In Memoriam…Pak Mardi

Johanes Babtista Mardi…gue bahkan masih inget nama lengkapnya. Oh, gue juga masih inget muka galaknya, senyum sinisnya, dan semua omongan sadisnya. He’s my nightmare back in junior high…well…my WORST if I may say :D.

Pak Mardi ini guru matematika gue pas kelas 2 di SMP Tarakanita 4, Rawamangun. Dari kelas 1 pun kayaknya gue udah diwanti-wanti sama kakak kelas gue yang satu jemputan ama gue, kalo Pak Mardi tuh killer abis. Kebayang dong betapa jipernya gue yang selama kelas 1 aja kerjaannya bolak-balik disuruh keluar kelas gara-gara lupa bikin pe-er lah, lupa bawa buku lah, sampe pernah ketangkep basah ninggalin semua buku pelajaran gue di laci meja sekolah karena gue males bawa buku dari rumah *berasa punya locker gitu deeeh…toyor jidat sendiri* 😀

Dan ketakutan gue pun terjadi. Kelas 2, gue diajar sama Pak Mardi. Tiap kali ngajar, Pak Mardi pasti ngasih PR dan udahannya nyuruh kita muridnya maju satu-satu ke depan buat ngerjain soalnya di papan tulis. Urutannya? Suka-suka beliau dah. Kadang dari depan kiri, depan kanan, belakang, tengah…pokoknya lu musti siap dengan soal nomor berapa-pun dari PR yang dikasih. Kalo ga bisa ngerjain, siap-siap dapet wejangan “Kamu ni ngapaaaa…hah!! Sontoloyo, IQ jongkok!”, “Soal kayak gini aja nggak bisa! Goblok! Mau jadi apa kamu?!! Jadi TKW aja kamu” *Err…sekarang beneran jadi TKW loh gue, LOL!!!*. Beberapa temen gue bisa sampe gemeteran kalo udah kena didamprat sama Pak Mardi, hoahahahhahaha. Gue? Kenyang banget dibego-bego’in sama Pak Mardi. Tapi ya gue mah pasrah aja, lah emang gue kagak ngerti cara ngerjainnya. Mo marahin gue sampe kelas roboh juga tetep aja gue ga bisa ngerjain tuh soal, wkwkwkwkwkw.

Image from here

Diajar sama Pak Mardi sebenernya melatih gue jadi sedikit lebih rajin dari sebelomnya. Rajin cari contekan PR sebelom pelajaran mulai, aiahahahahha. Dan reflek gue pun lebih bagus demi menghindari lemparan kapur atau penghapus papan tulis yang kadang nyasar ke bangku murid :D. *eh, kena sambit kapur itu sakit bok! apalagi kalo kapurnya pas nembak gigi lu yang lagi sibuk cengar-cengir di kelas*.

Pas kelas 3, gue beruntung kelas gue diajar sama guru matematika yang laen. Yah nasib gue gak lebih baik juga sih. Tapi seenggaknya gue nggak kuatir kena sambit kapur lagi di kelas, hihihihi. Tapi cerita sama Pak Mardi nggak berakhir sampe disitu. Mulai dari ketangkep basah lagi maenan senter sama cowok-cowok di asrama sebrang pas lagi retreat *eh, ini dimarahinnya barengan kok…gak sendirian 😀 –> trus napa? wkwkwkwkw*. Sampe ada drama “Flying Garbage Bin” di kelas gue, dimana Pak Mardi masuk ke kelas gue yang super ribut, gebrak pintu, ambil tong sampah dan ngelempar tong sampah malang itu ke tengah-tengah kelas yang menyebabkan semua sampah kertas, bekas rautan dan tissue berterbangan di kelas. Tong sampahnya sendiri? Mendarat manis di atas temen gue. Saat itu gue beneran ga tau harus ngapain. Mo ketawa, takut sama Pak Mardi yang masih nongkrong di depan kelas. Nggak ketawa, kok ya kayaknya mubazir banget itu moment….gyahahhahahaha *dijejelin tong sampah*.

Semua kejadian itu nggak bisa gue lupain…sampe sekarang. Sampe akhirnya tgl 19 pagi gue dapet kabar kalo Pak Mardi meninggal dunia karena kecelakaan motor. Duh…kaget juga rasanya. Pak Mardi emang bukan guru favorit gue *kecuali untuk urusan cela-mencela…he’s really good at it, hihihihihi*, tapi dididik sama Pak Mardi selama gue kelas 2 *dan juga seorang guru ekonomi yang juga kayaknya keki mampus sama gue karena gue bilang GALAK* bikin kelakuan gue mendingan. Nilai-nilai gue di kelas 3 jadi lebih baik, gue mulai belajar untuk ngerjain tugas, lebih teliti kalo bawa buku, lebih ati-ati kalo mo makan permen atau nyontek di kelas *LOH?*. Dan siapa juga yang nyangka kalo taunya pas kuliah gue milih jurusan Ekonomi Pembangunan & Jurusan Aktuaria yang isinya MATEMATIKA semua…mungkin gue kualat :D.

Rest in Peace Pak…semoga Bapak bahagia disisi Bapa di Surga. Maaf kalo dulu saya nggak bisa jadi murid yang baik buat Bapak :). Mungkin memori yang saya punya bukan tentang hal yang baik…tapi saya akui, Bapak punya peran yang besar dalam mendidik saya selama 1 tahun di SMP.

# Malemnya, gue dapet kabar lagi…kalo salah satu guru SMP Tarakanita 4, Pak Sus juga meninggal dunia selepas ngelayat Pak Mardi. Gue nggak terlalu kenal sama Pak Sus, karena beliau baru ngajar pas gue udah lulus. Rest in Peace juga Pak Sus…

YouTube Preview Image

Tags: , , , , , , , , ,

17 comments

    • erlia si.tukang.nyampah
    • erlia si.tukang.nyampah
    • erlia si.tukang.nyampah
  1. anggi
    • erlia si.tukang.nyampah
  2. gisela
    • erlia e.r.l.i.a
      • gisela
        • erlia e.r.l.i.a

Trackback e pingback

No trackback or pingback available for this article

Leave a comment :)

%d bloggers like this: