[Resep] Empal Daging

Namapun udah punya panci presto, wajib dong di-abuse buat masak daging-dagingan. Sabtu kemaren, setelah ngoprek-ngoprek blog resepnya Ira, akhirnya gue bikin Empal!!!

Terus terang aja, gue nggak pernah mau bikin empal gara-gara males ngerebus dagingnya dan gue pikir bikinnya ribet. Tapi pas liat resep, eh taunya gampang bok, hahahahahahahah.

Pagi-pagi gue ke pasar beli daging. Secara gue gak ngerti bagian daging, dan di pasar kategori daging cuma ada 3, daging kari, daging goreng dan daging giling. Yaudaaaah, gue beli daging goreng. Gue nggak tau dah itu dari bagian mananya sapi, hihihihihi. Abis itu sekalian minta dipotongin tipis-tipis buat empal. Eh, si ibu yang jualannya bingung empal itu apaan, huahahahaha. Akhirnya potong tipis sekenanya aja dah.

Sampe rumah, langsung ngerajang bumbu *sumpah deh, ini gue masak lama cuma gara-gara ngupasin bawang kagak kelar-kelaaaar :lol:*. Abis itu emang dasar gue males repot ya, di resep ditulis 2 kali presto, gue mah langsung aja cemplungin semua bahan & presto.

Asli cepet masaknya! Lamaan ngupas bawang deh gue rasa. Begitu jadi, langsung gue cobain. Bodo amat deh belom digoreng, hahahahah. Gilaaak, enak banget. Lembut gitu dagingnya. Tapi wujudnya gak cakep gara-gara motongnya melintang, jadi ga bisa dilebar-lebarin kayak empal gepuk gitu.

20120627-172544.jpg

Ini resepnya yang gue ambil dari tempat Ira:

Empal Gepuk

sumber : file milis dapurbunda

Bahan:
500 gr daging gandik, biarkan utuh (gue pake yang udah dipotongin abangnya)
500 ml air (ini gue pas-pasin sama level minimum air di panci)
350 ml air kelapa (gak pake )
200 ml santan kental (gak pake)
2 lembar daun salam (gak punya, jadi gak pake, hihihih)
1 batang serai, belah & geprak
Gula Jawa, disisir (sesuai selera ya, mau manis atau sedang)

Bumbu halus:
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 cm kunyit
1 sdm ketumbar sangrai
1 sdt jintan sangrai
4 butir kemiri
1Β½ sdt gula pasir
1 sdt garam /secukupnya
ΒΌ sdt asam jawa

Cara Membuat Versi Ira:

  • Rebus daging bersama air pake panci presto selama 15 menit. Matikan api & diamkan sampe tekanannya habis.
  • Tiriskan daging, potong2 searah serat dengan ukuran sesuai selera. Sisihkan kaldu untuk keperluan lainnya.
  • Masukkan potongan daging ke dalam panci presto bersama air kelapa, daun salam, serai dan bumbu halus, aduk rata. Proses lagi selama 15 menit. Matikan api & diamkan sampe tekanannya habis.
  • Keluarkan potongan daging, pukul2 sampe memar, masukin lagi ke panci.
  • Tambahkan santan kental, aduk rata. Masak dengan api kecil dan tutup terbuka (tanpa tekanan) sambil sesekali diaduk sampe kuah menyusut hampir habis.
  • Pindahkan potongan daging ke wajan teflon, panasin sambil sesekali dibalik sampe jadi rada kecoklatan.

Cara Membuat Versi gue:

  • Cemplungin daging & semua bumbu ke panci presto, diemin 30 menit.
  • Tuang air & masak dengan api besar sampe tombol naik, kecilin api & lanjut masak selama 15 menit. Matikan api, tunggu sampai tekanan abis
  • Kalo gue, udah berenti sampe disini doang. Karena gue rasa udah nyerep bumbunya, jadi ya udah gak gue lanjutin masak sampe airnya abis, hahahahahahahahah.
  • Goreng empal pas mau makan aja, biar tetep empuk πŸ˜€

Rasa? Enaaaaaaak!! Apalagi pake taburan bawang goreng sama sambel terasi. Saking ga mau rugi & males juga masak berkali-kali, gue bikin empal 2 kg dong, hahahahahahah. Pas udah dingin, gue masukin kantong plastic kecil-kecil. Seplastik isi 4 potong gitu, trus gue masukin freezer. Jadi kalo makan, tinggal ambil 1 plastik, defrost trus goreng. Asik kan πŸ˜€

Silahkan dicobaaaa……

Tags: , , , , , , , , , , ,

15 comments

    • erlia e.r.l.i.a
  1. dev

Trackback e pingback

No trackback or pingback available for this article

Leave a comment :)

%d bloggers like this: