Si Ujank

“Halo, gue Ujank…pake ‘k’, bukan ‘g’.” “Kok gitu?” “Iyah…biar IMUT!” *dikeroyok orang sekelas*

Entah berapa taon gue konsisten memperkenalkan diri gue sebagai UJANK…pake ‘k’, bukan ‘g’. Bukannya nggak ngehargain nama yang dikasih orang tua gue. Tapi karena selalu sia-sia gue ngenalin diri pake nama bener gue pas jaman SMP-Kuliah. Gimana gak sia-sia kalo baru sedetik gue ngenalin diri pake nama bener gue, tiba-tiba temen gue nyeletuk… “Halah, Erlia…UJANK!!!!” daaaaan, somehow yah, nama Ujank itu lebih nempel diotak mereka daripada Erlia *mojok… ngais-ngais tanah* *nemu cacing… hap, dimakan*

Jadilah gue selalu dipanggil Ujank, pake ‘k’, bu… *plaaak* #ditampar. Iya, intinya, gue dipanggil Ujank dari SMP sampe Kuliah. Dan temen-temen gue yang dulunya manggil Ujank, tetep setia dooonk manggil Ujank sampe sekarang, hihihihihi. Nggak kok, gue nggak keberatan dipanggil Ujank. Cuma kadang capek njelasin kenapa gue bisa dipanggil ujank.

Let this pic speaks for itself…


Foto pas kelas 6 SD

Jadi, jaman dulu itu gue tomboy abis gayanya. Bahkan pas SD, jamannya temen-temen gue pada numbuh tetek, guru kesenian gue (cewek) suka iseng megang dada gue sambil nanya, “Kamu nih cewek apa cowok sih? kok ga ada teteknya?” -__-“. Pas masuk SMP, disurat penerimaan siswa barunya ditulis ‘SELAMAT, PUTRA BAPAK/IBU DITERIMA DISEKOLAH KAMI’, lengkap sama foto gue disitu. Ngoook!

Panggilan Ujank sendiri baru muncul pas gue kelas 1 SMP. Biang keladinya nggak lain adalah guru olahraga gue, Pak Eli. Ofkors ada sebabnya dia manggil gue Ujank. Beberapa hari sebelomnya gue ditantang kakak kelas gue anak kelas 3 buat adu pendek-pendekan rambut dan nantangin juga buat nge-skin bagian samping rambut. Lah gue yang emang biasa rambut pendek dengan senang hati nerima tantangan dia. Jadilah gue ke salon & bilang sama tante yang motongin rambut, “Tante, aku mau potong cepak abis, trus sampingnya di skin!”. Dan saat itu juga semua mata kapsternya beralih ke gue. Honestly, gue ga tau model skin samping itu kayak gimana. Pikir gue mah paling ditipisin gitu. Ternyataaaa…beneran nyaris botak bok! Jadi rambut gue macem jamur ngegantung sekitar 3cm diatas kuping, dan sisanya nyaris botak. Gue sih pede jaya aja waktu itu, walopun emak bapak gue lumayan shock liat rambut anak cewek semata wayangnya macem abis digaruk satpol pp gitu, hhiihiihihihi.

Begitu hari senin, weiiitz…rambut kakak kelas gue kalah pendek sama gue. Kerenan rambut gue deh. Skin samping, plus belah pantat… *yaoloooo, kemanaaa urat malu gue waktu ituuuh??!!*

Ternyata, gak cuma emak bapak gue yang shock. Guru-guru gue pun lumayan kaget liat rambut gue. Guru biologi gue malah terang-terangan ngedamprat gue dikelas karena potongan rambut gue dianggepnya kelewatan, hahahahahaah. Pas pelajaran olahraga, guru gue tiba-tiba nyeletuk kalo gue kayak ujang-ujang *secara dia orang Sunda yeeee*. Jadilah sejak hari itu dia selalu manggil gue Ujank dan temen-temen gue pun semua nge-beo ikut manggil Ujank.

Awalnya gue sebel banget dipanggil Ujank. Kampung banget gitu kesannya, plus kayak manggil abang-abang. Emangnya eike cewek apaaaaaan??!!! *melengos*. Tapi lama-lama gue terbiasa juga sama panggilan Ujank & bahkan ngerasa nyaman dengan panggilan Ujank. Tinggal deh emak bapak plus si mbak dirumah yang kebingungan bolak-balik terima telpon orang yang nyariin UJANK, gyahahhaha. Akhirnya lama-lama sih mereka terbiasa juga tuh. Temen-temen deket gue juga cuek aja manggil gue Ujank kalo ngomong sama emak bapak gue, hihihihi.

Saking lekatnya panggilan Ujank ini, sebagian besar temen gue malah ga inget nama asli gue. Pernah temen SMP gue maen ke SMA gue dan nyariin gue pake nama asli gue…gak ada yang kenal donk!! Ngehek banget dah temen-temen gue, hahahhah. Sampe akhirnya temen gue itu nyebut Ujank, baru deh pada ngeh *nyebur ke kuali Bu Abu*.

Pas kuliah malah lebih konyol lagi. Ada temen gue namanya Friska. Kita nih udah beberapa semester selalu bareng kelasnya. Sering ngobrol, nongkrong & belajar bareng *minta diajarin dia sih tepatnya*. Anak Studi Pembangunan itu seangkatan cuma 60-an orang. Harusnya kan gampang yah ngingetnya. Lah yang rajin masuk juga orangnya itu-itu aja. Suatu hari, gue lupa mata kuliah apa, gue, Emma & Friska duduk berjejer. Nggak lama gue nerima daftar absen. Abis gue paraf, gue kasihin ke Emma, trus lanjut ke Friska. Tiba-tiba dia nengok ke arah gue & Emma sambil megangin absen dan ngomong sambil nunjuk nama gue, “Eh, kalian berdua ada yang tau dia nih yang mana sih anaknya? Gue sering liat namanya diabsen dan selalu dia paraf. Kok gue gak pernah tau anaknya yah??”. Whaaat??!!! Otomatis gue sama Emma liat-liatan trus balik ngeliatin si Friska. Si Emma sampe nanya “Fris, lu nanya bercanda apa serius sih?”. Dan ternyata dia SERIUS bok, gyahhahaha. Mampus mati ketawa lah gue sama si Emma. Abis itu si Emma baru bilang, “Keterlaluan lu Fris! Berapa semester lu sekelas sama kita coba? Itu kan nama aslinya si UJANK!!!” dan dia ngakak sampe puas sementara si Friska maap-maap sama gue sambil cekikikan sendiri. Kamfret. Sampe sekarang pun dia suka geli sendiri kalo inget kejadian itu.

Gue baru rada bebas make nama asli gue pas kerja. Apalagi pas gue pindah ke SG, secara gak ada yang bakal teriak Ujank pas gue ngenalin nama asli gue, hahahhaha. Tapi temen-temen lama gue sih ya teteuuuup manggil gue Ujank dan gue tetep suka sama panggilan ‘Ujank’ πŸ˜€

Kalo elo? Apa panggilan lo yang paling nempel?

36 comments

  1. maw2
    • erlia situkangnyampah
  2. surya

Trackback e pingback

No trackback or pingback available for this article

Leave a comment :)

%d bloggers like this: