Terfavorit di Bulan Puasa

Tentunya gak jauh-jauh dari makanan, hihihihihihihi.

Kalo ditanya apa makanan favorit gue selama bulan puasa, udah pasti gue jawab KOLAK!!

Entah kenapa, gue cuma suka makan kolak kalo pas bulan puasa. Kalo makan diluar bulan puasa rasanya kurang nikmat aja, hahahhahahahaha. Kolak yang gue suka juga basic banget. Isinya cuma pisang (harus tanduk atau kepok), ubi merah, pacar cina sama kolang-kaling. Paling males tuh ya kalo nemu kolak yang isi singkong lah…labu lah, tape lah. Apalagi kalo pake pisangnya asal aja dan bikin kuahnya jadi butek macem bajigur. Langsung ilfil deh gue liatnya. Iya, gue segitu picky-nya sama kolak, hahahahahaha.

Pas gue pindah ke Singapore tahun 2007, gue sempet sakaw kolak selama bulan puasa. Nggak ada yang jual bok! Atau mungkin ada, tapi dulu gue gak tau dimana. Mau bikin sendiri pun gue gak tau nyari pisangnya dimana. Disini kan banyaknya pisang model ‘sunpride’ itu loh. Sampe akhirnya pas gue lagi jalan-jalan ke GSM, gue nemu pisang gede banget!!! Akhirnya gue berasumsi kalo itu adalah pisang tanduk. Bentuknya sih agak beda sama pisang tanduk di Indo yah. Pisang yang gue liat ini bentuknya sama kayak pisang sunpride abis disuntik hormon…. GEDEnya berkali-kali lipat, hihihhihihihi.

Pas sampe rumah, gue masak lah itu pisang jadi kolak. Ternyata rasanya beda *mewek*. Kalo pisang tanduk dimasak kolak kan ada rasa asem-asem khasnya tuh, yang ini mah gak ada. Aneeeeeh… Jadilah gue makanin ubi sama pacar cinanya doang. Nyari kolang-kaling disini juga susahnya minta ampun.

Belakangan gue nemu kalo pisang kepok suka ada dijual di wet market. Jadi tiap kali mo masak kolak gue selalu beli pisang kepok aja. Daripada pake pisang tanduk jadi-jadian gak jelas ituh.

Dan bulan puasa tahun ini, niat gue mo makan kolak ketunda-tunda melulu sampe malem ini. AKHIRNYA gue bikin kolak juga. Diniatin banget bok, secara weekend ini udah lebaran kan, hihihihihihihi. Tapi…tapi…tapi, pisangnya tadi kurang blenyek. Jadi rasanya kurang nendang buat gue. Iya, kalo buat kolak gue demen pake pisang yang udah mateng banget. Jadi lembek-lembek gitu pas dimakan.

Gak usah gue tulis lah ya resepnya. Cuma air, gula jawa, santan, garam sama daun pandan doang kok. Itu juga pake kira-kira semua. Sesukanya aja.

So…. sudahkah anda makan kolak bulan puasa ini???

*sebenernya sih gue juga pengen makan biji salak, es bubur sumsum, asinan, dll…tapi apa daya, skillnya mentok di kolak doang, huahahahahahahah*

Tags: , , , , , , , ,

22 comments

    • erlia e.r.l.i.a
    • erlia e.r.l.i.a
    • erlia e.r.l.i.a
    • erlia e.r.l.i.a
    • erlia e.r.l.i.a
    • erlia e.r.l.i.a
    • erlia e.r.l.i.a
  1. pi
    • erlia e.r.l.i.a
  2. erin

Trackback e pingback

No trackback or pingback available for this article

Leave a comment :)

%d bloggers like this: