One Man's Trash is Another Man's Treasure

Boros!

Hayoh…siapa yang jari tangannya nggak rapet kalo didempetin?? Kata nyokap gue, itu tandanya elo boros :D. Dulu gue pernah protes, kenapa jari tangan gue rapet tapi kok gue boros. Dijawab dong sama nyokap gue, “situ mah jarinya rapet karena gendut! bukan dari sononya rapet”. Heyaaaaak…mom!!!! Tega! *manyun*.

Yah, terlepas dari jari gue gendud rapet ato ngga, gue lumayan parah kalo disuruh ngatur duit. Borosnya nggak nanggung-nanggung dah. Gue kebiasaan ngandelin nyokap gue buat ngatur duit gue selama gue sekolah, kuliah dan bahkan kerja. Tiap hari nyokap bakal naro duit di meja makan buat gue bawa sekolah/kerja. T-I-A-P H-A-R-I. Jadi kalo nyokap gue lupa naro duit di meja, ya udah, gue bisa aja tuh ngeloyor pergi ga bawa duit samsek, hahahahha. Lah waktu masih sekolah sih mending, berangkat dianter bokap. Biasanya pas nyampe sekolah bokap bakal nanya bawa duit jajan ato nggak. Jadi kalo gue lupa, tinggal bilang aja sama bokap, trus dikasih deh duit jajan yang tadinya ketinggalan dirumah. Nah pas kuliah, langganan dah gue lupa bawa duit. Soalnya kan berangkatnya gak tentu, kadang nyokap juga lupa nyiapin. Untung nyokap udah apal kelakuan gue. Jadi dia suka nyelip-nyelipin duit recehan di mobil gue. Lumayan lah kalo dikumpulin bisa buat bayar tol pp & makan di kampus, :D. Dan berapapun yang nyokap gue kasih ke gue hari itu, pasti abis sama gue. PASTI!

Sebenernya waktu gue ngekos, gue sempet disuruh ngatur duit sendiri. Terpaksa tepatnya. Ya namanya juga ngekos, siapa yang mo nyiapin duit tiap hari buat gue coba?? Jadilah gue dikasih 100 ribu seminggu + uang bensin 50 ribu. Kalo diitung-itung, ini cukup banget. Lah sehari gue makan paling abis 10rb (makan pagi-siang-malem loh, pake ayam pulak). Trus bensin 50 ribu itu dulu dapet 1,5 kali ngisi full tank, sementara rute gue cuma tempat kos – kampus. Yaaa…mentok plaza depok deh, hihihihihi. Tapi tetep aja dong, hari kamis gue udah ngantri di atm buat ngambil duit. Kemane aja larinya coba tuh duit!!! *liatin struk matahari & ramayana yang isinya cemilan semua :P*

Yang paling parah, menjelang taon terakhir kuliah, nyokap bokap gue pensiun. Dan mereka mutusin buat transfer semua keperluan kuliah gue sampe gue lulus ke rekening gue!!! Yiuuuuks… *pengsan*. Jadilah gue, anak kuliahan yang ga bisa ngatur duit dan selalu kebobolan di tengah minggu, tiba-tiba dikasih duit JRENG JUT-JUT-AN buat biaya kuliah + buku + kos sampe gue selesai kuliah (2 taon bok!) *mata langsung ijo*. Duit mingguan & ongkos tetep masih dikasih sama nyokap. Tapi allowance a.k.a duit jaga-jaga yang biasanya disediain di rekening gue, sekarang diapus. MATEEEEEK. Jadilah gue berhitung sampe bulu ketek pada rontok…berapa sebenernya yang gue butuhin buat bayar uang semesteran & kos *asumsi buku mah ntar pinjem/fotokopi ajah*, dan berapa sisa yang bisa gue korek buat nombokin duit jajan gue kalo ternyata nantinya kurang. Haiiiiiz…rempong ya nek!

Untung semua berjalan sesuai rencana. Dan pas gue lulus, duit di rekening gue tinggal sisa 20 ribu sajah sodara-sodara, nguhahahahahah. Waktu nyokap gue ngecek slip bayaran gue, dia langsung teriak “Ini uang semesteran total-total cuma setengah dari duit yang mama transfer! Kenapa sekarang tinggal sisa 20 ribu doang!!!!” *kabur ngumpetin sepatu nike presto, adidas banshee, roller-blade, kotak rotring, wkwkwkwkwk*.

Pas gue kerja, 2/3 gaji gue titipin ke nyokap. Setengah buat nabung, setengah buat keperluan gue sehari-hari. So, balik kayak jaman sekolah dulu dimana tiap hari nyokap gue naro duit di meja makan buat ongkos & jajan. Yang 1/3 di rekening gue? LUDES sebelom gajian bulan berikutnya, gyahhahahaahah. Gue juga sempet bingung, kenapa duit gue cepet amat abis yak, padahal gue jarang banget beli-beli barang loh. Setelah gue pikir-pikir, ternyata duit gue itu seringnya abis buat jajan. Iya, JAJAN. Beli starbucks lah, beli gorengan lah, beli teh botol sampe berkali-kali dalam sehari, beli chiki, taro, momogi… Boros abis deh gue pokoknya kalo sama jajan *gak heran badan melar macem babik ginih, gyahahahahah*.

Beda banget sama SN, yang dari jaman kuliah aja udah bisa ngatur duitnya dia. Gue tau duit jajannya dia berapa…dan takjub ngeliat dia masih bisa makan di dunkin, steak obonk, nonton. Malah kadang bisa bayarin gue loh…hihihihihi. *lah lu kagak liat itu label auditor nempel di jidatnya?*. Makanya pas akhirnya kita berdua nikah, gue bersyukur banget punya suami AUDITOR!!! Kalo kagak…siapa yang mo ngatur keuangan rumah tangga kitaaaaa??? *lebay dah*.

Kita berdua nggak kenal istilah uang gue atau uang elo. Kalo gajian emang tetep disimpen di rekening masing-masing, tapi ibarat kantong kanan-kiri aja. Kalo duit di rekening gue ludes, ya gue ambil dari rekening SN. Gitu juga sebaliknya. Pokoknya semua urusan keuangan rumah tangga itu SN yang atur. Pernah sekali gue sok nanya-nanya tagihan kartu kredit berapa, tabungan berapa, cicilan rumah berapa *kepo*. Begitu SN jelasin panjang lebar, gue langsung MIGREN!!! I’m quite good with numbers… tapi cuma buat itungin probabilita orang meninggal & cadangan pensiun doang kayaknya, not for accounts! wkwkwkwkwkwk *colek anak-anak aktuaria*.

Karena SN sadar bininya gak bisa megang duit, jadi tiap bulan dia bela-belain ngantri di Bank buat ambil duit 5 dolaran buat duit jajan gue. IYA…sampe udah nikah pun gue tetep pake sistem duit jajan! Gyahahahahaha. Dan biasanya SN cuma nyisain 100 dolar direkening gue buat jaga-jaga.

Aneh ya? Ini bukan karena SN pelit, tapi buat gue, ini cara terbaik buat nyelametin keuangan rumah tangga kita, hahahhaha. Seriusan deh, gue borosnya gak ketulungan kalo jajan. Gue ke kantor cuma perlu duit 5 dolar buat makan. Karena buat ongkos kan gue pake EZ Link auto top up dari kartu kredit gue. 5 dolar itu cukup banget buat gue makan siang, bahkan di kantor gue sekarang, bisa buat sarapan juga. Taaaapi…kalo gue dikasih 20 dolar, bakalan abis juga. Karena gue pasti JAJAN.

Kalo jalan-jalan ke Mall, SN ga bakalan takut gue kabur ke Zara, Metro, toko-toko apapun yang jual baju/sepatu/make-up. Karena gue emang gak terlalu demen liat barang-barang fashion. Beli cuma kalo emang butuh. Lah baju & sepatu gue sama SN aja banyakan SN…hahahahaha. Dia cuma takut kalo gue udah nyebut 2 kata… “LAPER” & “IKEA”, nguhahahahhahahaha. Mau secapek apapun dia, kalo gue udah nyebut IKEA, dia pasti bakal ngikut gue kesana. Kalo kagak, gue bisa membabi buta soalnya. Dan kalo laper, dia musti buru-buru ngajak gue makan. Kalo nggak, ya itu…gue bakal melipir sana-sini beli jajanan yang kalo diitung-itung bisa buat makan di resto! *dipelototin SN*.

Trus kenapa coba gue nulis-nulis beginian. Karenaaaaaaaa….mulai awal bulan ini, SN mutusin buat ngasih gue duit mingguan. Buat gue latihan ngatur duit supaya gak boros *keringet dingin, hihihihihi*. Hari Kamis & Jumat kemaren, gue sukses ngabisin 20 dolar *gak termasuk yang dibayarin SN dan gue bayar pake kartu kredit yah*. Trus kemaren gue megang 20 dolar di dompet dan hari ini tinggal sisa 2 dolar doang bok!!!. Gue bahkan ga inget itu kepake buat apaan aja. Hadeeeeeeeh…alamat ngorek celengan dah nih akhir minggu *lirik si gendud*.

Ada gak sih yang borosnya kayak gue? Yang gak tau itu duit larinya kemana, tau-tau abis aja dan nggak ada wujudnya?



47 thoughts on “Boros!”

  • hampir mendekati πŸ˜€ Makanya aku ngga suka pergi-pergi. Soalnya pasti belanja, dan yg dibelanjain tuh kecil-kecil. Parahnya suamiku bukan AUDITOR, jadi kudu sayah sendiri yg memanage. so far sih udah mulai baikan, udah bisa punya tabungan dikiiit hahahaha

    EM

    • iya tuh, sampe kadang saya mikir, mending beli tas, baju, sepatu kali yah…at least kan keliatan wujudnya, daripada jajan doang. tapi saya gak suka belanja baraaaaaaaaang *okay, ikea itu PENGECUALIAN*, hoahahahahahaha.

  • Speechless…..Gw agak-agak gitu sih.. tapi ga separah itu.. hihi. coba ngatur duit.com deh.. jadi nyatet pengeluaran tiap hari.. gitu ngeluarin duit langsung dicatat.. kan dia ada versi mobilenya. Buat gw sih lumayan.. jadi tau duit kemana aja.

    • gue pernah coba kayak gitu, tapi manual sih…cuma bertahan 2-3 hari doang, hiihihihihihi. mungkin harus gue coba lagi!!!

  • Eh bener loh, jari tangan saya gak rapet, dan saya memang suka sulit nahan nafsu belanja. πŸ˜› Selain itu juga saya Pisces, dan zodiak itu memang katanya boros. πŸ˜€

  • Hehehe….mirip-mirip sih.
    Ayahnya Alin lebih bisa hemat-hemat dibandingin bundanya :p

    Setiap bulan padahal sudah dibikin anggaran tapi tetap aja jadi kacau, apalagi kalau sudah ke toko buku, bisa kalap banget.

    Tapi memang setelah berkeluarga, mesti dipaksakan nabung yang “kegembok”, seperti buka rekening tabungan berjangka, investasi pendidikan buat Alin, investasi di saham. Harus digembok soalnya “ngga aman” kalau cuma di rekening tabungan mah hehehehe… *parah.com*

  • Gue bacanya berkaca2 deh.. *lebay*, gilaak akhirnya gue nemu cewe yang ga megang keuangan keluargaa!! *peluk situkangnyampah* TOS pantat dulu ah.

    eh btw jari ga rapet tuh maksutnya gimana sih? gue kalo ngerapetin jari atasnya sih rapet tapi dibagian bawah (yang deket telapak tangan) ada rongga kecil2? itu rapet ato kagak sih bok?

  • hmm ak sih termasuk yang gg boros tapi uang gg pernah nyisa #lah it boros ya, tapi ak beli sesuatu kalo emang bener2 butuh, kecuali buku sih baru deh itu boros banget, klo gg sering nampar pipi uang bulanan bisa ludes sehari di toko buku πŸ˜€

    klo sekarang ak belajar ngatur keuangan, diawal bulan nulis kebutuhan sekaligus biayanya, uangnya diamplopin, tulisan itu disimpen ditempat yang keliatan tapi belum berhasil hhehhe harus jadi kebiasaan dulu ya πŸ˜›

    cara lain cuma bawa uang gg 20ribu sehari didompet #tapi tetep ada pikiran ah dirumah masih ada dilemari hehehehe

    jodoh tuh tante ama om SN πŸ˜€ saling melengkapi cieeee πŸ™‚ semoga sukses tantangan dari om SN-nya πŸ˜€

    #komentar curhat hhehhe

    • kalo gue sih paling bener ya pake cara ‘5 dolar sehari’. masalahnya atm kan ga bisa ambil segitu, minimal 20 dole….jadiiiiiiiiiii….ya gitu deeeeeeeee *lirik dompet* πŸ˜›

  • eh cowo sekaligus calon suami gw juga auditor loh! hihihihi. Moga2 nanti dia juga bersedia ngatur2 uang in general πŸ˜€ *gamaupusing

    kalo diliat2 emang lo boros juga ya? trus bingung gitu duitnya kemana. Kalo gw si ada musimnya biasanya, kalo lagi boros biasanya boros banget, tp kl lagi irit ya irit bener hehe. sekedar saran, gimana kalo lo pisah2in duit cash yg di tangan lo, jadi paling ga butuh ekstra effort buat ambil duitnya. siapa tau ditengah kerepotan usaha ngambil duit nya lo tiba2 sadar n gajadi kalap hehehe

    • iyaaaa…mangkanya gue lebih seneng kalo bawa duitnya dikit aja, jadi pas mo jajan nggak ada duit…ga jadi jajan, hihihihihihi

  • baru ngeliat, ternyata jari gua gak rapet. pantesan gua boros ya. hahaha.

    iya lho gua juga heran kenapa ya gua boros banget…
    tapi ya kudu maksain harus nabung sih walaupun minim. hahaha.

  • eh nambah lagi komennya…

    biasanya penyemangat boros gua itu adalah dengan berpikir: duh gua udah kerja cape2, masa sih gua gak boleh beli ini itu demi menyenangkan diri sendiri? πŸ˜€

  • Jari gue juga rapet, tapi borosnya nauzubileh. borosnya jajanan, buku sama sepatu. kalo hari jumat, udah pasti ngantri atm buat ngambil duit jajan sabtu dan minggu, dan Alhamdulillah ya, kalo soal boros jajanan dan belanja buku bisa kompakan sama suami. Jadi, ga pernah takut disinisin kalo jajannya kebanyakan, tapi kalo ngurus keuangan teteup gue yang pegang kendali. suami gue terlalu malas untuk berpusing-pusing ria. πŸ˜€

  • hahaha…. klo aku sih bisa menyesuaikan dgn keadaan, giliran ada duit bisa boros, giliran nggak ada ya hemat… *lah ini mah sama aja sama lo* hahahaa….

    ya akhirnya emang ngebatasin jalan2, untungnya rute harian cuma sekolah anak – rumah – klinik… nggak sempet ke tempat laen yg ada jajanannya … hehehe…

    tapi emang kudu latihan yah… semangaaat.. πŸ˜€

    • hahahaha…iye itu mah sama aja ma gue :). hari ini gue bawa 10 dolar, sampe rumah tinggal 2 dolar!! *jedutin kepala ke tembok*

  • ini tulisan bikin gue ngaca banget. gue boros dan sayangnya suami gue juga boross… apalagi suami gue tipe orang ga tegaan, kalau gue tipenya miss traktir. Maunya traktir sana sini, tapi belakangan gue sadar ketika tabungan tipiss.

    • nah tuh yang kayak gini yang repot yah…2-2nya boros, hahahahhaha. Dulu waktu di Jakarta juga kita berdua lumayan boros. sindrom baru kerja, pegang duit, nggak ada tanggungan kali ye. Sekarang sih SN mulai balik aura auditornya…gyahahahahhaha

  • Selamet yaaaaaa udah naik tingkat dari uang harian ke uang mingguan. Sesuatu banget itu.

    Gue pun kalo Mikko jelasin ttg keuangan keluarga langsung migren dan semenit kemudian udah lupa lagi. Asli semua urusan bayar kontrakan, listrik, asuransi, dana mudik, dll-nya Mikko semua yg ngerjain, gue tinggal tau beres. Segala macem maternity allowance yg gue dapet biasanya abis sbln tengah bulan, ga jelas jg buat apaan. Abis itu kalo belanja selalu sama Mikko biar doi yg bayar, atau merengek2 minta ditransfer-in.

    Selama ini sih ga ada masalah, dalam artian keluarga ini blm bangkrut dan suami juga gak protes. Tp asli gue suka kepikiran…kalo…kalo nih ya…ada apa2 sama suami dan gue tertinggal harus ngurus semuanya sendiran…asli gue gak tau harus mulai darimana. Lo sering mikir gitu jgua ga sih?

    Udah niaaaaat banget mau belajar soal keuangan keluarga…niat doang…action kagak ada

    • hoahahah…kayak naek kelas aja. gue juga pernah mikir kayak lo rik *amit-amit knock the wood sih ya….*. makanya kayaknya musti belajar dari sekarang deh

  • Saya jarinya bisa rapat, tapi tetep aja *dulunya sebelum tobat* boros…hihihi…

    Tapi setelah punya anak, mau gak mau sih musti bisa mengendalikan keuangan kalo gak mau tar kelimpungan bayarin sekolah anak. Nah, supaya duit tabungannya aman, saya milih investasi LM deh, supaya kalo mo dicairin mikir seribu kali πŸ˜†

  • Huahahaha… pertama kali baca gue mikir “salah tuh, jari gue rapet!”- Eh diliat2 lagi ternyata ga. Pantesssss

    Untung gue kawin ama Bayu, hidupku menjadi terarah [ceileh, kompas kaliiii]. Tabungan selama kerja di SG aja bikin tutup muka. Untung ga pernah ditanya. hihihi

  • gue !!! *angkat tangan*

    pernah pake cara ngitungin keluar duit buat apa aja, ya kagak ngefek. emang keluar aja tuh duit, buat jajan. hahahaha…

    dari kuliah sih jadinya minta di’jatah’ sama nyokap duit mingguan, soalnya sebelom kuliah modelnya ‘kalo abis, minta’ gak nabung lah hay. xD mayan nolong itu jatah mingguan ci, beneran deh. hahaha..

    akhirnya ampe sekarang juga ngejatahin diri mingguan. ampe bela2in buka rekening 2 biji, kalo ga, bisa abis mulu. hahaha..

  • Haleluyah… akhirnya daku tak sendiri hehhe.. salam kenal bu..
    daku paling gak bisa nahan napsu belanja. parahhhh banget… kalopun bawa uang seperlunya tetep inget ada kartu debit. kartu debit ketinggalan bisa pinjem temen kantor dulu toh kan di rumah masih ada simpenan. beeehh

    suami? sama aja… dan dia pelupa banget orangnya. jujur aja ya sering gw colongin duitnya dia gak tau loh hahahhaha…. piss suamikuh…

    yah bagaimanapun akhirnya mengatur keuangan keluarga adalah gw karena suami pelupa. jadi ingetin bayar uang sekolah, listrik, air, bermacam tagihan sampe setor tabungan anak, adalah tugas gw yang ingetin: mas ini udah jatuh tempo…

    nah bagaimana dengan jatah belanja? ummm seringnya sih setiap bulan gw tombok huhuhuhu bukan karena gak cukup tapi karena niat beli sabun cuci piring seharga 5rebu perak pulang-pulang bawa belanjaan seharga 250rb, selalu begitu, apa aja dibeli, dan gak berani bilang suami kalo jatah bulanan udah abis di tanggal 15, akibatnya yaaaa ambil gaji sendiri deh…hiks… *komen apa curhat ya?* hohohoho

    • hahahahahaha. untungnya sih gue nggak sampe minjem kartu temen. bisa dikeplak laki gue, aiahahahah. kalo groceries sih gue nggak terlalu boros yah. soalnya biasa beli sekaligus yang ukuran gede jadi udah keburu males beli-beli yang laen, mikirin bawa baliknya aja udah repot, hihihihihi.

Leave a comment :)


%d bloggers like this: