Antara gue, sayur sop & perkedel

Apa hubungannya?

Jadi gini, nyokap gue itu kalo masak sayur sop, pasti side dishnya itu perkedel. Kadang polos atau dicampur kornet, daging cincang. Tapi harus ada perkedel. Kalo nggak ada perkedel pasti gue manyun seharian. Kadang diganti yang mahalan macem ayam goreng pun gue tetep manyun. Ntar pas dibikinin perkedel, baru gue lahap lagi makannya. Mureeeeee kan gue…wkwkwkwkwk. Dikasih perkedel aja udah seneng.

Nah, gue boleh dong bangga kalo dari jaman SD aja gue udah bisa bikin sayur sop sendiri. Yaaaa, biarpun kuahnya cuma pake kaldu bubuk royco…tapi yang penting kan jadi sayur sop. Nah, pas udah merit pun taunya si sayur sop ini jadi kedoyanannya SN. Gue masak sepanci juga bisa abis sama dia kalo nggak disetop, wkwkwkwkw. Dan sama kayak gue, SN juga demen makan sop pake PERKEDEL. Weeeiiiits…sebagai istri yang baik, biarpun suaminya macem suami tiri gini gue usahain dong buat memuaskan hasrat makan perkedel.

Perkedel perdana gue itu dibikin pas kita masih kos di Bukit Merah. Kentangnya beli dari FairPrice. SUKSES…perkedel gue laris manis. Percobaan kedua pas udah pindah ke Bedok….GAGAL!!! Ngoook…gue antara percaya gak percaya. Bikin Macaroni Schotel gue bisa, bikin cake gue bisa, bikin ayam goreng mentega gue jago…giliran bikin perkedel, GAGAL. Bisa runtuh dah reputasi gue sebagai koki utama di rumah. Jadi itu perkedel pas digoreng malah buyar. Persis kayak mashed potato disirem minyak…*lempar wajan*.

Gue penasaran dong. Gue telpon emak gue. Dan ternyata cara gue udah bener loh. Tapi kenapa gak jadi???? PRET. Gue google resep perkedel…sama kok bahan & cara bikinnya. TRUS KENAPA GAGAAAAL? *jambak rambut* *rambutnya SN* *eh, dia botak dink* *ilang fokus*. SN yang udah tau gue bakalan manyun kalo gagal masak langsung sibuk nyemilin perkedel yang kayak abis kedudukan gajah itu sambil bilang…”ENAK KOK…ENAK…” dengan muka menderita, gyahahahahaha.

Akhirnya gue sempet ngambek gak mau bikin perkedel lagi untuk beberapa saat. Pas gue bikin lagi, SN kasih ide…dikukus aja kentangnya sebelom diancurin & dibulet-buletin…barangkali jadi. Wah…ide yang brilian. Lumayan irit minyak & jadi lebih sehat kan? Again, ancur pas udah dibuletin & digoreng…

Besokannya, gue penasaran… gue beli kentang lagi di supermarket. Gue bikin perkedel pake cara yang biasa. Gue hayatin tahap demi tahap pembuatan perkedelnya. Sampe pas tahap terakhir…tahap ngegoreng…gue tongkrongin itu wajan dengan harap-harap cemas, menanti sedikit demi sedikit kentangnya buyar. Semenit, dua menit…eh, dia NGGAK BUYAR bok. Cepet-cepet gue ambil sodet. Gue balik tuh perkedel sebelom dia lupa kalo dia harusnya buyar biar gue tambah sebel *evil perkedel*. Dan sampe mateng sempurna…perkedelnya ga buyar loh. Ah, gila…itu bener-bener hari terindah dalam hidup gue *convetti bertebaran dimana-mana*.

Gue langsung pamer dong sama SN. Trus dia bilang, “Nah, mending lu ingetin dah tuh, lu pake kentang merk apaan tuh?”. Lah, pikir gue, namanya kentang ya kentang aja dong, emang ngaruh gitu merknya. Lagian plastiknya kan dah gue buang. Bodo lah…

Sampe akhirnya pas gue mo bikin perkedel lagi, gue pergi ke carrefour. Gue bagaikan ditampar saat gue sadar… Booook, ternyata kentang banyak jenisnya yak?? *dilempar kentang*. Iya loh, beneran. Ada Russet Potato, Holland Potato, Red Potato, Small Potato, Local Potato, Washed Potato. Yaoloooooooo….meneketehe gue musti pake kentang yang mana. Ini cuma buat PERKEDEEEEEL! *mulai frustasi* Dulu di Jakarta kan kalo beli kentang di pasar ya udah…cuma kentang gede apa kentang kecil-kecil yang buat siomay/rendang itu kan.

Image from here

Yasudlah…gue beli itu russet potato buat perkedel. GAGAL. Kentangnya ancur pas digoreng. Bahkan yang buat campuran sop juga nyaris ancur gitu. Gue coba lagi holland potato…GAGAL juga. Red potato mah lewat kali ye…masa perkedel gue warnanya merah? *eh, red potato itu beneran merah ga sih dalemnya? wkwkwkwk*. Bahkan pake local potato aja GAGAL. Buset dah…ciong amat sih gue ama perkedel. Sampe akhirnya, pas gue jalan-jalan ke FairPrice gue menemukan titik terang saat gue nemu 1 kantong kentang merk ‘PASAR’ dengan tulisan ‘BRASTAGI POTATO – Origin Indonesia’. Uhuuuuuuuuuy!!! Akhirnya gue menemukan kentang Indonesia. Ya kali aja, sentuhan gue terlalu lokal jadi kentang juga maunya kentang dari Indo doang, gyahahahahaha. Eh, tapi beneran loh, perkedel gue SUKSES pake kentang brastagi itu, hahahahah. Gilak, bahagia banget dah gue pas perkedelnya jadi, bulet-bulet gepeng, wangi…aaaah, perkedeeeeel *ketjup*.

Ternyata, setelah akhirnya gue melakukan riset di dunia per-kentang-an demi sepotong perkedel yang uendaaang, gue baru tau beberapa hal. Russet potato itu oke buat bikin mashed potato karena teksturnya. Yellow potato bagus buat direbus…endebre…endesoy. Dan lesson learnt…kalo bikin perkedel, pake BRASTAGI POTATO ajah!!!!

Sekian pelajaran dapur hari ini *menatap perkedel yang gagal karena salah beli kentang lagi* #mewek

Tags: , , , , , , ,

22 comments

    • erlia si.tukang.nyampah
    • erlia si.tukang.nyampah
  1. maw2
    • erlia si.tukang.nyampah
    • erlia si.tukang.nyampah
    • erlia si.tukang.nyampah
  2. Riswanto

Trackback e pingback

  1. Sebuah Pencapaian | Junk Thought!
    [...] pernah cerita kan yah, betapa gue ‘ciong’ banget sama yang namanya bikin perkedel. Entah kenapa perkedel bikinan gue tuh…

Leave a comment :)

%d bloggers like this: