One Man's Trash is Another Man's Treasure

Terfavorit di Bulan Puasa

Tentunya gak jauh-jauh dari makanan, hihihihihihihi.

Kalo ditanya apa makanan favorit gue selama bulan puasa, udah pasti gue jawab KOLAK!!

Entah kenapa, gue cuma suka makan kolak kalo pas bulan puasa. Kalo makan diluar bulan puasa rasanya kurang nikmat aja, hahahhahahahaha. Kolak yang gue suka juga basic banget. Isinya cuma pisang (harus tanduk atau kepok), ubi merah, pacar cina sama kolang-kaling. Paling males tuh ya kalo nemu kolak yang isi singkong lah…labu lah, tape lah. Apalagi kalo pake pisangnya asal aja dan bikin kuahnya jadi butek macem bajigur. Langsung ilfil deh gue liatnya. Iya, gue segitu picky-nya sama kolak, hahahahahaha.

Pas gue pindah ke Singapore tahun 2007, gue sempet sakaw kolak selama bulan puasa. Nggak ada yang jual bok! Atau mungkin ada, tapi dulu gue gak tau dimana. Mau bikin sendiri pun gue gak tau nyari pisangnya dimana. Disini kan banyaknya pisang model ‘sunpride’ itu loh. Sampe akhirnya pas gue lagi jalan-jalan ke GSM, gue nemu pisang gede banget!!! Akhirnya gue berasumsi kalo itu adalah pisang tanduk. Bentuknya sih agak beda sama pisang tanduk di Indo yah. Pisang yang gue liat ini bentuknya sama kayak pisang sunpride abis disuntik hormon…. GEDEnya berkali-kali lipat, hihihhihihihi.

Pas sampe rumah, gue masak lah itu pisang jadi kolak. Ternyata rasanya beda *mewek*. Kalo pisang tanduk dimasak kolak kan ada rasa asem-asem khasnya tuh, yang ini mah gak ada. Aneeeeeh… Jadilah gue makanin ubi sama pacar cinanya doang. Nyari kolang-kaling disini juga susahnya minta ampun.

Belakangan gue nemu kalo pisang kepok suka ada dijual di wet market. Jadi tiap kali mo masak kolak gue selalu beli pisang kepok aja. Daripada pake pisang tanduk jadi-jadian gak jelas ituh.

Dan bulan puasa tahun ini, niat gue mo makan kolak ketunda-tunda melulu sampe malem ini. AKHIRNYA gue bikin kolak juga. Diniatin banget bok, secara weekend ini udah lebaran kan, hihihihihihihi. Tapi…tapi…tapi, pisangnya tadi kurang blenyek. Jadi rasanya kurang nendang buat gue. Iya, kalo buat kolak gue demen pake pisang yang udah mateng banget. Jadi lembek-lembek gitu pas dimakan.

Gak usah gue tulis lah ya resepnya. Cuma air, gula jawa, santan, garam sama daun pandan doang kok. Itu juga pake kira-kira semua. Sesukanya aja.

So…. sudahkah anda makan kolak bulan puasa ini???

*sebenernya sih gue juga pengen makan biji salak, es bubur sumsum, asinan, dll…tapi apa daya, skillnya mentok di kolak doang, huahahahahahahah*



22 thoughts on “Terfavorit di Bulan Puasa”

  • Elo pasti 1 perguruan sama laki gue ya? Sama2 sakaw kolak di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini (mulai ketularan penceramah) hihi.. Soalnya di luar bulan puasa ga pernah dia minta kolak, eh begitu bulan puasa gue diteror dong harus bikin kolak!

    Paling mantep emang pake pisang tanduk, ga ada yang ngalahin rasanya nyaaammm..

    • hahahahahahahah, masa sih? kirain gue doang yang aneh. Iya ty, pisang tanduk tuh rasanya khas banget yah. Jadi kangen pasar pisang yang di pisangan situh.

  • Kalo gw plg suka es blewah, mana nyokap manas2in katanya di Jkt bikin es blewah tiap hari, jadi makin kepengan deh. Pisang kepok di pasar di deket sini sayangnya gak ada, maklum pasarnya kecil sih jadi barangnya standar banget

    • Gue gak suka es blewah mon, mungkin karena rasa blewahnya kan anyep-anyep gitu yah, hihihihihihi. Biasa di uncle-uncle jualan buah suka ada tuh pisang kepok.

  • Gue malah kaga ngarti dunia perpisangan..ga tau mana pisang tanduk, pisang kepok, pisang raja..halah..:D

    Kalo kolak eik sukikanya ama biji salak..enyaaaak… tapi beli sih..ga pernah bikin, hihihi..

    • Gue juga cuma tau pisang ‘sunpride’, pisang tanduk sama pisang kepok. Yang laennya blas nggak ngerti, hahahahahahahahah

  • Kalo disono ada yang jualan takjilan gitu juga gak sih Er? Kayaknya sih gak ada ya. Temmn gw yang kursus kesana pas puasa kemaren dibela-belain nggak puasa. Katanya ga ada feelnya gitu. Hehehe.

    • Ada sih dan, di daerah melayu gitu atau di malay stall. Tapi ya takjil disini kan beda sama di Indo. Biasanya cuma kue-kue aja. Emang kalo bulan puasa disini mah nggak kerasa bedanya sama bulan-bulan lain, hahahahahahaha.

  • kolaknya bikiin *elus perut*
    aku belum makan kolak kakak, padahal bulan puasa dah mau berakhir..
    soalnya ga bisa bikinnya, ga ada yang mau bikinin juga, kalaupun mau beli kolaknya beda dan ga bikin selera.. 🙁

    • kolak itu gampang banget mel…bikin aja. Cuma rebus air sama daun pandan, kasih gula jawa serut segenggam, kasih garem dikit. Masak sampe mendidih, trus masukin pisang sama ubi. kalo udah empuk, masukin santen kara deh…beres 😀

  • Kenapa kalo mampir kesini musti ngiler lihat makanan enak-enak ini….*ces…ngiler* Aku kadang juga suka ilfeel kalau lihat kuahnya butek..hahaha apalagi pake tape hadeeehhh gak suka yang namanya tape…

    • haahahahah. Eh kalo tape dimakan polos atau digoreng gitu sih gue doyan yah. cuma kalo di kolak gue gak doyan. aneh rasanya… 😀

  • kok kamu bikinnya pake ubi tuh meski gak suka ubi….aku juga gak suka ubi, kalo kolak suka kolang kalingnya doang. bulan puasa ini aku kebanyakan kolak, ampe bosen banget hihihi abis ART di rumah bikin itu muluk

    • gue suka ubi kooooook. yang gak suka itu kolak pake singkong, tape ato labu. Ih, tau gitu lo oper kemari nov. gue makanin deh 😆

  • disini ada yg jual kolak loh.. hajah maimunah, ada 2 cabang: joo chiat & arab st. btw makanan mereka juga enyaaakkk… *ini bukan iklan :p*
    kalo kolang-kaling sih di ntuc ada kok, cari di bagian rak yg ada cendol, cincau, etc.

    • Jauuuuuuh bangeeeet tempatnya, hahahahahahahha. Iya, gue sering denger orang bilang masakannya enak disitu. Nah kalo kolang-kaling itu untung-untungan dapetnya. Kadang ada kadang nggak 😀

  • tos dulu dong 😀
    aku juga tuh picky banget ama kolak
    tapi gak suka yg blenyek heheh mau yg sedeng lah
    bulan puasa ini blom makan kolak sama sekali
    tiap mau beli kok gak ada yg mbangkitin selera
    yg ada ngebunuh napsu semua dah
    tapi herannya laku aja tuh dagangan mereka
    berarti aku yg salah kan ya hahaha

    nah liat gambar entu jadi pengen nyaplok
    apa daya, cuma gambar doang hehehe

Leave a comment :)


%d bloggers like this: