One Man's Trash is Another Man's Treasure

Si Ujank

“Halo, gue Ujank…pake ‘k’, bukan ‘g’.” “Kok gitu?” “Iyah…biar IMUT!” *dikeroyok orang sekelas*

Entah berapa taon gue konsisten memperkenalkan diri gue sebagai UJANK…pake ‘k’, bukan ‘g’. Bukannya nggak ngehargain nama yang dikasih orang tua gue. Tapi karena selalu sia-sia gue ngenalin diri pake nama bener gue pas jaman SMP-Kuliah. Gimana gak sia-sia kalo baru sedetik gue ngenalin diri pake nama bener gue, tiba-tiba temen gue nyeletuk… “Halah, Erlia…UJANK!!!!” daaaaan, somehow yah, nama Ujank itu lebih nempel diotak mereka daripada Erlia *mojok… ngais-ngais tanah* *nemu cacing… hap, dimakan*

Jadilah gue selalu dipanggil Ujank, pake ‘k’, bu… *plaaak* #ditampar. Iya, intinya, gue dipanggil Ujank dari SMP sampe Kuliah. Dan temen-temen gue yang dulunya manggil Ujank, tetep setia dooonk manggil Ujank sampe sekarang, hihihihihi. Nggak kok, gue nggak keberatan dipanggil Ujank. Cuma kadang capek njelasin kenapa gue bisa dipanggil ujank.

Let this pic speaks for itself…


Foto pas kelas 6 SD

Jadi, jaman dulu itu gue tomboy abis gayanya. Bahkan pas SD, jamannya temen-temen gue pada numbuh tetek, guru kesenian gue (cewek) suka iseng megang dada gue sambil nanya, “Kamu nih cewek apa cowok sih? kok ga ada teteknya?” -__-“. Pas masuk SMP, disurat penerimaan siswa barunya ditulis ‘SELAMAT, PUTRA BAPAK/IBU DITERIMA DISEKOLAH KAMI’, lengkap sama foto gue disitu. Ngoook!

Panggilan Ujank sendiri baru muncul pas gue kelas 1 SMP. Biang keladinya nggak lain adalah guru olahraga gue, Pak Eli. Ofkors ada sebabnya dia manggil gue Ujank. Beberapa hari sebelomnya gue ditantang kakak kelas gue anak kelas 3 buat adu pendek-pendekan rambut dan nantangin juga buat nge-skin bagian samping rambut. Lah gue yang emang biasa rambut pendek dengan senang hati nerima tantangan dia. Jadilah gue ke salon & bilang sama tante yang motongin rambut, “Tante, aku mau potong cepak abis, trus sampingnya di skin!”. Dan saat itu juga semua mata kapsternya beralih ke gue. Honestly, gue ga tau model skin samping itu kayak gimana. Pikir gue mah paling ditipisin gitu. Ternyataaaa…beneran nyaris botak bok! Jadi rambut gue macem jamur ngegantung sekitar 3cm diatas kuping, dan sisanya nyaris botak. Gue sih pede jaya aja waktu itu, walopun emak bapak gue lumayan shock liat rambut anak cewek semata wayangnya macem abis digaruk satpol pp gitu, hhiihiihihihi.

Begitu hari senin, weiiitz…rambut kakak kelas gue kalah pendek sama gue. Kerenan rambut gue deh. Skin samping, plus belah pantat… *yaoloooo, kemanaaa urat malu gue waktu ituuuh??!!*

Ternyata, gak cuma emak bapak gue yang shock. Guru-guru gue pun lumayan kaget liat rambut gue. Guru biologi gue malah terang-terangan ngedamprat gue dikelas karena potongan rambut gue dianggepnya kelewatan, hahahahahaah. Pas pelajaran olahraga, guru gue tiba-tiba nyeletuk kalo gue kayak ujang-ujang *secara dia orang Sunda yeeee*. Jadilah sejak hari itu dia selalu manggil gue Ujank dan temen-temen gue pun semua nge-beo ikut manggil Ujank.

Awalnya gue sebel banget dipanggil Ujank. Kampung banget gitu kesannya, plus kayak manggil abang-abang. Emangnya eike cewek apaaaaaan??!!! *melengos*. Tapi lama-lama gue terbiasa juga sama panggilan Ujank & bahkan ngerasa nyaman dengan panggilan Ujank. Tinggal deh emak bapak plus si mbak dirumah yang kebingungan bolak-balik terima telpon orang yang nyariin UJANK, gyahahhaha. Akhirnya lama-lama sih mereka terbiasa juga tuh. Temen-temen deket gue juga cuek aja manggil gue Ujank kalo ngomong sama emak bapak gue, hihihihi.

Saking lekatnya panggilan Ujank ini, sebagian besar temen gue malah ga inget nama asli gue. Pernah temen SMP gue maen ke SMA gue dan nyariin gue pake nama asli gue…gak ada yang kenal donk!! Ngehek banget dah temen-temen gue, hahahhah. Sampe akhirnya temen gue itu nyebut Ujank, baru deh pada ngeh *nyebur ke kuali Bu Abu*.

Pas kuliah malah lebih konyol lagi. Ada temen gue namanya Friska. Kita nih udah beberapa semester selalu bareng kelasnya. Sering ngobrol, nongkrong & belajar bareng *minta diajarin dia sih tepatnya*. Anak Studi Pembangunan itu seangkatan cuma 60-an orang. Harusnya kan gampang yah ngingetnya. Lah yang rajin masuk juga orangnya itu-itu aja. Suatu hari, gue lupa mata kuliah apa, gue, Emma & Friska duduk berjejer. Nggak lama gue nerima daftar absen. Abis gue paraf, gue kasihin ke Emma, trus lanjut ke Friska. Tiba-tiba dia nengok ke arah gue & Emma sambil megangin absen dan ngomong sambil nunjuk nama gue, “Eh, kalian berdua ada yang tau dia nih yang mana sih anaknya? Gue sering liat namanya diabsen dan selalu dia paraf. Kok gue gak pernah tau anaknya yah??”. Whaaat??!!! Otomatis gue sama Emma liat-liatan trus balik ngeliatin si Friska. Si Emma sampe nanya “Fris, lu nanya bercanda apa serius sih?”. Dan ternyata dia SERIUS bok, gyahhahaha. Mampus mati ketawa lah gue sama si Emma. Abis itu si Emma baru bilang, “Keterlaluan lu Fris! Berapa semester lu sekelas sama kita coba? Itu kan nama aslinya si UJANK!!!” dan dia ngakak sampe puas sementara si Friska maap-maap sama gue sambil cekikikan sendiri. Kamfret. Sampe sekarang pun dia suka geli sendiri kalo inget kejadian itu.

Gue baru rada bebas make nama asli gue pas kerja. Apalagi pas gue pindah ke SG, secara gak ada yang bakal teriak Ujank pas gue ngenalin nama asli gue, hahahhaha. Tapi temen-temen lama gue sih ya teteuuuup manggil gue Ujank dan gue tetep suka sama panggilan ‘Ujank’ πŸ˜€

Kalo elo? Apa panggilan lo yang paling nempel?



36 thoughts on “Si Ujank”

  • maw2 – nama asli gw kan rahma.. hehehe.. tp gw jg seneng2 aja dpt nick name ini.. kl keluarga ama temen jam sd-smp sih msh manggil nya rahma… tapiii… temen dr SMA, kuliah, ampe masa2 kerja (yg hrs nya nih nama ud pensiun) tetep kekeuh manggil maw2 tuuh… abis gw org nya emang mau-mau aja sih… hahahaha… ;p

  • ITU emang tomboy abis fotonyaaaaa… hihi *pukpuk ujank* padahal cantik gitu> gw sih panggilannya normal… kecuali SD dipanggil raksasa dan babon gegara bongsor.. sumpah masih nempel di kepala.. padahal aku cantik. hihi

  • huahaha itu potonya… emang cocok dipanggil ujank… πŸ˜›

    btw gua punya pengalaman mirip soal rambut. gua juga samping ama belakangnya gunting nya tinggi banget dan diskin. bagian depannya sih tetep belah tengah. πŸ˜›
    eh keliatan guru agama yang super rese, dia bilagn katanya rambut gua kok begitu. trus diaduin ke wali kelas dan akhirnya gua dipanggil wali kelas suruh benerin rambutnya. lha gimana mau dibenerin coba. akhirnya gua plontosin.

    dipikir2 kok gua dulu mau2nya ya nurutin itu guru. apa urusan dia coba rambut gua mau kayak apa ya… emang guru dulu suka rese2!

  • ah, gw boleh nggak ikutan manggil Ujank… soalnya kalo nulis situkangnyampah kepanjangan… hihihi… ^_^

    kalo gw panggilan smpe skrg “picin”… dari jaman kuliah…
    gara2 suka nyendokin kuah mie yg banyak “micinnya” hhehehe

  • wakakakakak, pantesan aja dipanggil ujank, potonya laki bener ya bok.
    SD-SMP gw juga tomboy, rambut sih gak sampe cepak, tapi yang pasti ga pernah ada sejarahnya saat itu rambut gw sampe sebahu, pas kuliah baru manjangin rambut dan berhasil nyentuh bahu. waktu tomboy gw masih kliatan sisi ceweknya bok. mungkin karena eike udah punya payudara yee *ditimpuk muffin sama ujank* πŸ˜†
    panggilan gw dari SD-SMP cipet*jangan tanya artinya apa* gw sendiri ga tau artinya apa* SMA-sampai sekarang dipanggil nci, karena mata gw sipit kayak nci-nci cina >.<

  • Aduh, asli ya ni makan siang hampir gak kemakan gara-gara baca ini!! Ya ampuuunn itu fotonyaaaa!! Astagaa emang cocok deh dipanggil Ujank…hahahaha.. padahal sebenarnya manis gitu cuma tomboynya emang gak nahan πŸ˜†

    Dan itu kejadian di kampusnya tragis amat πŸ˜†

    Kalo aku sih dari dulu gak pernah dipanggil macam-macam. Ya sejak sekolah sampe kerja pun tetep aja dipanggil Allisa ato Krones…hihihi…gak seru yak? πŸ˜€

  • dulu waktu kecil dipanggilnya Pak Ogah karena gundul banget, sekarang udah enggak sih, walaupun kadang suka ada yang tanya sama ortu, mana Pak Ogah-nya? Dan pada kaget melihat saya yang secantik ini *kibas kerudung* *maaf nyampah*

  • MASYAOLOOOOWWWHH!!! Jadi nama asli lo tu Erlia ya??? Wanita banget loh itu. Manis bangetttt….
    Hihihihi^^ Gw bayangin dulu wkt lo masih kecil yg di skin samping & belah pantat gitu pasti lo gak kalah sama Leonardo pas di Titanic, atau model2 mandarin jaman dulu kala macem aaron kwok, hihihihi^^ Entah kenapa, dari dulu gw merasa cewek tomboy itu keren πŸ™‚

  • Wakakakak!!! Gw rasa nyokapbokaplu antara ga rela anak ceweny dipanggil ujank, tp terpaksa pasrah krn anakny potong rambut skinny. Gila klo sekarang pasti bakalan dsebut anak alay deh. Hihihihi…pisss…

  • hai2 kenalan donk… boleh ngga? boleh ya.. *maksa* *salaman* :p
    2-3bulanan yg lalu nyasar kesini trus keterusan jd silent reader abisnya selalu sukses bikin ngakak2 kalau baca postingan lo.
    btw gw juga dulu pernah dipotong cepak pas kelas 3 SMA gara2nya cowo gw *yg mana sekarang jadi laki gw* minta rambut gw dipotong dikit/dirapihin krn uda panjang sepunggung & awut2an tapi ga gw ladenin krn emang blm pengen potong aja. bbrp bulan kmdn pas gw uda bosen rambut panjang & pengen potong gw minta nyokap buat motong cepak rambut gw (tapi ga pake skin). nyokap sampai gemeteran motongnya & gw minta dipotong ulang sampai 2x krn kurang pendek. besokannya cowo gw shock gyahahaha.. pas agak panjangan dikit modelnya jadi mirip rambut aaron kwok jaman dulu & sukses bikin gw dipanggil “kwok”, bahkan nama gw di foto buku tahunan ditulis kwok *sigh* untungnya cuman bertahan kurang dr setahun panggilan kwok itu krn kuliahnya gw pindah kota.

  • ahihihi pantesan aja itu mah dipanggil ujank, klo yang liat fotonya aja tanpa baca cerita atau profil yang punya, pasti ngira cowok beneran πŸ˜€
    dulu pas SMP aku juga pernah potong rambut pendek, pas hari senin-nya masuk sekolah, gebetanku bilang, “Ti itu potong rambutnya dicetak pake baskom ya!” huaaa langsung hilang deh percaya diri, aku jawab “Enak aja ini potong di salon tau!” dia jawab lagi “Aaah paling juga bayarnya cuma lima ribu!” gg terima kan “Enak aja!” yang bener tuh tujuh ribu, lumayan kan dua ribu lebih mahal hhehhe.

    kalau julukanku bau kencur, gara-gara pas kelas satu smp usianya paling kecil, masih nempel sih sampe sekarang dikalangan temen2 SMP dan SMA.
    #komentar curcol πŸ˜€

  • Ngakak sampe begooo gue baca postingan ini bhahahahahahahahahahahahhahahaaaa kalo gue dulu jaman-jaman di asrama suka dipanggil ‘wim cycle’ kenafa? inget iklan sepeda win cycle? kan jargonnya…’HEEEBOOOOH!’ dan krn gue orangnya suka heboh ga ketulungan jadilah dipanggil wim cycle -___-

    • hahahahah, heeeeboooh-nya pake suara kambing pulak, hoahahahahahahah. tapi at least panggilannya nggak nempel lama kayak ‘ujank’ kan wor? hihihihihihi

Leave a comment :)


%d bloggers like this: