One Man's Trash is Another Man's Treasure

Ikutan Lebaran

Pertama…

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432H buat semua temen-temen yang ngerayain yaaaaaaaa… *ketjup satu-satu*

Kedua…kita disini juga nggak mau kalah dong. Walaupun gue, SN dan temen-temen kumpul kita disini nggak ada yang muslim, kita ikutan lebaranan, hahahahahaha. Sebenernya ide awalnya sih makan-makan ulang taonnya SN. Tadinya mo diadain tanggal 27, tapi berhubung tanggal 28nya SN ada race, jadinya udah aja sekalian dibikin tanggal 30. Pas kebeneran anggota rombongan sirkus ga ada yang mudik :D.

Menu awalnya sebenernya mau masak chinese food aja, eh tapi ga seru amat kayaknya orang-orang makan ketupat kita makan chinese food *ngiri’an banget sih gue, hihihihi*. Masalahnya, gue nggak pernah bikin ketupat sama temen-temennya bok! Taon lalu sih gue masak sambel goreng ati sama rendang, tapi 2-2nya pake bumbu instant Munik, aiahahahahahahahahahah.

Akhirnya 2 minggu yang lalu, gue nyoba bikin rendang. Gue beli daging 1 kg yang udah dipotong-potong kecil di supermarket. Lumayan juga, sekilo jadi 25 potong. Trus abis itu, gue belanja bumbu-bumbunya di pasar belakang blok gue. Yaolooooo……beneran yah, bikin rendang tuh bener-bener nguji kesabaran! Gue mulai masak jam 9 pagi… jam 2 itu rendang baru jadi!!!

Begitu tau rendangnya mateng, SN buru-buru masak nasi buat makan siang. Dan pas nasinya mateng….langsung kita bertiga nyerbu tuh rendang, sampe rebutan nasi! Barbar banget…kalah dah kuli-kuli bangunan sama kita bertiga. Begitu selesai makan, SN bilang “Woaaah, enak banget! Mirip rendang padang loh. Ah, ntar malem mo makan ini lagi. Masih ada sisa kan di dapur?”. “Abis”. “HAH…ABIS!!! Jadi ini kita bertiga ngabisin daging sekilo buat sekali makan doang!!!! BUSET DAH”, wkwkwkwkwkwkkwwk. Beneran itu rendang tinggal sisa 4-5 gerintil doang loh di piring. Masaknya 5 jam, makannya 5 menit!

Nah, karena rendangnya sukses, jadi buat acara makan-makannya gue pede mo bikin menu lebaran. Pamer dooooong, udah bisa bikin rendang *eh, perkedel apa kabar? belom lulus ujian dapur, kalo belon bisa bikin perkedel!, wkwkwkwkwk*. Masalahnya sekarang, mo masak rendangnya berapa kilo???? Diliat dari orang yang dateng sih ada sekitar 12 orang. Dan dari pengalaman rendang 1 kilo abis sama 3 orang doang…jadilah gue masak rendang 4 kilo!. Beuuuuh…. itu masaknya sampe gue bagi 2 kloter bok! 2 kg gue masak hari sabtu, sisanya hari minggu. Kurang niat apalagi coba tuh gue, ahahahahhaha.

Pas hari lebarannya, menu masakan yang gue siapin jadinya ada ketupat, sambel ati, sayur godog, ayam goreng sama rendang!!! Yaaaaay. Berhubung wadahnya ga gede, jadinya gue keluarin 2 kg rendang dulu. Semua yang dateng makannya nambah loh…tapi pas acaranya selesai…RENDANGnya masih sisa!!! Padahal udah ada yang bungkus juga loh. Gue sama SN sampe liat-liatan, “Cang, ini rendang 2 kilo buat 12 orang masih sisa begini banyak loh”. “Iya…padahal mereka tadi kan pada nambah ya”. “Berarti…dulu itu…emang kita aja yang rakus yah? sekilo abis buat bertiga????” *ngakak berduaan*.

Pelajaran hari ini: Kalo ngitung buat makan-makan, jangan pake jatah makan gue, SN ato Ica buat patokan! gyahahahahahahah.



22 thoughts on “Ikutan Lebaran”

  • yah kan soalnya pas lu ngundang2 itu makanannya bukan rendang doang. ada masakan lainnya. jadi pasti orang2 makan rendangnya gak sebanyak pas kalian makan dong… 😀

    selain itu, gua juga udah perhatiin, kalo pas diundang orang, sebanyak2nya tamu makan itu gak akan sebanyak kalo makan di rumah sendiri. pasti dah. 😀

    • iye bener sih man…cuma emang dasarnya gue kuatiran kali ye. takut makanannya kurang, hihihihihi. soalnya kita-kita nih kalo makan tuh beneran bisa sampe bolak-balik berkali-kali…makan, maen, ngobrol, makan, maen lagi….makan lagi, hahaahahahah

  • penasaran…penasarannnnn…penasaran banget sama rendangnya. Ayo dibagi resepnya.

    Tadi akhirnya gue bikin rendang setengah kilo pake bumbu bamboe, biar meresep gue pake 3 bungkus loh. Dan enaaaaaaak. Jauh lbh mantap dari Indofood. Tapi masih pengen bkn rendang yg lbh “padang” macam di RM Sederhana itu. Eh, gue ama Mikko juga parah nih, rendang setengah kilo (plus kentang setengah kilo juga) langsung abis loh makan berdua doang.

    • resepnya gue ambil dari sini rik. Lengkap dikasih ama tips-tipsnya. eh tapi gue ga pake air kelapa sih…hihihihihhihi.

      sekarang kayaknya gue mulai eneg makanin rendang mulu tiap hari, nguahahahahaha

  • pake bumbu kokita juga enak loh hehhehe

    Senangnya ya bisa pesta rendang bersama teman-teman. Aku juga bukan muslim, tapi entah kenapa pas lebaran pengennya masak opor aja. Tapi tahun ini males banget, mungkin karena baru mudik ya 😀

    EM

    • disini kayaknya ga nemu bumbu kokita mbak. adanya munik/indofood/bamboe aja. emang hawanya kalo lebaran musti ikutan makan ala lebaranan kan? hahahahahahah

  • Mau dooonng… resep rendangnya!! Sama sambel goreng ati dong!! Sama tutorial cara bikin ketupat dong (eh jadi banyak ya?)!! Btw, ketupat lo pake daon yang dianyam2 atau pake plastik a la resto malay/india di singapore gitu??

    Pertanyaan terakhir, sayur godog apaan sih??

    • itu linknya gue taro dikomentar gue buat seerika. ketupatnya mah gue beli adabi punya. yang bungkusan ituh. males bener gue musti bikin selongsong ketupat sendiri… *errr…ga bisa sih tepatnya, wkwkwkwk*. Kalo resep sambel atinya gue ambil di ncc-indonesia. nyontek plek-plek dah resepnya.

      sayur godog tuh sayur labu siam yang biasa buat ketupat sayur abang-abang tuuuuh…tau kan?

  • huaahaahahhaaaa.. daging sekilo abis bertiga sekali makan?
    kalah barbar donk yaaa sama orang buka puasa :))))))

    ah jadi kangen masakan lebaran lagi.
    btw, gw suka salut sama yang pada bisa masak rendang, walaupun pake bumbu instant yah.. tetep aja hebring gitu kesannya buat gw.

    • embyeeeeeeeeeer….hoahahahaahha. eh, beneran loh, kalo udah masak rendang yah…langsung berasa jago deh, hihihihihihihi

  • Er, gw juga ada cerita, hari minggu lalu, gw bikin ayam bakar bumbu rujak, ayamnya 1 ekor yang ukuran lumayan, eh itu ayam bakar abis aja loh buat makan 2 orang sama suami gw, buat makan siang ama malem doang, hyahahaha…..suami gw abis makan siang, ada makan sore, trus makan malem, gw juga sih, hehe…dan sekali makan, ayamnya bisa 2-3 potong,….*besoknya merasa bersalah karena ga ada cadangan makanan*

    • ah, senangnya ada temen barbar…wkwkwkwkw. eh tapi kalo ayam seekor mah selalu abis buat sekali makan sama kita bertiga sis…kongfim *ala phua chu kang*, hihihihhihi

Leave a comment :)


%d bloggers like this: