Boros!

Hayoh…siapa yang jari tangannya nggak rapet kalo didempetin?? Kata nyokap gue, itu tandanya elo boros :D. Dulu gue pernah protes, kenapa jari tangan gue rapet tapi kok gue boros. Dijawab dong sama nyokap gue, “situ mah jarinya rapet karena gendut! bukan dari sononya rapet”. Heyaaaaak…mom!!!! Tega! *manyun*.

Yah, terlepas dari jari gue gendud rapet ato ngga, gue lumayan parah kalo disuruh ngatur duit. Borosnya nggak nanggung-nanggung dah. Gue kebiasaan ngandelin nyokap gue buat ngatur duit gue selama gue sekolah, kuliah dan bahkan kerja. Tiap hari nyokap bakal naro duit di meja makan buat gue bawa sekolah/kerja. T-I-A-P H-A-R-I. Jadi kalo nyokap gue lupa naro duit di meja, ya udah, gue bisa aja tuh ngeloyor pergi ga bawa duit samsek, hahahahha. Lah waktu masih sekolah sih mending, berangkat dianter bokap. Biasanya pas nyampe sekolah bokap bakal nanya bawa duit jajan ato nggak. Jadi kalo gue lupa, tinggal bilang aja sama bokap, trus dikasih deh duit jajan yang tadinya ketinggalan dirumah. Nah pas kuliah, langganan dah gue lupa bawa duit. Soalnya kan berangkatnya gak tentu, kadang nyokap juga lupa nyiapin. Untung nyokap udah apal kelakuan gue. Jadi dia suka nyelip-nyelipin duit recehan di mobil gue. Lumayan lah kalo dikumpulin bisa buat bayar tol pp & makan di kampus, :D. Dan berapapun yang nyokap gue kasih ke gue hari itu, pasti abis sama gue. PASTI!

Sebenernya waktu gue ngekos, gue sempet disuruh ngatur duit sendiri. Terpaksa tepatnya. Ya namanya juga ngekos, siapa yang mo nyiapin duit tiap hari buat gue coba?? Jadilah gue dikasih 100 ribu seminggu + uang bensin 50 ribu. Kalo diitung-itung, ini cukup banget. Lah sehari gue makan paling abis 10rb (makan pagi-siang-malem loh, pake ayam pulak). Trus bensin 50 ribu itu dulu dapet 1,5 kali ngisi full tank, sementara rute gue cuma tempat kos – kampus. Yaaa…mentok plaza depok deh, hihihihihi. Tapi tetep aja dong, hari kamis gue udah ngantri di atm buat ngambil duit. Kemane aja larinya coba tuh duit!!! *liatin struk matahari & ramayana yang isinya cemilan semua :P*

Yang paling parah, menjelang taon terakhir kuliah, nyokap bokap gue pensiun. Dan mereka mutusin buat transfer semua keperluan kuliah gue sampe gue lulus ke rekening gue!!! Yiuuuuks… *pengsan*. Jadilah gue, anak kuliahan yang ga bisa ngatur duit dan selalu kebobolan di tengah minggu, tiba-tiba dikasih duit JRENG JUT-JUT-AN buat biaya kuliah + buku + kos sampe gue selesai kuliah (2 taon bok!) *mata langsung ijo*. Duit mingguan & ongkos tetep masih dikasih sama nyokap. Tapi allowance a.k.a duit jaga-jaga yang biasanya disediain di rekening gue, sekarang diapus. MATEEEEEK. Jadilah gue berhitung sampe bulu ketek pada rontok…berapa sebenernya yang gue butuhin buat bayar uang semesteran & kos *asumsi buku mah ntar pinjem/fotokopi ajah*, dan berapa sisa yang bisa gue korek buat nombokin duit jajan gue kalo ternyata nantinya kurang. Haiiiiiz…rempong ya nek!

Untung semua berjalan sesuai rencana. Dan pas gue lulus, duit di rekening gue tinggal sisa 20 ribu sajah sodara-sodara, nguhahahahahah. Waktu nyokap gue ngecek slip bayaran gue, dia langsung teriak “Ini uang semesteran total-total cuma setengah dari duit yang mama transfer! Kenapa sekarang tinggal sisa 20 ribu doang!!!!” *kabur ngumpetin sepatu nike presto, adidas banshee, roller-blade, kotak rotring, wkwkwkwkwk*.

Pas gue kerja, 2/3 gaji gue titipin ke nyokap. Setengah buat nabung, setengah buat keperluan gue sehari-hari. So, balik kayak jaman sekolah dulu dimana tiap hari nyokap gue naro duit di meja makan buat ongkos & jajan. Yang 1/3 di rekening gue? LUDES sebelom gajian bulan berikutnya, gyahhahahaahah. Gue juga sempet bingung, kenapa duit gue cepet amat abis yak, padahal gue jarang banget beli-beli barang loh. Setelah gue pikir-pikir, ternyata duit gue itu seringnya abis buat jajan. Iya, JAJAN. Beli starbucks lah, beli gorengan lah, beli teh botol sampe berkali-kali dalam sehari, beli chiki, taro, momogi… Boros abis deh gue pokoknya kalo sama jajan *gak heran badan melar macem babik ginih, gyahahahahah*.

Beda banget sama SN, yang dari jaman kuliah aja udah bisa ngatur duitnya dia. Gue tau duit jajannya dia berapa…dan takjub ngeliat dia masih bisa makan di dunkin, steak obonk, nonton. Malah kadang bisa bayarin gue loh…hihihihihi. *lah lu kagak liat itu label auditor nempel di jidatnya?*. Makanya pas akhirnya kita berdua nikah, gue bersyukur banget punya suami AUDITOR!!! Kalo kagak…siapa yang mo ngatur keuangan rumah tangga kitaaaaa??? *lebay dah*.

Kita berdua nggak kenal istilah uang gue atau uang elo. Kalo gajian emang tetep disimpen di rekening masing-masing, tapi ibarat kantong kanan-kiri aja. Kalo duit di rekening gue ludes, ya gue ambil dari rekening SN. Gitu juga sebaliknya. Pokoknya semua urusan keuangan rumah tangga itu SN yang atur. Pernah sekali gue sok nanya-nanya tagihan kartu kredit berapa, tabungan berapa, cicilan rumah berapa *kepo*. Begitu SN jelasin panjang lebar, gue langsung MIGREN!!! I’m quite good with numbers… tapi cuma buat itungin probabilita orang meninggal & cadangan pensiun doang kayaknya, not for accounts! wkwkwkwkwkwk *colek anak-anak aktuaria*.

Karena SN sadar bininya gak bisa megang duit, jadi tiap bulan dia bela-belain ngantri di Bank buat ambil duit 5 dolaran buat duit jajan gue. IYA…sampe udah nikah pun gue tetep pake sistem duit jajan! Gyahahahahaha. Dan biasanya SN cuma nyisain 100 dolar direkening gue buat jaga-jaga.

Aneh ya? Ini bukan karena SN pelit, tapi buat gue, ini cara terbaik buat nyelametin keuangan rumah tangga kita, hahahhaha. Seriusan deh, gue borosnya gak ketulungan kalo jajan. Gue ke kantor cuma perlu duit 5 dolar buat makan. Karena buat ongkos kan gue pake EZ Link auto top up dari kartu kredit gue. 5 dolar itu cukup banget buat gue makan siang, bahkan di kantor gue sekarang, bisa buat sarapan juga. Taaaapi…kalo gue dikasih 20 dolar, bakalan abis juga. Karena gue pasti JAJAN.

Kalo jalan-jalan ke Mall, SN ga bakalan takut gue kabur ke Zara, Metro, toko-toko apapun yang jual baju/sepatu/make-up. Karena gue emang gak terlalu demen liat barang-barang fashion. Beli cuma kalo emang butuh. Lah baju & sepatu gue sama SN aja banyakan SN…hahahahaha. Dia cuma takut kalo gue udah nyebut 2 kata… “LAPER” & “IKEA”, nguhahahahhahahaha. Mau secapek apapun dia, kalo gue udah nyebut IKEA, dia pasti bakal ngikut gue kesana. Kalo kagak, gue bisa membabi buta soalnya. Dan kalo laper, dia musti buru-buru ngajak gue makan. Kalo nggak, ya itu…gue bakal melipir sana-sini beli jajanan yang kalo diitung-itung bisa buat makan di resto! *dipelototin SN*.

Trus kenapa coba gue nulis-nulis beginian. Karenaaaaaaaa….mulai awal bulan ini, SN mutusin buat ngasih gue duit mingguan. Buat gue latihan ngatur duit supaya gak boros *keringet dingin, hihihihihi*. Hari Kamis & Jumat kemaren, gue sukses ngabisin 20 dolar *gak termasuk yang dibayarin SN dan gue bayar pake kartu kredit yah*. Trus kemaren gue megang 20 dolar di dompet dan hari ini tinggal sisa 2 dolar doang bok!!!. Gue bahkan ga inget itu kepake buat apaan aja. Hadeeeeeeeh…alamat ngorek celengan dah nih akhir minggu *lirik si gendud*.

Ada gak sih yang borosnya kayak gue? Yang gak tau itu duit larinya kemana, tau-tau abis aja dan nggak ada wujudnya?

Tags: , , , , , , ,

47 comments

    • erlia si.tukang.nyampah
    • erlia si.tukang.nyampah
    • erlia si.tukang.nyampah
    • erlia si.tukang.nyampah
    • erlia si.tukang.nyampah
    • erlia si.tukang.nyampah
    • erlia si.tukang.nyampah
  1. istrinyabayu

Trackback e pingback

No trackback or pingback available for this article

Leave a comment :)

%d bloggers like this: