[Resep] Dutch Croquette

Dutch Croquette ini termasuk satu cemilan favorit gue waktu di Jakarta. Biasanya gue makan di Kafe Excelso MKG 3. Rasanya asin gurih dan bikinnya JAUH lebih simple daripada bikin risol.

Buat yang nggak tau Dutch Croquette itu apaan, ini sebenernya kayak ragout dibalur bread crumbs trus digoreng. As simple as it. Tapi rasanya….sumpah endeeeus. Kalo gak percaya, silahkan dicoba.

Gue ngegabungin 2 resep yang gue dapet disini & disini, plus sedikit ke-sotoy-an gue ya 😀

Bahan:
150 gr keju parut, boleh cheddar/mozzarella
2 cups susu panas
1 stick butter (113 gram)
1 cup tepung terigu
100 gram daging ayam direbus lalu disuwir atau di cincang
Seledri – iris halus (kira-kira 1-2 sdm)
1 buah bawang bombay – rajang kecil-kecil
Garam, lada & pala – sesuai selera

Pencelup:
3 butir telur – kocok
Terigu
Bread Crumbs yang agak kasar

Petunjuk:

  • Lelehkan butter, lalu masukkan terigu. Aduk rata.
  • Masukan susu panas, aduk rata sampai halus (hasil akhirnya kental), angkat.
  • Masukkan semua sisa bahan, aduk rata, cicipin dan biarkan dingin.
  • Setelah dingin, ambil sedikit adonan dan bentuk bulat-bulat memanjang *kayak pempek lenjer itu loh*
  • Gulirkan di pencelup dengan urutan: terigu – telur – bread crumbs – telur – bread crumbs.
  • Lakukan sampai semua adonan habis (kira-kira ada 25 buah)
  • Simpan di dalam freezer sekitar 30 menit
  • Goreng dalam minyak panas sampai kecoklatan
  • Sajikan panas

Siap-siap aja nggak berenti makan!

P.S. Adonan yang udah dibentuk & di oles bahan pencelup bisa disimpen di freezer selama beberapa hari. Kalo mau digoreng, keluarin dulu dari freezer dan taro di suhu ruang sampai nggak beku lagi baru digoreng.

Tags: , , , , , , , ,

28 comments

  1. dea
    • erlia e.r.l.i.a
  2. nita
  3. andeasta
  4. dev
    • erlia e.r.l.i.a
    • erlia e.r.l.i.a
  5. Benicta
    • erlia e.r.l.i.a
  6. dini

Trackback e pingback

No trackback or pingback available for this article

Leave a comment :)

%d bloggers like this: