Menaklukan si Ayam Kodok!

Menaklukan si Ayam Kodok!

Hat-trick…3 post dalam sehari. Mumpung lagi mood nulis, gyahahahahahha.

Kali ini gue mau PAMER! Gue.Bisa.Bikin.Ayam.Kodok! *smug*.

Setelah lebaran kemaren sukses bikin rendang, kali ini gue nyoba bikin ayam kodok. Proyek nekat sih sebenernya masak ayam kodok ini. Dari cara buatnya aja gue udah merinding disko ngebayangin musti ngebugilin ayam utuh. Tapi di satu sisi gue ngerasa tertantang, bugilin SN segede gitu aja gue bisa, masa bugilin ayam doang gue gak bisa?! *dilempar brutu sama SN*

Masalah utama dalam membuat ayam kodok ini adalah KITA berdua sama-sama nggak pernah makan ayam kodok! Gue gak terlalu suka rolade, daging gulung, galantine dan sejenisnya. Aneh aja rasanya menurut gue sih. Tapi ngeliat bahan-bahannya sih harusnya gue doyan yah…jadi ya sudah, gue bertekad menaklukan si ayam kodok biarpun gak tau rasa ayam kodok yang sebenernya tuh kayak gimana, hihihihihihi.

Oh, iya…ayam kodok ini bukan ayam campur kodok loh. Tapi ayam yang dikeluarin semua isinya sampe tinggal kulitnya doang, trus diisi lagi sama cincangan daging ayam, sapi, roti & bahan lainnya sampe gendut lagi. Nah, setelah ujung-ujungnya dijahit bentuk ayam isi ini jadi mirip kodok…makanya dinamain ayam kodok, hihihihihihihi. Eh, bener begitu bukan sih??? Anggep aja bener yah…gyahahahahahhaha.

So, acara pertama adalah belanja bahan-bahannya. Boooook, abis $40 aja dong buat bikin ayam kodok 1 ekor!!! SN sampe manyun pas tau belanjaan gue abis segitu, hahahahhaha. Trus kemaren kan disini masih libur, jadi gue bangun jam setengah 9 pagi dan langsung ngebugilin SN ayam. Sebenernya sih gak terlalu susah bugilinnya. Yang susah justru ngelepasin lemak ayam yang banyaknya gak ketulungan. Padahal gue udah pilih ayam yang kecil loh. Gimana gue pake ayam yang gede yah? Berasa lagi liposuction ayam kayaknya sih, hihihihihihi.

Usaha ngebugilin ayam berlangsung sukses dengan time lapse 1 jam!!! Gyahahahahahha. Mana pake acara sobek dikit kulit deket pantatnya. Jadilah itu ayam codet macem preman, hihihihihihi. Udah gitu, gue yang gak bisa jahit ini mendadak harus ngejahit pantat & leher ayam supaya isinya gak brecetan. Hasilnya….menyedihkan! Ya yang penting asal pantat & lehernya ketutup aja lah *tiap tujesan jarum gue terus-terusan minta maap sama si ayam yang pantatnya gue tusuk-tusuk & berharap nantinya dunia nggak dikuasai ayam yang punya menu favorit ‘manusia kodok’…-lah kok jadi horor?-*. Eh, ini kenapa jadi bahas pantat ayam sik????

Selesai ngisi ayam, sesuai resep, ayamnya gue kukus dengan alas aluminium foil. Begonya, itu foil lupa gue kasih mentega/minyak. Alhasil begitu mateng, foilnya nempel sama si ayam, hoahahahhaha. Jadi ya sudahlah, sefoil-foilnya akhirnya ikut masuk oven. Pun begitu keluar dari oven, si foil makin nempel dong sama si ayam. Akhirnya gue sobek-sobek pinggirnya dan sisa-sisa foilnya gue tutup pake garnish sayuran, hoahahahhahaha. Cerdas kan gue…

Rasanya? Sebenernya sih enak ya. Gurih-gurih gitu, trus pake saos dari kaldu ayam gitu. Tapi emang dasarnya gue gak terlalu demen, jadi ya makan sepotong aja udah mblenger sendiri. SN bilang enak tapi terlalu mblenger juga buat dia. Sampe akhirnya kita berdua nemu biang kerok yang bikin mblenger…LIVER PASTE!! Asli itu rasanya bikin enek. Kayaknya kalo gak pake itu malah lebih enak deh. Jadi…besok-besok kayaknya bakal ada ayam kodok 2.0 deh nih, hihihihihihihi.

Buat yang mau coba bikin ayam kodok, resepnya gue nyontek dari sini. Tapi abis dikukus ayamnya gue panggang bukan gue goreng kayak di resep. Tentunya dengan bahan olesan campuran kecap manis & butter supaya warnanya cakep *tsah*. Selamat berjuang ngebugilin ayam yaaaaaa :lol:.

About erlia

Page with Comments

  1. i looooveeee ayam kodok! hehehe.
    di keluarga nyokap gua, kalo ada acara ngumpul2, ayam kodok adalah menu wajib. šŸ˜€ tapi kayaknya emang gak pake liver paste deh..

    sejak disini, gua sampe ngidam2. akhirnya esther pun belajar bikin. hihihi.
    luckily, di youtube ada lho video nunjukkin cara ngelupasin kulit ayam! thanks to technology ya! hahaha.

    dan biar gak kegedean (biar lebih gampang juga), biasa esther pake cornish hen kalo bikin ayam kodok. jadi ayam kecil gitu.

    1. hooo…iya man, gue nemu resepnya ada 2 versi. Pake liver paste & gak pake. Laen kali kalo NIAT *pake kepslok* bikin lagi, gue ilangin deh liver paste-nya. Gue juga liat cara bugilin ayamnya dari youtube, hahahahahahha. kalo nggak mah beneran ga ada ide gue gimana caranya šŸ˜€

  2. Komentar gue masih sama kayak di twitter:

    SPEKTAKULER!

    Hahaha… Gila canggih banget lo bisa bikin ayam kodok. Gue blom pernah makan sih tapi gue tau bikinnya nyusahin.

  3. dari fotonya sih menyakinkan. enak nampaknya. tapi belom pernah nyobain ayam kodok…heeemm…jangan lupa mampir ke blog eke kalow gitu…hihihihi

  4. Canggiiiiiiih, lo bisa ngelepas kulit dengan sedikit robekan. Ayam kodek gue dulu jaitannya dimana-mana. Tp ayam Indonesia lemaknya ga byk sih, jd ga susah bersihinnya.

    Ini ayam kodok kalo buat gue sih banyakan rempongnya daripada enaknya. Kapok gue bikinnya. Kappooookkk.

  5. ko gw jadi kepikiran kalkun thanksgiving ya? cara bikinnya mirip kan ya?
    eniwei..klo di buku resep biasa ada kategori tingkat kesulitan, ini pasti kategori sulit sekali. dan lu sukses bikin . salut euy

    1. gue gak pernah makan kalkun thanksgiving…jadi nggak tau bikinnya mirip apa nggak, hihihihihihihi.

      ah, lu juga pasti bisa lah bikin. kayaknya mah orang mikir susah karena bayangin musti ngulitin ayamnya deh, hahahahahahahah

  6. “Tapi di satu sisi gue ngerasa tertantang, bugilin SN segede gitu aja gue bisa, masa bugilin ayam doang gue gak bisa?! *dilempar brutu sama SN*”

    >> mamaaaaa…. tante erlia postingannya jorooooook…. *lari sambil nangis*…. hahahaha…..

Comments are closed.

%d bloggers like this: