Jakarta…Where Love & Hate Collide

Jakarta…Where Love & Hate Collide

Kemaren malem, nggak ujan nggak angin, temen gue tau-tau ngirimin foto KERAK TELOR lewat YM. Kampret tuh anak…bikin ngiler aja. Ternyata dia sama temen-temen gue yang laen pada mampir ke Jakarta Fair tanggal 23 kemaren. Dan mereka kompakan mau bikin gue ngeces dengan ngirimin foto mereka lagi pada makan kerak telor…siyal!!!

Trus tadi, pas lagi BW, eh nemu postingan di blognya Arman tentang Jakarta! Haiiiyaaah, mendadak kangen Jakarta 🙁

Buat gue yang lahir dan besar *serta memBESAAAAR* di Jakarta, kota yang menurut om wiki adalah no. 12 terbesar di dunia ini menorehkan sejuta kenangan dalam hati gue *kok jadi dangdut gini yak kedengerannya, gyahahahha*.

Waktu gue masih tinggal di Jakarta, kayaknya hampir tiap hari gue ngeluarin sumpah serapah buat Jakarta.

Mulai dari mengutuk-ngutuk macetnya Jalan Raya Bekasi, ABG tanggung yang bawa motor kayak tuh jalanan punya bapak moyangnya, sampe para penjahat kelamin yang semakin lama semakin banyak berkeliaran di angkutan umum. Intinya, gue benci sama semerawutnya Jakarta. Gue benci polusinya…gue benci preman-premannya. Kalo gue bisa pindah keluar Jakarta….gue pengen pindah *tapi tetep musti ada Mall yang gede-gede kayak Jakarta yah…gyahahahha* Ternyata, begitu gue dikasih kesempatan keluar dari Jakarta,…toeeeeewwwwww…gue malah kangen setengah mati sama tuh kota, gyahahahhahaha. Tiap kali denger temen gue cerita ini itu tentang Jakarta, rasanya gue pengen langsung pesen tiket pulang kampung! Bener-bener siksaan batin. Di awal-awal kepindahan gue, rasanya kayak baru putus dari pacar. Tiap denger namanya disebut, bawaannya sedih, sebel, pengen gaplok yang nyebut namanya…arrrrgh…aye taunye MASIH cinte ame Jakarte *lebay*.

Setelah 3 taon ninggalin Jakarta, gue udah nggak separah itu kangennya sih sama Jakarta. Tapi tetep, kalo ada kesempatan cuti…Jakarta jadi kota tujuan utama gue. Bukan cuma karena semua keluarga gue dan temen-temen gue ada di Jakarta, tapi juga karena Jakarta adalah Jakarta….KAGAK ADE NYANG BISA NYAINGIN DAAAAH!! 😛

Kalo Arman nulis tentang 10 Things about Jakarta, gue mau nulis lebih spesifik…

10 Things I Miss from Jakarta!!!

  1. Tukang makanan yang bertebaran dimana-mana. Kelaperan di tengah malem? Tungguin aja, bentaran lagi juga lewat tuh tukang mie dokdok atau sate ayam. Kalo mau repot, jalan sedikit ke depan komplek atau ujung gang…tenda makanan berbaris sepanjang jalan. Tinggal pilih mau roti bakar, martabak, pecel lele/ayam, soto ayam, bubur…atau kalo beruntung, kadang malah ada warung steak *abal-abal* di pinggir jalan. Disini?? Silahkan telpon McD Delivery kalo kelaperan tengah malem…
  2. Ujan? Bechyeeeek??? Kan ada Ojyeeegh!. Gue adalah salah satu pelanggan setia ojek waktu gue masih di Jakarta. Tinggal nemplok diboncengan, sebutin tujuan dan dianter langsung sampe depan pagar/gedung tujuan. Murah, meriah dan cepet! Walaupun kalo lagi ujan, harus rela berbagi jas ujan sama si tukang ojek…hihihihihi. Bahkan di Pulo Gadung, tukang ojeknya udah pada ngenalin gue. Mereka langsung dengan lancarnya nyebutin daerah tujuan gue. Dan begitu gue naek, dia bakal langsung mengkonfirmasi alamat rumah gue. Hebat kan..!!! Tips: jangan lupa bawa anduk kecil buat taro dikepala sebelom pake helm punya abang ojeknya :D.
  3. Mall bertebaran dimana-mana. Iyah…MALL!! Mulai dari Mall ecek-ecek macem Buaran Mall sampe Grand Indonesia yang beneran cuma bisa buat window shopping doang buat rakyat jelata macem gue ini. Buat gue, Mall di Jakarta itu nggak ada yang ngalahin. Makanya gue suka heran kok orang-orang suka pada belanja kemari. Padahal kalo gue bandingin mah…kerenan Mall di Jakarta. Beneraaaan!!!! *ok, IKEA itu pengecualian yah…:D*
  4. Kawasan Kota, Petak Sembilan, Pancoran, Glodok & Pasar Pagi Lama. Ngapain? Belanja??? Nggak tuh, MAKAN!!! hahahahha. Daerah yang gue sebutin diatas adalah surga makanan kaki lima buat gue. Dan hampir semuanya enak-enak. Gue sih percaya aja sama emak gue yang suka gue ledekin preman pasar pagi saking hafalnya dia sama daerah itu. Dia beneran tau dimana tempat jual bacang enak, bakmi marus, baso goreng yang super laris, pempek, pangsit, soto tangkar, baso abang-abang, sampe cendol. Bahkan yang tempatnya mojok-mojok pun emak gue tau…HAIL my mom!!!!
  5. Bisa nyetop bis dimana aja. Literally!!! Ngaku aja deh kalo orang Jakarta pada males jalan, hihihihihi. Makanya kalo naek bis juga maunya nyetop dari depan kantor, turunnya juga maunya pas depan tempat tujuan. Meleset beberapa ratus meter…abis deh tuh kenek sama supir dicaci maki, gyahahahah. Disini? Gue musti jalan ratusan meter untuk sampe ke halte bis terdekat. Kalo ada ojek…udah pasti gue panggil dah tuh ojek buat nganter gue ke halte bis.
  6. Dufan. Hah? Dufan…?? Biar kata jadulnya udah kayak apaan tau, gue tetep aja excited kalo diajak ke Dufan, hehehe. Orang bilang, maenan di Dufan itu suka bermasalah…yah, justru itu yang bikin seru. Gue pernah jejeritan gak karuan diatas kicir-kicir gara-gara tuh wahana berhenti mendadak. Gue nggantung dengan posisi muka ngadep tanah, di ketinggian beberapa meter! Tapi tetep aja gue nggak kapok naik kicir-kicir. Trus, dimana lagi lo bisa lari-lari diatas stage istana boneka kalo bukan di dufan???
  7. Nonton hemat. Inget banget deh gue, dulu di Jakarta gue bisa tiap minggu nonton. Biarpun filmnya gak bagus, tetep aja ditonton. Bayangin aja, pake kartu kredit BCA, 35 ribu bisa dapet 2 tiket!!! Disini? hari biasa $8.00, weekend $10.00-$10.50 dan 3D $13.00. Kalo beruntung ada promosi kartu kredit, bisa dapet $6.00/tiket. Cineplexnya??? Jakarta punya jauh lebih keren dan filmnya keluar duluan daripada disini…DARN!!!!
  8. Pijat, lulur, creambath dan teman-temannya. Ini adalah agenda wajib gue tiap kali gue pulang ke Jakarta. Kenapa? Karena di jakarta semuanya bisa gue dapetin dengan +/- 100 ribu ajah di salon langganan deket rumah gue. Creambath 35 ribu, lulur 50 ribu, meni-pedi 20 ribu…murah bangeeeeeeet!!! Disini? Creambath…KAGAK ADA!!! Lulur harus ke spa. Meni-pedi $20.00…BANGKRUT gue.
  9. Suasana kalo bulan puasa. Gue bukan muslim, dan nggak puasa juga. Tapi gue suka kangen suasana di Jakarta kalo lagi bulan puasa. Kangen sama kolak pisang & bubur biji salak, kangen sama acara buka puasa bareng. Kangen sama ketupat, opor & temen-temennya.
  10. Metromini, Patas, supir & keneknya. Tiap kali pulang Jakarta, biarpun SN dah wanti-wanti kalo bisa jangan naek metromini, gue tetep aja nekat naek metromini. Menikmati teriakan-teriakan kenek & supirnya. Ketawa dalam hati pas denger keneknya ngetok-ngetok kaca sambil teriak “tunggu…tunggu…nenek-nenek bunting kembar 3 turun…tungggguuuuu. Yaaaak, tariiiiiiiik!”, gyahahahahhaah. Belom lagi celetukan para kenek di terminal buat narik penumpang, “Ya ayo neng…tanah abang – senen, tanah abang – senen, sampe tanah abang, abang nenen ya neng…” Gyahahahahhahaha…

yah…Jakarta, mau sebenci apa juga gue sama elo…tetep aja kalo ditanya orang mana, gue pasti jawab…JAKARTA doooonk!!!

About erlia

Page with Comments

  1. iya di jakarta apapun ada ya…
    yang jelek, yang bagus ada… yang mahal, yang murah ada…. hahaha.
    makanya rasanya gak pernah bosen tinggal di jakarta… pasti selalu ada aja yang baru yang belum pernah kita cobain.. bener gak.. 😀

    emang sih suka kesel ama macetnya, suka khawatir ama banjirnya… tapi tetep aja lho segala macem kesenangan dan kenikmatan (ya makanan yang enak2, shopping barang bagus tapi murah) yang kita dapetin mengalahkan semua itu ya…. jadilah selalu ngangenin ya jakarta itu… 😀

    emang iya man…jakarta selalu aja ada yang baru. terutama makanan, gyahahahahha.

    jadi…kapan lo pulang jakarta man? wkwkwkwkwk.

  2. hwahahaa… iye, yg namanya kota kelahiran sih pasti bikin kangen ya er.. tapi emg bener, satu pertanyaan yg selalu ngegantung di otak gw, KENAPA GA ADA IKEA DI JAKARTA????

    PS: nice posting! always make me ROTFL.. Hahaha…

    iye tuh…dulu juga gue gemes banget. Adanya cuma index sama ace hardware…hihihihihihihi

  3. gyahahah, gw bukan orang jakarta, tapi gw bisa ngebayangin juga tuh, klo menurut gw sih, dikau bukan kangen jakarta, tapi kangen indonesia :)) bagaimanapun, di rumah sendiri memang lebih enak 😛 *psst, pindah aja ke kalimantan, gyahahhaha*

    pindah kalimantan??? ogah ah, katanya temen gue disono sering mati lampu!!! gyahahahahhahaha

    1. ha! biang keroknya dateng nih. desember kemari lu musti bawa upeti kerak telor!!!!!

Comments are closed.

%d bloggers like this: