Menaklukan si Ayam Kodok!

Hat-trick…3 post dalam sehari. Mumpung lagi mood nulis, gyahahahahahha.

Kali ini gue mau PAMER! Gue.Bisa.Bikin.Ayam.Kodok! *smug*.

Setelah lebaran kemaren sukses bikin rendang, kali ini gue nyoba bikin ayam kodok. Proyek nekat sih sebenernya masak ayam kodok ini. Dari cara buatnya aja gue udah merinding disko ngebayangin musti ngebugilin ayam utuh. Tapi di satu sisi gue ngerasa tertantang, bugilin SN segede gitu aja gue bisa, masa bugilin ayam doang gue gak bisa?! *dilempar brutu sama SN*

Masalah utama dalam membuat ayam kodok ini adalah KITA berdua sama-sama nggak pernah makan ayam kodok! Gue gak terlalu suka rolade, daging gulung, galantine dan sejenisnya. Aneh aja rasanya menurut gue sih. Tapi ngeliat bahan-bahannya sih harusnya gue doyan yah…jadi ya sudah, gue bertekad menaklukan si ayam kodok biarpun gak tau rasa ayam kodok yang sebenernya tuh kayak gimana, hihihihihihi.

Oh, iya…ayam kodok ini bukan ayam campur kodok loh. Tapi ayam yang dikeluarin semua isinya sampe tinggal kulitnya doang, trus diisi lagi sama cincangan daging ayam, sapi, roti & bahan lainnya sampe gendut lagi. Nah, setelah ujung-ujungnya dijahit bentuk ayam isi ini jadi mirip kodok…makanya dinamain ayam kodok, hihihihihihihi. Eh, bener begitu bukan sih??? Anggep aja bener yah…gyahahahahahhaha.

So, acara pertama adalah belanja bahan-bahannya. Boooook, abis $40 aja dong buat bikin ayam kodok 1 ekor!!! SN sampe manyun pas tau belanjaan gue abis segitu, hahahahhaha. Trus kemaren kan disini masih libur, jadi gue bangun jam setengah 9 pagi dan langsung ngebugilin SN ayam. Sebenernya sih gak terlalu susah bugilinnya. Yang susah justru ngelepasin lemak ayam yang banyaknya gak ketulungan. Padahal gue udah pilih ayam yang kecil loh. Gimana gue pake ayam yang gede yah? Berasa lagi liposuction ayam kayaknya sih, hihihihihihi.

Usaha ngebugilin ayam berlangsung sukses dengan time lapse 1 jam!!! Gyahahahahahha. Mana pake acara sobek dikit kulit deket pantatnya. Jadilah itu ayam codet macem preman, hihihihihihi. Udah gitu, gue yang gak bisa jahit ini mendadak harus ngejahit pantat & leher ayam supaya isinya gak brecetan. Hasilnya….menyedihkan! Ya yang penting asal pantat & lehernya ketutup aja lah *tiap tujesan jarum gue terus-terusan minta maap sama si ayam yang pantatnya gue tusuk-tusuk & berharap nantinya dunia nggak dikuasai ayam yang punya menu favorit ‘manusia kodok’…-lah kok jadi horor?-*. Eh, ini kenapa jadi bahas pantat ayam sik????

Selesai ngisi ayam, sesuai resep, ayamnya gue kukus dengan alas aluminium foil. Begonya, itu foil lupa gue kasih mentega/minyak. Alhasil begitu mateng, foilnya nempel sama si ayam, hoahahahhaha. Jadi ya sudahlah, sefoil-foilnya akhirnya ikut masuk oven. Pun begitu keluar dari oven, si foil makin nempel dong sama si ayam. Akhirnya gue sobek-sobek pinggirnya dan sisa-sisa foilnya gue tutup pake garnish sayuran, hoahahahhahaha. Cerdas kan gue…

Rasanya? Sebenernya sih enak ya. Gurih-gurih gitu, trus pake saos dari kaldu ayam gitu. Tapi emang dasarnya gue gak terlalu demen, jadi ya makan sepotong aja udah mblenger sendiri. SN bilang enak tapi terlalu mblenger juga buat dia. Sampe akhirnya kita berdua nemu biang kerok yang bikin mblenger…LIVER PASTE!! Asli itu rasanya bikin enek. Kayaknya kalo gak pake itu malah lebih enak deh. Jadi…besok-besok kayaknya bakal ada ayam kodok 2.0 deh nih, hihihihihihihi.

Buat yang mau coba bikin ayam kodok, resepnya gue nyontek dari sini. Tapi abis dikukus ayamnya gue panggang bukan gue goreng kayak di resep. Tentunya dengan bahan olesan campuran kecap manis & butter supaya warnanya cakep *tsah*. Selamat berjuang ngebugilin ayam yaaaaaa :lol:.

Tags: , , ,

21 comments

Trackback e pingback

No trackback or pingback available for this article

Leave a comment :)

%d bloggers like this: