One Man's Trash is Another Man's Treasure

Let the memories stay

Another sad news… temen SD gue meninggal senin kemarin karena paru-paru basah. And she was one of my best friends…

Selama hidup, gue ngalamin beberapa kali kehilangan temen. They’re all died in such a young age. Pertama kali gue ngerti konsep meninggal waktu temen TK gue, Tony, meninggal. 2 hari sebelom dia meninggal, kita masih baris-berbaris barengan. Waktu disuruh lencang depan (eh bener gak sih tulisannya?), gue nempelin tangan di pundak dia dan kena lehernya. OMG…lehernya panas banget. Gue inget saat itu gue langsung teriak-teriak ke Ibu Netty, guru gue, ngasih tau kalo badannya Tony panas banget. Saat itu juga dia dibawa pulang…dan 2 hari kemudian Ibu Netty ngasih tau kita kalo Tony gak bisa main sama-sama kita lagi. Dan gue nangis kejer… *dari kecil udah bakat lebay kayaknya yah bok, hihihihihi*. It took quite sometimes for my mom to explain that Tony will not be back to play with me again.

Kedua, pas gue kelas 5 SD dan temen sekelas gue meninggal karena sakit. Lanjut pas SMP, temen seangkatan gue, Dolfy, meninggal karena kecelakaan pas pulang sekolah. Yang ini gue lumayan lebay nangisnya…gak kenal deket sih, tapi dese ganteng bok. Jadi gue pun ikut merasa kehilangan. Jaman kuliah, 2 temen main gue di deket rumah meninggal karena OD. Pas awal-awal kerja, temen SMP gue meninggal karena sakit. Tahun lalu, temen SMP gue lagi meninggal karena paru-paru basah.

Dan senin kemaren…temen SD gue, Cynthia, yang dipanggil Tuhan. Gue sama Cynthia pernah jadi temen akrab selama 6 tahun kita sekolah. Kadang musuhan, kadang baikan lagi. Dia batak, gue cina…and yes…kalo lagi berantem kita sering rasis, hihihihihihi. She’s my partner in crime.

Cuma dia yang mau keluar main ditengah hari bolong dan nongkrong diatas pohon cerry bareng gue. Cuma dia yang mau sepedaan belepotan lumpur pas ujan-ujan (dia sih enak ga diomelin…gue pulang-pulang disabet rotan sama emak gue, hahahahaha). Cuma dia yang berani sepedaan lewat jalan raya buat main ke rumah temen gue Benny & Yanti di rawa kuning. Buat kita berdua, balapan bareng metromini itu memicu adrenaline rush (Ya makluuum, belom ngerti bahayanya keserempet metromini bok, hahahaha). Kita juga yang pernah digampar bareng sama wali kelas karena ribut gak ketulungan dikelas. Dia juga yang dengan pedenya bilang, “Eh, nama gue kayak orang cina tauk… CHINtya. Chin-nya kayak marga orang cina kan?”. Dia lupa kalo ejaan nama dia itu harusnya CYINthia 😆

Dia selalu jadi saingan gue kalo main galasin, benteng, karet atau bekel. Having her in my team or be in her team was always a plus point. Sama-sama jago gitu ceritanya mah, hahahahaha. Tapi kalo udah berantem, abis lah gue di tai-tai-in sama dia :lol:. Dan gue juga bukan tipe mau ngalah…jadilah kalo berantem bisa sampe diterusin sepulang sekolah. Untungnya, kita selalu bisa baikan dengan segera. Cukup dengan saling ngejajanin bakwan & teh botol atau indomie rebus di kantin tante E’eng dan kita berdua udah cengengesan lagi berdua.

Kita juga yang selalu dipanggil untuk nari buat acara tutup tahun ajaran atau natal…buat jadi penari cowok *JREEENG*, hhahahahaha. Ya abeeees, cowok sekelas gak ada yang bisa diandelin buat nari kali yeee….dan kita plus beberapa cewek lagi kayaknya terlalu ‘laki’ buat nari yang manis-manis gitu. Jadi yaaaa…gitu deh :lol:.

It was always fun to be with her. Sayangnya pertemanan kita berenti pas kita masuk SMP. Gue pindah ke Tarki Rawamangun sementara Cynthia ngelanjutin disekolah yang sama. Frekuensi kita ketemu pun makin jarang. Apalagi setelah gue kuliah di Depok, mulai kerja & pindah ke Singapore. Putus kontak. Udah mana gue nggak demen telpon-telponan, sms-smsan…jadi deh gak pernah ngobrol lagi. Sempet beberapa kali kontak via FB & SMS tapi cuma selewat ajah.

Makanya pas dapet berita Cynthia meninggal, gue ngerasa ketabok. Gue ngerasa keilangan. Iya emang kita nyaris gak pernah kontak-kontak lagi berpuluh taon belakangan ini. Tapi hati gue tetep mencelos & sedih…

Many people will walk in and out of your life,
but only true friends will leave footprints in your heart.

Rest in Peace Cyn… be happy with Father in heaven.

Cynthia, depan kiri. Gue, tengah :’) [Photo: Ratri CB]



8 thoughts on “Let the memories stay”

  • Ikutan sedih baca ini.. Aku belom pernah ngalamin temen dekat meninggal. Tapi aku pernah ngalamin sepupu dekat aku yang gede bareng aku, meninggal di usia 18th karena leukemia. Sedih banget memang, aku sampe beberapa ngimpiin dia dan sampe sekarang pun aku suka berasa kalo dia masih maen-maen sama aku 🙁

    Turut berduka ya Erlia..

  • duh sedih bacanya…turut berduka cita.
    Semoga Cyinthia diterima di sisi Bapa dan keluarganya dikuatkan ya.
    Sekarang sering denger kabar temen meninggal dunia walaupun masih relatif muda, Terakhir kakak kelas kuliah meninggal mendadak saat tidur pas diving trip. Paginya masih sempet sholat subuh sama teman2nya, balik bobo…eh tau2 uda ngga ada.
    Umur emang di tangan Tuhan ya

Leave a comment :)


%d bloggers like this: