti mendadak bisa masak. Tanya aja Woro….ya kan Wor? hahahahahahah.

Tags: , , , , ,

20 comments

    • erlia e.r.l.i.a
    • erlia e.r.l.i.a

Trackback e pingback

No trackback or pingback available for this article

Leave a comment :)

%d bloggers like this: