One Man's Trash is Another Man's Treasure

Saved by the coins

Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit

Dulu waktu gue masih di Jakarta, gue paling males nyimpen koin. Emang sih koin Rupiah ringan banget, tapi tetep aja makan tempat. Biasanya kalo nerima koin, gue langsung pake lagi buat jajan, buat sedekah ato nggak buat ongkos bis. Pokoknya gue gak mau nyimpen koin. Nilainya kecil, menuh-menuhin kantong/dompet, bahkan kalo gue kasihin ke pak ogah di puteran jalan aja kadang dilempar balik ama dia bok… kurang ajyaaar, hahahahaha. Pernah juga gue kasih koin 100-an ada beberapa biji (ga nyampe 10 sih, tapi lebih dari 5) ke pengemis di jembatan penyebrangan, eh diceletukin dong sama dia, “yah elah mbak, duit segini bisa buat apaan di Jakarta???”. Eh ya meneketeheeek…masa musti gue juga yang mikirin itu duit bisa buat apaan???

Pas pindah ke Singapore juga awalnya gue males megang koin. Lah koin Rupiah yang ringan gitu aja gue males nyimpennya, apalagi koin sini yang lebih berat??? Cuma karena disini gak ada pengemis & pak ogah, jadinya itu koin-koin sering gue geletakin gitu aja di sembarang tempat. Udah gitu disini kan ga kenal sistem kembalian pake permen…jadi biar kata cuma 5 sen pun bakal dibalikin duitnya. Ya lu bayangin aja sehari gue bisa dapet koin berapa banyak dari hasil belanja-belanji. Bisa saingan sama kenek metromini!

Sekali waktu gue bener-bener ga punya duit buat ngantor. Dompet kosong, SN udah berangkat ngantor, rekening tabungan juga kosong. Mo minta SN transferin juga ga bisa, soalnya rekening dia juga kosong. Ada duit tapi di bank lain. Ngooook!

Gue butuh cuma buat gue makan siang doang sih, palingan 5 dolar. Kalo ongkos sih gue cuek. Pake kartu EZ-Link soalnya. Yang ada gue ngubek-ngubek laci nyari koin yang suka gue geletakin disana-sini. Akhirnya setelah ngacak-ngacak laci nakas, meja belajar, rak buku, meja rias, tempat cucian baju….gue berhasil ngumpulin koin lebih dari 10 dolar!!! Gile, lumayan banget kan. Hari itu, gue selamat dari kelaparan pas makan siang.

Pas gue cerita ke SN, dia ngusulin beli celengan buat nyimpen koin. Ihihihihihihi… lucu juga, udah lama banget gue gak pake celengan. Dulu ada sih, tapi cuma buat pajangan doang. Ga pernah diisi. Pas jalan-jalan di mall, kita beli celengan plastik yang lumayan gede. Kira-kira 2/3 bola voli gitu. Bentuknya bulet warna kuning, trus ada kupingnya, gak jelas itu wujud kepala hewan apaan, wkwkwkwkw

Semenjak ada tuh celengan, yang kita panggil ‘Si Gendud’, nggak ada lagi koin berceceran di rumah. SN jadi tukang sapu bersih yang ngumpulin koin-koin dirumah. Gue? Ya tetep naro koin dimana-mana, wkwkwkwkwkw. Kalo nggak, ntar SN jadi pengangguran dong? Gyahahahahah. Kadang sampe berantem ama Ica gara-gara koin dikamarnya Ica pun kadang dia embat juga, gyahahahahah.

Pas isinya udah 1/2 penuh, celengannya dibawa SN ke coin deposit machine di deket kantornya. Agak ribet emang, soalnya mesin ini gak tersedia disemua cabang. Tapi dia mah niat dah bawa-bawa celengan ke bank. IYA CELENGAN…bukannya dimasukin plastik kek gitu. Gak elegan banget…cowok gede brewokan, pake setelan kantor, ngantri di coin deposit machine, dan pas udah nyampe depan…ngeluarin CELENGAN warna kuning. Untung udah kawin lu cang…kalo belon, bisa susah jodoh gue rasa, wkwkwkwkwkwwk.

Dari 1/2 celengan itu ternyata isinya ada 80-an dolar. Uhuuuy…tambah semangat lah SN ngumpulin koinan. So far nggak pernah sampe penuh sih. Dan biasanya dia bawa ke bank itu 3-4 bulan sekali ato kalo lagi beneran tongpes, hahahahah. Lumayan banget bisa dapet 80-120 dolar sekali nyelengin. Emang sih ada chargesnya $0.0075/coin, ga peduli itu koin 5 sen, 10 sen…atau 1 dolar. Charge-nya sama. Pasti pada bilang mending nyelengin 1 dolaran aja kan…iya kaaaaan???? SN mah sabodo teuing…pokoknya wujudnya koin, dia cemplungin. Lah orang kadang-kadang gue bisa nemu koin Rupiah, Euro, Ringgit…bahkan koin token game!!! Bener-bener sapu bersih dah laki gue mah, gyahahahahaha.

Nah, hari kemaren nih kita bener-bener tongpes berat. Gue beneran dah ga punya duit. Di rekening pun tinggal 3 dolar, wkwkwkwkwwk. Trus di rekening SN juga tinggal 40 dolar. Dompet? Kosong melompong. Dan kita nggak mau ngutak-ngutik rekening Emergency Fund kalo nggak penting-penting banget. Lagian cuma butuh untuk survive sampe tanggal 28 kok…pas gajian, hihihihihihi. Gue sih, bisa bawa duit cuma 5 dolar ke kantor. Lah makan siang gue di kantor cuma $2.5 aja. Minum biasanya gue bawa botol air. Kalo SN mana bisa? Jajanan di kantor dia lebih mahal soalnya. Bekal dari rumah? Kapan masaknya???

Daaaan….disaat genting ini tiba-tiba kita keinget ‘si gendud’ yang udah lumayan lama belom disetorin! Yaaay…ternyata isinya udah 2/3 penuh! Bahkan saking beratnya, sambungan plastiknya pecah!!! Langsung SN buru-buru ambil plastik trus bawa itu koin yang sumpah berat banget ke coin deposit machine di deket rumah. Bawanya pake ransel….naek sepeda! Kayaknya bahagia banget tuh dia ngeliatin itu mesin ngitungin semua koinnya.

Coba tebaaaaaaaaak….ada berapa totalnya???

Yaaaak….$230 donk!!! Uhuuuuy….gak jadi tongpes! *peluk-peluk si gendud…yang kecil & yang gede –> SN maksudnyah! wkwkwkwwk*.

Tuh, makanya buat yang suka naro koin sembarangan, coba dicelengin. Lumayan booook…

*Eh, bulan depan bisa ganti plan Iphone yah berarti #lirikE63…pas banget duitnya $230, wkwkwkwkw*

Si Gendud

*Sambungannya terpaksa di lem pake super glue gara-gara kemaren rengat pas mo nebok duitnya, hihihihihi*



31 thoughts on “Saved by the coins”

  • Samaaa!! Gue juga benci banget sama receh.. uda berat, receh lagi *sombong*, btw gue pernah ya ke bank ada orang bawa tas olah raga gede yg diselempangin gitu, trus isinya receh dong bok.. FULL.. gue tontonin aja pas dia masukin ke mesin receh.. tau ga totalnya berapa? seribu dolaran cyin.. gue ampe ngiler.. tapi sampe skrg ga beli2 tuh celengan.. abis celengan mahal. hahaha

    • hah? gilak…seribu dolar? tau gitu lu serobot aja tasnya yah…wkwkwkkwkwkw. disini juga suka ada yang bawa pake kardus gitu nad…gak kelar-kelar itu mesin ngitunginnya, hihihihihihi.

      btw, emang celengan seberapa mirhol siy? dimarih ga nyampe 10 dole tuh

  • mbaak…
    1. bisa2nya tuh pengemis ngomong begitu… gak bersyukur amat.. ckckck…
    2. enak bgt deh di singapur gak pernah dpt kembalian permen… dan enak jg ada coin deposit machine…
    3. jgn menyepelekan sesuatu yg kecil kali ye… *jadi inget kasus prita*
    4. ituuuh, celengannya sama persis sama yg punya anakku vania… cuma warnanya pink… hihihi… dia baru 3 thn sih, saking gemesnya dia banting tuh jadi belah dua deh celengannya… *hiks*
    5. semoga tambah semangat nabungnya… hhiihi… ^_^

    • gue rasa, orang yang bersyukur mah nggak akan jadi pengemis :D. Iya loh…nyesel juga dulu buang-buang koin, kalo disimpen mungkin udah tajir kali yak, wkwkwkwkwkwkw

  • aku suka ngumpulin koin buat dicelengi. Biasanya sengaja belanja kemana-mana biar dapat kembalian receh. terus walau tukangnya nanya receh selalu bilang ga ada, biar dapat kembalian receh. Hahaha. Tapi seneng ya kalau ada mesin koin gitu. Disini biasanya nukar ke warung makanan.

    • aih….niat ya bok. gue mah sebisa mungkin gue pake buat bayar deh tuh koin, hahahahahah. dulu waktu gue masih kerja di warung kopi berbintang juga gue suka bawa koinnya ke toko buat ditukerin :D. mereka seneng, gue juga hepi, hahahahahah

  • gua juga gak suka nyimpen koin.
    makanya gua apa2 lebih banyak bayarnya pake credit card deh. mau cuma sedolar 2 dolar, tetep gesek aja. hahaha.

    di rumah kita juga ada celengan. jadi koin2 kita masukin ke celengan. punya andrew sih. tapi gak tau itu celengan gak pernah penuh. ntar gak lama pada ilang. gak tau diapain tuh koin2nya ama si andrew. hahahaa.

    • disini kalo swalayan gitu ada minimalnya 10 dole man kalo mo make cc. kecuali mo debet :D. Gue rasa dikorekin tuh celengan ma andrew buat jajan, hahahahahahahaah

  • gw donk ngumpulin receh tapi tetep di tas, trus kalo dah banyak taro di mobil cuami, abis itu kalo mau bayar tol gw itungin dah tuh recehan buat bayar, mayan bangetlah tuh mbak2 nerima recehan :))

  • hehehe…ngga nyangka ya dari yang dikit-dikit jadi menggunung juga…kalau aku, recehan masih digunakan buat bayar kalau pas naik angkutan umum, biasanya supir angkutan umum seneng kalau dikasih receh 🙂
    di rumah, yang suka ngumpulin recehan ya Alin, juniorku. Ntar dia masukin ke celengan beruangnya 🙂
    btw, salam kenal ya mbak…*nyamber komen duluan baru kenalan* :p

  • celengannya lucuuuuu.. itu singa, apa kucing kena beri-beri ya? hihihiiii!
    gak pengen celengan semar aja? tiap mau nuker digebrakin dulu depan mesinnya.
    hahaha :))

  • kalo saya dari jaman sekulah sma dulu, suka banget ngumpulin koinan, trus ditabung masukin ke kaleng susu bebelac, pas lagi nganggur beberapa bulan lalu, saya buka dan ternyata ada 500ribu lebih.. langsung deh banyak maunya 😀

    • wuuuuiiiih…mayan banget tuh gopekceng. Emang tuh sindrom abis nebok celengan, langsung berasa tajir mendadak yah…hahahahhahah

  • Kalo di rumah saya, si kecil yang jadi tukang ngumpulin koin buat dimasukkin ke celengan. Sampe-sampe kalo saya pulang kantor, langsung deh dompet saya dikeluarin dari tas trus diubek-ubek sama dia demi mencari koin-koin kesayangannya. Padahal sih itu bukan karena dia gemar menabung tapi emang dasar anak kecil, seneng aja denger suara cring-cring masuk ke celengan upin ipinnya :mrgreen:

    O iya, salam kenal, mbak 😀

    • aahahahahha….saya juga dulu gitu waktu masih kecil. demen nguplek tas mamah buat nyari koin trus dicelengin. So true…it’s only for the sake of the ‘krincing’ sound, gyahahahahah. Salam kenal juga ya…thanks dah mampir 😀

  • Nice! 😆

    Kebiasaan ini nih yang harus saya lakukan lagi. Saya gak males ngumpulin uang receh, hanya aja saya males beli celengan. Lagi pula, uang receh saya cepet habis, karena saya pake bayar angkot, ato bayar parkir kalo lagi naik motor. :mrgreen:

    • kalo dipake buat bayar parkir/ongkos mah oke lah sop…lah kalo gue jadinya malah buat jajan gak genah gitu, ato di geletakin gitu aja. sayang juga duitnya, hihihihihi

  • namanya Gendud beneran pake “d” tante ? hhihhi :O
    sy sih justru seneng ada uang koin, ya itu dia buat jaga2, ada dompet khususnya malah, lagian ak kan pake motor ya wajib punya recehan buat bayar parkir, di Semarang parkir masih 500 perak soalnya 😀

    • iyak, beneran pake ‘d’ biar lebih manteb…hahahaha. kalo gue males, apalagi disini, kemana-mana ngebis/ngereta pake kartu. koinnya jarang kepake. murah banget ya parking masih 500. terakhir gue ke Jakarta, motor aja udah 2000 kalo parkir pinggir jalan 🙁

  • Ya amplop, kirain gue doang yg hobi ngumpulin recehan buat disetor ke deposit machine! *peluk*

    Tp saking beratnya dulu kalo mo nyetor kudu naek taksi, ga sudi naek bis apalagi MRT. Setelah diitung2, kok rugi ya, kan pagi2 bayar ERP. heheh

    • kalo gue mah nyuruh SN aja dah yang nyetorin. ogah banget kalo gue yang bawa. tapi duitnya hasil setorannya sih mau *bini mata duitan*, hahahahah

Leave a comment :)


%d bloggers like this: