One Man's Trash is Another Man's Treasure

Proficiat!

Jika seorang anak meninggalkan keluarganya untuk menjawab panggilan, maka Yesus sendiri yang akan menggantikan tempat anak itu di dalam keluarganya – Don Bosco

Gue nggak lahir di keluarga Katolik. Jadi Katolik adalah pilihan gue ketika gue masuk SD. Setelah naik-turun-maju-mundur, akhirnya gue dibabtis taon 2004 barengan sama orang tua gue *yang entah gimana tiba-tiba terpanggil jadi Katolik tepat di bulan Desember 2003, padahal gue gak pernah ngajak-ngajak mereka ke gereja :)*.

Dan entah kenapa, gue suka banget ngeliatin Pastor, Frater, Bruder di Gereja. Kayaknya keren aja gitu. Pake jubah, tenang, kalem. Man in Uniform! Tipe gue banget deh #halah *lirik SN yang bedanya 180Β°*, hihihihihihih. Apalagi kalo pastornya cakep. Tambah kelepek-klepek deh gue. Disuruh duduk depan altar pas misa juga gue mau, hahahahahahha.

Serius deh, seumur-umur gue ketemu Pastor, Frater & Bruder, pasti figurnya tuh kayak gitu. Ya banyak yang humoris, demen becanda. Tapi tetep aja jaim depan umat kaaan??? Gue bukan anak mudika yang demen nongkrong di Gereja dan main sama Pastor atau Frater, Jadi gue nggak bisa komen gimana mereka kalo nggak lagi sama umat, hehehehehehe.

Sampe suatu hari, pas kita baru pindah kemari, SN kasih tau gue. Ada temennya yang mau nginep dirumah. Dan temennya itu, Frater dari Papua Nugini. Jreeeeeeng….Aslik, yang kebayang di gue itu orang Papua, rambut kriting, pake jubah putih & kalung salib gede bakalan wara-wiri dirumah gue. Goodness!!! Eh taunya, Frater ini orang dari Jakarta, cuma lagi ngejalanin orientasi pastoral di Papua Nugini

Pas hari H-nya, gue sampe deg-degan mo ketemu si Frater. Rasanya canggung aja ada Frater nginep dirumah, hahahahahahaha. Tapi ternyata orangnya asik. Namanya Ryan Ey Peter Vergouw. Kita manggilnya Peter *well, seringnya sih Pat-Pet-Pat-Pet or Cuy, hahahah*. Begitu dia ngomong & cerita *plus foto-foto*, kesan Fraternya langsung ilang. Kelakuannya sama aja cacatnya kayak kita-kita, hahahahahaha. Sampe-sampe Ica aja nanya “Mbak Erlia, yakin dia Frater?” huahahahahaha. Baca ceritanya disini ya.

Sejak ketemuan itu, kita lumayan sering ngobrol di YM. Dan tiap kali dia pulang ke Jakarta, dia pasti mampir dirumah kita. Terakhir dia mampir ke tempat kita itu taon lalu. Tiba-tiba aja dia YM gue trus nanya kita bisa ke Manila gak *waktu itu dia udah di Manila, belajar lagi*. Pas gue tanya ngapain, dia bilang dia mo ditahbisin jadi Diakon. Ish…rasanya gue ikutan bangga gitu. Ternyataaaaa….bisa juga dia sampe ke tahap ini. Sayangnya waktu itu kita gak bisa dateng. Malah dia yang mampir ke tempat kita & berbaik hati ngasih berkat pertamanya ke rumah kita. Kebetulan waktu itu rumah kita emang belom diberkatin. Gue minta Pastor Paroki disini lama beneeeer ga dijawab-jawab. Akhirnya pas Peter dateng, gue tanya aja dia udah boleh berkatin rumah belom. Ternyata boleh. Jadilah rumah kita diberkatin sama dia. Sumpah canggung banget rasanya. Biasanya seenak udel gitu sama dia, eh tau-tau sekarang dia berdiri depan kita pake jubah & stola sambil berkatin rumah, hahahahahahaha *dan dia juga ngasih wejangannya pake elu-gue cobaaaaak :lol:*.

Nah, awal tahun ini, Peter udah sounding-sounding ke kita kalo dia bakal ditahbisin jadi Pastor tahun ini. Whoaaaa!! Gue excited. Entah kenapa, gue bangga banget ada temen gue mau jadi Pastor, hihihihihi. Pas tanggalnya udah jelas, dan gue juga bisa cuti, akhirnya gue dateng ke tahbisannya dia. Ini adalah pengalaman pertama gue ikut misa pentahbisan.

Jumat kemaren gue berangkat dari Wisma SDB di Sunter nebeng tante Siauw Ping, Satu-satunya orang yang gue kenal di rombongan. Eh taunya, si tante juga ga bawa mobil. Jadilah kita nebeng mobil lain. Semobil isinya 2 Pastor, 1 Frater, 1 Bruder dan 2 cewek…hahahahaha. Somehow gue yakin…perjalanan kita bakalan aman :lol:. Begitu mobil berangkat, gue sama tante Siauw Ping langsung heboh ngemilin coklat di jok belakang. Lagi enak-enak makan sambil cekikikan, tiba-tiba Romo Mathius yang duduk depan ngomong, “Eh, iya belom doa! Ayo doa…bla…bla…bla”. Sementara mulut & tangan kita berdua penuh coklat M&M’s. Jadinya kita doa sambil ngunyah-ngunyah deh. Lah daripada keselek??? Hahahahahaha. Kelar doa, si tante protes “Romat! Kalo mo doa jangan langsung hajar begitu dong. Gue kan lagi makan!!!” Hahahahahahah.

Sampe di St. Odilia, kita sempet ketemu sebentar sama Peter. Trus abis itu kita duduk di balkon atas biar bisa jelas ngeliat upacaranya. Gilak…yang dateng ada 60-an Imam/Pastor!!! Dan yang ditahbisin ada 6 calon Imam. 5 dari tarekat SSCC, sementara Peter dari SDB sendiri. Nebeng tahbisan ceritanya, hahahahah.

Iring-iringan para Imam

Acaranya khusuk banget. Gue sampe terharu pas Peter nerima Kasula *jubah* dari Uskup, trus dia kasihin ke Mamanya & dipakein sama Mamanya. Saat itu juga gue langsung yakin. Kalo seandainya nanti gue punya anak cowok, gue bakal serahin dia ke Tuhan. I’ll be so damn proud kalo dia terpanggil jadi Pastor *elus-elus perut, hihihihi*.

Image courtesy: parokisantaodilia.org

Image Courtesy: parokisantaodilia.org

Image Courtesy: Yoana Diah Wahyuni Anggraini

Gue juga baru tau kalo ternyata dia Pastor pertama dari SDB Indonesia yang ngejalanin tugas misionaris. Semoga cita-cita elo buat jadi misionaris di Ethiophia kesampean yah Pet. Amiiiin.

Proud Mother & Son – Image Courtesy: Yoana Diah Wahyuni Anggraini

Hari Minggunya gue dateng ke Misa perdananya dia di St. Bartholomeus, Galaxy. Kebetulan gak terlalu jauh dari rumah. Whoaaa, gila ramenya. Ada baliho gede banget di Gerejanya. Iya lah…umat disitu pasti bangga ada yang terpanggil jadi Pastor. Misanya meriah. Yang nyanyi di Koor itu para Frater & Bruder dari SDB. Homili-nya pun bagus. Gayanya anak muda banget. Santai tapi bahasanya tetep sopan *ya iyalaaaaah…menurut nganaaa??*. Lagi-lagi gue terharu pas dia cerita soal panggilannya. Iiiih, pasti gara-gara hari itu gue lagi dapet deh. Makanya hormonnya jadi sensitif, hahahahahaha.

Well, Proficiat Fr. Ryan Ey Peter Vergouw! Semoga elo akan tetap setia dalam pelayanan yah Pet. Sekali Imam tetap Imam. Sukses buat tugas misionarisnya. Keep inspiring the youth. Sampe ketemu tanggal 27 nanti dirumah kita ya.

Oh, by the way, gue udah tau mo jawab apa kalo orang nanya ntar tanggal 27 misa dirumah kita itu dalam rangka apaan. Gue mo bilang, “Dalam rangka ulang tahun Dex yang pertama”. #okesip #DisambitPujiSyukur :lol:. Gak ding…ntar akik kualat. Kita jadiin itu misa syukur atas tahbisan elo *biarpun awkward kali ya, misanya buat elo, tapi elo yang mimpin, huahahahahah*.



7 thoughts on “Proficiat!”

  • hohoho.. Paroki akuuuu~~~ jauh bener ya dr peradaban? ;p klo dr rmhku cm 10 menit tuh.. πŸ˜€ sayang ya pas Romo Peter ini ditahbis aku ga lagi di Tangerang, klo di Tangerang kita ketemuan deh tuuuuhhhh! πŸ˜€

    smoga niat mulia menyerahkan anak cowonya kesampean ya.. πŸ˜€ pas minggu lalu itu, sblm tahbisan ini, ada komuni pertama jg tuh, dan adekku jg dibilangin sm romonya (namanya Romo Felix) supaya klo uda gede mau jd Romo.. mudah2an kesampean.. πŸ™‚

  • erliaaa…tante siaw ping itu rmhnya di muara karang bkn?agen ray white bkn?*just curious* sapa tau kenal sm org yg sama jg…hehehe

  • pas baca ini langsung terharu –> Saat itu juga gue langsung yakin. Kalo seandainya nanti gue punya anak cowok, gue bakal serahin dia ke Tuhan. I’ll be so damn proud kalo dia terpanggil jadi Pastor *elus-elus perut, hihihihi*.

    amiiiinn!! semoga terwujud yaaa doa yg amat mulia itu πŸ™‚ πŸ™‚ ive always been a silent reader, but cant help it not to comment on your gorgeous thought above!

  • lo duduk dmn jank pas misa perdana? gue dateng jg n nyariin lo karena info dari peter lo bakal dateng.
    gue kira lo gak jadi dateng, gue cari2… apa skr muka lo beda bgt ya? hehe…

  • duh sampe berkaca-kaca bacanya. Proficiat buat Pastur Peter dan semoga doanya dijawab Tuhan Yesus yah Erlia. Amin!

    btw sale pressure cookernya dimana yak:) masih ada ngga skrg hehehe

Leave a comment :)


%d bloggers like this: