Sembilan Delapaaaaaaan…

SETENGAH JONGKOK LO SEMUA!!!!

Kaki & tangan gemeter, betis kenceng, dengkul cenut-cenut, mata lebih senep dari lampu 5 watt yang suka dipake bokap di kandang ayamnya. Intinya…gue menderita!!!

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Taman_Makara_FEUI.jpg

13 taon yang lalu, bulan Agustus, gue sebagai mahasiswa baru FEUI dateng ke kampus membawa berjuta harapan demi masa depan yang cerah sebagai tunas bangsa *halah!!!*, ternyata berakhir dibawah tirani angkatan ’95 yang kejaaaaam.

Sebelom masuk FE, sebenernya gue udah diwanti-wanti senior gue waktu SMA. FEUI itu ospeknya sadis. Cuma bisa dibandingin sama ospeknya anak teknik. Cuma ya gue pikir…ah, paling dikerjain doang. Biasa itu mah, dulu SMA juga gituh *iya, songong kan gue #sabet*. Ternyataaaaaa…senior gue nggak boong bok. Ospeknya beneran sadis!!!

Jadi, waktu itu kegiatan mahasiswa baru dimulai dengan latihan nyanyi di Balairung buat persiapan wisuda para senior yang lulus taon itu. It was a great moment. Apa lagi coba yang lebih ngebanggain daripada nyanyi Genderang UI & Hymne UI di Balairung??? Rasanya pas nyanyi itu semua jerih payah gue ikutan bimbel selama setaon sampe jadi jago banget ngebuletin lembar jawaban plus lumayan kuper kebayar LUNAS.

Ternyata kegiatan nyanyi yang menyenangkan itu cuma KAMUFLASE!!! Suatu hari kita semua anak FE angkatan ‘98 disuruh kumpul di selasar Balairung buat briefing OPT (Orientasi Perguruan Tinggi). Inget ye…judulnya BRIEFING! Yang terjadi…??? Gue & beberapa anak yang jalan cengangas-cengenges ke lokasi briefing tiba-tiba diteriakin sama senior yang tampangnya kayak tukang jagal abis putus cinta, “HEH…SIAPA SURUH JALAAAAAAAAAN!!! LARRRIIIII”. Gue nggak kepleset ke danau samping Balairung pas denger teriakannya aja udah bagus kali. Jadilah kita semua terperet-peret lari ke tempat briefing. “EEEEEEh, Siapa suruh nginjek rumpuuuuuuut. Itu rumput lebih senior daripada elo tauk!!!”. #pengsan!

Ternyata ditempat briefing, udah rame pada ngumpul. Semuanya berbaris diem. Nggak ada yang ngobrol sama orang sebelahnya. Kita wajib manggil semua senior ‘BOS’. Nggak ada tuh istilah manggil ‘Kakak/Mas/Mbak’. Yang paling galak itu seksi Tibum yang kerjanya marah-marah mulu *cepet tua tauk!!!*. Sampe ada tibum yang bisa bikin anak angkatan gue bengek mendadak *literally*, cuma dengan ngeliat wujudnya si tibum!!! *waving to Bos Paksi*. Ketua tibumnya dipanggilnya Bos Mustang. Nggak ngerti kenapa Mustang. Mustang itu kan kesannya gede, keker, jantan gitu yah. Lah ini orangnya kecil mungil gitu. Tapi kalo ngomong lumayan bikin kita mengkeret sih. Ngomongnya tuh lambat-lambat…tapi terkesan sadis gitu. Serem deh. *belakangan gue baru tau, dia ngomong lambat-lambat gitu karena kalo ngomong cepet dia suka GAGAP!!! gyahahahahhahah*

Baru briefing aja gue udah kena damprat sama beberapa Tibum yang tiba-tiba dateng ngeroyok gue pas gue ‘keliatan’ cengengesan pas berdiri setelah duduk agak lama. “Heh, ngapain lo cengengesan gitu! Bangga lo bisa masuk FE? Hah?”, “Nggak usah sok deh. Berdiri yang bener lo”, “Lo pikir kita semua ngelawak sampe lu cengengesan gitu, HAH? Emang kita BADUT”. Saat itu juga juga gue mo teriak ke mereka… ”SIAPA YANG CENGENGESAN SIH…INI MAH MERINGIS BOOOOS…KAKI SAYA KESEMUTAAAAAAAN!!!”. Cuma ya gak berani lah ya gue teriak gitu…jadi yang keluar dari mulut gue cuma, “Nggak kok bos, nggak kayak badut…kaki saya kesemutan, jadi saya meringis. Maaf bos”. Semua gue ucapin sambil ngeliatin para tibum *kan eye contact itu penting bok*. Eh, malah dimarahin, “Nunduk lo, ngapain ngeliatin kita! Dasar manja, baru begitu aja udah kesemutan!” Hih…gue sumpahin kesemutan seumur idup lu!!

Abis itu kita semua diajarin hukuman setengah jongkok. Buat yang pengen tau gimana posisi setengah jongkok, bayangin lu mo duduk di kloset, tapi gak pantatnya ga nyentuh kloset, punggung tegak, tangan menjulur ke depan dada 90°. Dah…tahan posisinya.

Hukuman ini berlaku selama 3 hari OPT plus 1 bulan Pasca OPT. Mati ga si lu. Dikit-dikit setengah jongkok…belom lagi tebasan gulungan Koran yang siap nyabet kepala lu kalo posisi lu ketinggian. Manteb dah.

Tugas-tugas selama OPT juga nggak kalah absurdnya. Walaupun pas kelar OPT gue ngakuin sih, kalo sebenernya tugas-tugas itu ngebantu gue banget ngejalanin taon pertama gue di FE. Tugasnya tuh mulai dari bikin name tag dengan ukuran yang spesifik di karton abu-abu, trus di stempel sama 4 toko buku berbeda di ke-4 sisinya. Pita dikanan-kiri kepala, pita merah-putih di jidat, bikin denah FEUI, bikin denah UI, semua tugas ketikan musti dikerjain pake mesin tik manual *ngoook*. Trus selama sebulan pasca OPT, tiap hari musti bikin rangkuman kuliah hari itu. Kalo nggak ngumpulin besokannya, kena setengah jongkok lagi. Menderita banget kayaknya idup gue waktu itu. Untung aja di kos-kosan gue ada sekitar 20-an orang anak FEUI’98. Jadi banyak temen senasib sepenanggungan.

Yang paling bikin gue menderita sebenernya bukan hukumannya…tapi karena selama 1 bulan kita harus pake rok panjang & jaket kuning yang dikancing full. Eh, buset….Depok panas gilak gitu plus ruang kuliah ga pake AC, mo mati dah rasanya. Dan buat gue yang nggak pernah punya rok selain seragam sekolah, pusing lah gue cari pinjeman. Gue telpon nyokap gue buat minjem roknya dia yang bejibun itu. Dan besokannya, bokap gue nongol di kos-kosan bawa 1 koper isi rok semua. Gue selamet.

Tapi pas gue bongkar kopernya….hati gue mencelos. Teganya nyokap gue melakukan hal ini ke gue. Dia bawain gue rok panjang motif macan tutul bok. As if itu motif macan tutul belom cukup ya…roknya pun warna biru *ngejerit histeris*, eh dibawain sesetel sama atasannya juga loh. Dengan motif yang sama. Yiuuuuks…!!! Ada lagi dibawain rok merah ngejreng yang berlipet-lipet, rok item span panjang dari beludru. MAAK!!! GUE MO DIOSPEK BUKAN MO KONDANGAAAAAAAAN!!! Asli, gue mendadak frustasi hari itu. Akhirnya selama seminggu gue nggak pernah ganti rok. Pake rok item biasa…dan baru dicuci pas hari sabtu sambil wanti-wanti ke tukang cucinya buat nganterin lagi minggu malem, supaya senin bisa gue pake. Tapi emang nasib, ternyata ada juga hari dimana gue harus pake rok macan tutul biru itu ke kampus karena rok item gue ilang sama si ibu tukang cuci *minta digiles di papan cucian tuh si ibu*. And that was the worst day in my college life ever. Nggak diapa-apain sih…tapi pake rok macan tutul biru di kampus? Kill me….

Eniwei…itu bener-bener masa yang nggak bisa gue lupain. Belom lagi doktrinasi FEUI yang kuat banget lewat lagu sombongnya…Manteb banget, hahahaahah. Penasaran gak sama lagu sombongnya FEUI?

Nih gue kasih liriknya

Buat apa masuk FK…? Buat apa masuk FK…? 10 tahun jadi sarjana Paling cuma jadi dukun…

Buat apa masuk Teknik…? Buat apa masuk Teknik…? 9 tahun jadi sarjana Paling cuma buka bengkel

Buat apa masuk Hukum…?Buat apa masuk Hukum…? 8 tahun jadi sarjana Paling cuma ngurus maling

Buat apa masuk FISIP…? Buat apa masuk FISIP…? 7 tahun jadi sarjana Paling cuma jadi Lurah

Jangan masuk Psikologi…Jangan masuk Psikologi… 6 tahun jadi sarjana Cuma ngurus orang gila

Buat apa masuk Sastra…? Buat apa masuk MIPA…? Apalagi masuk FKG… Tidak punya masa depan

Masuk saja Ekonomi… Paling hebat FEUI… 4 tahun jadi sarjana Paling sial jadi menteri…

Kurang sombong apa lagi coba nih lagu….wkwkwkwkwkwk. Ini lagu udah ada dari taon 76!!! Tuaan ni lagu dari pada gue. Dan pernah loh, gue pake kaos ini pas gue lagi ada kelas di Aktuaria – FISIP UI (dulu gue kuliah dobel, masuk taon ke-3 di FE, gue kuliah di FISIP juga, hihihihi). Ngajak ribut banget yah gue, nguaahhaahahaha.

Yang pasti…gue jadi menteri juga loh. Menteri Keuangan Rumah Tangga! Cool…. gyahahahahahahah.

069800042Y – ESP dari awal sampe lulus. Ngerasa salah jurusan pas taon ke-4, dan nggak berani kompre untuk jurusan Ekonomi Sumber Daya Alam & Lingkungan karena takut kena senyumnya Bapak Emil Salim. Akhirnya milih dibantai di Ekonomi Kependudukan. Sekian, terima kasih.

# setaon kemudian, gantian SN yang diospek….hihihihihihi

Tags: , , , , , , , , , , ,

28 comments

    • erlia si.tukang.nyampah
    • erlia si.tukang.nyampah
    • erlia si.tukang.nyampah
    • erlia si.tukang.nyampah
    • erlia si.tukang.nyampah
  1. zee
    • erlia si.tukang.nyampah
  2. Erna
  3. era
  4. Boby Satya

Trackback e pingback

No trackback or pingback available for this article

Leave a comment :)

%d bloggers like this: