Mainan Baru #2

Finally, my first wide angle lens…after so many years of convincing SN πŸ˜†

Asli…senengnya nggak ketulungan pas Selasa kemaren SN pulang nenteng beginian buat gue, aiahahahahahaha. Gue sampe jejingkrakan sendiri. Norce? Biarin… situ kan gak tau perjuangan akik buat dibeliin lensa ini, hahahahahaha.

Kalo liat postingan gue yang ini, mungkin pada mikir kita punya lensa banyak. WRONG! Semua lensa yang kita punya itu Kit Lenses, alias lensa bawaan pas beli DSLR. Ada sih beberapa lensa lama, tapi nyusahin kalo dipake di kamera digital. Satu-satunya lensa yang pernah kita beli sejak taon 2005 adalah Nikkor 50mm f/1.8. Belinya di HongKong taon 2009 karena murah banget, hahahahahaha. See? 4 taon baru punya lensa tambahan loh.

Selama 4 taon itu, kita bertahan pake 18-55 bawaannya Canon 350D yang gue beli taon 2005 dan 18-70 + 20-300 bawaannya Sony A200. Gue beruntung punya suami yang kupingnya tebel. Nggak gampang diracunin orang buat beli lensa ini itu. Inget masa-masa dimana DSLR jadi super terjangkau & semua orang mendadak beli DSLR & nganggep dirinya pro. Kakaaaaak….punya DSLR itu gak bikin situ jadi fotografer profesional, cuma jadi DSLR owner doaaaang, aiahahahahaha. Banyak orang mendadak nganggep kalo mau bikin foto bagus harus pake lensa mahal. Dan Canon 70-200 f/2.8L IS II USM seharga 20jt mendadak jadi inceran orang-orang karena ‘bukaannya gede jadi kalo moto orang bokehnya bagus’ *ok, itu nyinyiran orang sirik sih, hihihhihihi*.

Ya iya sih, kadang gatel juga pengen beli-beli lensa ini itu demi dapetin foto bagus. Tapi pas diliat-liat lagi, untuk pemakaian kita yang cuma gitu-gitu doang, si kit lens itu udah mumpuni banget. Gue sukanya landscape & street photo. Sementara SN suka street, portrait & architecture. Dengan lensa-lensa yang kita punya plus sedikit photoshop skills, kita bisa dapetin foto bagus kok. Gue sekarang suka males sama orang yang belom apa-apa udah nanya, “fotonya bagus, pake kamera sama lensa apa?”. Ya udah sih…kalo bagus ya bagus aja, mo pake kamera apa juga tetep aja bagus, hahahahahahah *digaplok tripod*. Plus suka kasian juga ngeliat temen-temen yang baru mulai nyoba hobi foto diceburin sama temen-temennya buat beli lensa ini itu yang sebenernya gak dibutuhin.

I am not saying that I am that good. No. Gue juga masih belajar. Tapi gue nyoba nurutin SN untuk pake apa yang ada dulu. Optimalin gear yang lu punya saat ini. Percuma gaya-gayaan beli lensa cuma karena “kata orang sih lensa ini bagus”. Ya itu emang orangnya aja kali yang jago foto. Kalo gue yang pake mungkin hasilnya sama aja kayak pake kamera pocket, hoahahahahahahaha *etapi kalo emang jago mah pake pocket juga jadinya keren bok!*.

Kita sendiri butuh waktu bertahun-tahun buat akhirnya tau lensa apa yang kita mau. Gue simply mau lensa lebar. Sementara SN maunya mid-zoom atau prime lens. Sampe ketika akhirnya gue mutusin kalo gue mau Tokina 11-16 ini, SN gak langsung setuju bok. Gue bener-bener kayak sidang skripsi ditanyain sama dia kenapa mau lensa itu. Akhirnya setelah gue kasih perbandingan ini itu PLUS perbandingan harga *yang mana ini adalah yang paling penting :lol:*, akhirnya SN setuju. Tapi karena bulan lalu kita baru keluar ‘grands’ buat sesuatu hal, gue bilang sama SN belinya nanti-nanti aja karena lensa ini juga gak murah. Makanya pas Selasa kemaren tiba-tiba dia pulang bawa si Tokina, gue hepi nggak ketulungan, hahahahahahahaha.

Tentu bukan gue kalo nggak langsung kancheong buat nyoba lensa baru. Semalem akhirnya kita berdua pergi ke Lower Seletar Reservoir deket rumah. Niat abis bok…berangkatnya aja udah jam 9 malem, hahahahahahahaha. Asli itu reservoir gelapnya banget-banget deh. Tapi untung di tamannya banyak lampu, walopun remang-remang. Udah gitu, SN niat bener mo moto pake FILM!!! hahahahahahah.

Ini salah satu hasil foto semalem

Semua foto gue ambil pake manual setting. Yang paling atas, correct exposure pake auto white balance, Iso di set di Lo1. Hasilnya…agak kebiruan. Di foto kedua dan ketiga, gue coba adjust white balancenya ke 6000-7000 kelvin. Hasilnya mendingan. Gue lebih suka yang kedua dan ketiga daripada yang pake auto WB.

Kalo yang ini, gue set di 11mm f/9 white balance di sekitar 6000an & bulb mode 60 detik *mana gak punya remote shutter release, jadilah 60 detik megangin shutter macem orang bodoh ditengah jalan, hahahahahha*

One thing I love the most from this lens is the SUNSTARS! Beberapa orang nggak suka sama lens flare dan sunstars. Tapi kalo gue malah demen banget. Abis cakep gitu efek bintang-bintang yang muncul dari lampu/cahaya, hihihihihihi.

Dari hasil motret semalem, gue berkesimpulan *sementara* buat long exposure si Tokina ini masih kalah sama kit lens 18-105nya Nikon. Nggak yakin juga sih. Soalnya kemaren masih trial & error. Gue juga masih cari-cari settingan yang bener buat lensa sama kameranya.Β Weekend ini gue mo coba pake buat motret di golden hours & daylight. Semoga sih gak ujan ya. Kalo ujan ya bataaaaaal :D.

Oh, baidewei, gue mo ngenalin photoblog kita. Photoblog ini isinya foto-foto hasil jepretan gue & SN. Kalo dari blog ini, bisa klik foto yang ada di sidebar kanan…ntar langsung masuk ke photoblognya.Β Baru sekitar selusinan foto yang gue upload sih. Silahkan berkunjung ya. Kritik & saran juga diterima. Tapi jangan sadis-sadis ya gan…. :P.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

22 comments

    • erlia e.r.l.i.a
    • erlia e.r.l.i.a
    • erlia e.r.l.i.a
    • erlia e.r.l.i.a
    • erlia e.r.l.i.a
  1. ita
    • erlia e.r.l.i.a
  2. motauajedehih
    • erlia e.r.l.i.a
    • erlia e.r.l.i.a
    • erlia e.r.l.i.a
    • erlia e.r.l.i.a

Trackback e pingback

No trackback or pingback available for this article

Leave a comment :)

%d bloggers like this: