#TheKambingsOnHoliday – Part 2

Day 2:

Gue kebangun karena berasa campervannya goyang-goyang. Kirain sih disundul dinosaurus, taunya SN lagi gedabrukan pake sepatu & nyariin kamera trus keluar campervan. Keliatannya sih masih agak gelap diluar. Tapi karena penasaran, gue buka juga tirai campervan kita….dan speechless liat pemandangan diluar.

Langsung gue ikut gedabrukan nyariin sepatu & jaket trus nyusul SN keluar. Gilaaaaa pemandangannya keren luar biasaaaaaaaaaa!

Baru keliatan wujud campgroundnya setelah terang, hahahahaha

Iya, itu airnya beneran warnanya turquoise begitu. LOVE!

Berhubung kalo pagi-pagi itu gue sama SN wajib pupup, kita pun keluar campground sekitar jam 8.30 dan mampir di visitor centre buat make toiletnya. Visitor centre di Lake Pukaki ini juga merangkap tempat jual salmon. Jadilah kita pagi-pagi sarapan pake sashimi, hahahahaha. Rasanya biasa aja sih, secara gue bukan penggemar sashimi ya. Kita juga beli sebungkus Hot Smoked Salmon buat dinner.

Ini baru namanya ‘breakfast with a view’. Keliatannya adem ya, padahal itu mataharinya terik banget!

Hari kedua ini rencananya kita mau naik helikopter buat ngeliat pegunungan disana. Tapi pas gue telpon jam 9 pagi buat re-confirm, eh katanya bakal ada storm. Jadinya semua flight hari itu dibatalin. Ya udah, re-booked buat besokannya deh. Trus gue bingung sendiri abis nutup telpon. Cuaca terik begini dibilang mau ada storm?

Berhubung gak jadi naik helikopter, akhirnya kita pergi ke kota terdekat, Twizel, buat ngosongin cassette & air kotor, sekalian isi air bersih & solar. Begitu kita mau balik ke arah Lake Pukaki, hujan deras turun. Eh buseeeeeet, cepet amat berubahnya ini cuaca. Dan hujannya ini nggak berenti sampe sore loh. Karena takut kedinginan, akhirnya kita mutusin untuk masuk holiday park aja buat malem kedua ini. Kebetulan holiday parknya ini satu lokasi sama tempat naik helikopter besok paginya, jadi kan nggak perlu nyetir lagi.

Jalan menuju ke Mt. Cook, dari Peter’s Lookout

Glentanner Park ini satu-satunya holiday park di jalanan menuju ke Mt. Cook. Tempatnya bagus sih. Toilet/Showernya sih standar ya. Tapi dapur dan common areanya gede banget. Pemandangannya juga spektakular kalo buat gue. Kita bayar NZ$100 untuk 4 orang di powered site. Berhubung bisa nyolok listrik kan, langsung deh nyalain heater dan ngecharge segala macem barang elektronik kita, hahahahahaha.

Disebelah kiri itu ada tungku perapian yang masih pake kayu bakar gitu loh. Seneng banget SN pas ngeliat tungku ini, hahahahah. Norak ya…

Day 3:

Setelah nggak ngapa-ngapain di hari ke-2, kita excited banget pas bangun di hari ke-3. Errr….nggak terlalu sih buat gue soalnya gue nggak ikutan naik helikopter. Trus kayaknya SN sama Mbak Nuk nggak tega ninggalin gue sendirian plus kasian juga ngeliat gue kayaknya mupeng banget naik helikopter. Akhirnya gue diajak jugak naik helikopter, plus dibayariiiiiiiiiin sama Mbak Nuk #PelukSampeEngap. Punya kakak ipar kok ya baek bener, hahahahahahahah. Oh, btw, kenapa awalnya gue nggak dibolehin SN ikut naik helikopter? Karena gue udah milih mau skydiving, hahahahahahaha. Mahal kalo ikut 2-2nya kaaaaan. Jadi disuruh milih salah satu aja. Ended up dapet 2-2nya, hihihihihihi.

Pemandangan dari helikopter

Bareng sama pilot helikopternya, Jim(i-jimi-takabet-takabet-isdet)

It was an awesome experience. Pemandangan dari atas tuh bener-bener keren banget. Pilotnya juga ngejelasin apa aja yang ada dibawah atau didepan kita. Tapi nggak ngaruh sih, secara gue nggak  merhatiin omongan dia dan sibuk jelalatan sana sini, hahahahaha.

Selesai naik helikopter, SN ngajakin hiking di Tazman Valley. Setelah nyetir sekitar 30 menit, akhirnya kita sampe di parkirannya dan jalan ngikutin track yang ada. Katanya sih ‘FLAT’ ya. KATANYA DOANG! Faktanya mah nanjak jugak! Asem, hahahahahahahaha. Tapi dengan pemandangan yang bagus, jadinya nggak terlalu berasa juga itu tanjakan dan tangga-tangga durjana sepanjang track.

Berenti seenak udel di pinggir jalan buat foto-foto

Jalan menuju ke Mt. Cook. Lenggang banget ya….

Starting point menuju tanjakan ngehek

Biar engap, gaya mah tetep nomor 1 ya gaaaaak…. 😀

Nyonyah musti disogok cemilan dulu biar nggak ngambek kalo ketemu tangga lagi, hihihihihihihi

Tapi kalo pemandangannya kayak gini sih gimana mo ngambek coba?

Setelah puas foto-foto di Tazman Valley, kita lanjut ke Mt. Cook buat bermalam di White Horse Hill Campground. Campsite-nya milik DOC dan menurut gue the best DOC Campsite yang kita pake selama trip ini. Fasilitasnya sih standard DOC lah. Tapi ada flushed toilet dan common room. Bayarnya cukup NZ$10 per adult. Di DOC Campsite ini biasanya ada shelter kecil tempat kita masukin pembayaran. Nggak ada yang jagain. Jadi kita ambil form di kotak kecil, isi data kita dan plat nomor campervan, trus masukin uangnya deh. Ada bagian kecil di form-nya itu yang kita sobek trus pasang di campervan. Jadi kalo ada petugasnya datang meriksa, dia bisa liat kalo kita udah bayar.

Pas malam hari, campsite ini bener-bener gelap gulita karena Mt. Cook ini masuk area konservasi ‘Dark Sky Reserve’. Lampunya itu cuma ada di tempat registrasi sama di toilet doang. Itu juga remang-remang.

Tapiiiiiiiii….berhubung nggak ada polusi cahaya sama sekali, kita jadi bisa ngeliat banyak banget bintang di langit. Gue emang sengaja ngepasin datang kesitu pas new moon, supaya langitnya gelap dan gue bisa liat banyak bintang tanpa keganggu sinar bulan. Beruntung banget malam itu langitnya cerah. Langsung lah gue geret-geret SN buat moto. Dinginnya mah udah lah kagak usah ditanya. Ingus aja beku kayaknya. Tapi kita rela…demi foto-foto ini….

Aduh gue sampe merinding nginget-nginget pemandangan ini. Kayaknya pengen deh rebahan diluar buat ngeliatin langit. Tapi takut ntar mati beku….hahahahahahah. Akhirnya bobokan didalem campervan sambil ngintip-ngintip dari kaca jendela aja deh. Kita pun tidur pules sambil kedinginan dibawah taburan bintang….

…to be continued…

#TheKambingsOnHoliday – Part 1

Tadaaaaaaaaaaa! Udah lama banget ini blog dianggurin. Tiap kali diupdate juga kayaknya isinya tentang jalan-jalan doang. Asal jangan berubah jadi travel blog aja dah, hahahahahaha.

Soooo, temen-temen di socmed mah kayaknya udah pada tau deh ya kalo dari tanggal 2-17 September kemaren itu kita jalan-jalan ke….New Zealand *dadah-dadah sama Lele*

Bisa dibilang ini adalah salah satu dream trip kita, terutama SN. Dia yang dari dulu pengen banget ke NZ. Kalo gue sih tambah kepengennya itu setelah liat videonya Edward Suhadi yang jadi viral di taon 2013-2014. Tadinya sih kita mau pergi berduaan aja. Eh pas gue cerita-cerita sama boss gue kalo kita mau ke NZ, dia mo ikut dooooong! Mampus gak sih lu, hahahahahahaha. Ngeliat mukanya 8 jam sehari aja kayaknya udah senep kan ya, gimana 24 jam x 2 minggu coba? Bisa mencret-mencret gue.

Tapi gara-gara ide dia mo ikut, kita jadi mikir-mikir lagi buat ajak temen/keluarga untuk pergi bareng. Kayaknya seru aja kalo ramean (plus lebih irit sih…#PENTING, hihihihihi). Dan ternyata pas kita ngelempar ide ini ke Mbak Nuk, dia langsung HAYUKS. Yeaaaaaaaaah, langsung deh gue booking tiketnya. Seperti biasa, gue kebagian nyusun itinerary selama 2 minggu kita di New Zealand.

So, here is our story…

14 days, 2591 kilometres, 2 luggages, 1 big backpack, 4 daypacks, 4 adults, one campervan… and an EPIC Journey in New Zealand’s South Island.

Tanggal 1 September kita berangkat dengan penerbangan Qantas yang paling malam, transit di Sydney selama 8 jam dan sampai di Christchurch tanggal 2 September jam 23.00. Berhubung sampe sana udah malem banget, sementara jam 8 pagi udah mau ambil campervan, gue mikir buat tidur di airport aja. Setelah nyari-nyari informasi, ternyata Christchurch Airport ini sangat ketat untuk urusan penumpang yang tidur di bandara. Kita cuma bisa tidur di Bandara kalo tiba di Christchurch dengan public transport setelah jam 22.30 dan punya bukti akan melanjutkan perjalanan jam 8 pagi keesokan harinya. Kalo nggak, bakalan diusir sama petugasnya. Untungnya kita memenuhi 2 syarat itu, jadi pede aja nongkrong di airport kan. Masalahnya di waiting roomnya itu nggak ada tempat rebahan bok. Sementara gue muter nanyain dimana bisa tidur, SN malah udah gegoleran di lantai, trus disamperin security dan diomelin, huahahahahahaha. Sama security-nya, kita diarahin ke lounge deket tempat rental mobil. Didalamnya ada banyak bean bags & selimut buat kita tidur. Bayarnya cukup NZD 10/person atau NZD 30/family (2 adults + 2 kids). Lounge ini tutup jam 5, jadi jam 5 kurang kita udah dibangunin suruh beres-beres. Lumayan lah, sempet tidur sekitar 4-5 jam (plus tidur di pesawat juga sebelomnya).

Menjelang jam 8 SN nelpon Britz, tempat kita sewa campervan. Jadi di meja deket information centre itu ada telpon gratis. Tinggal masukin kode (65 untuk Britz) trus ntar bakal ada shuttle yang jemput kita di airport. Haduh, gue udah excited banget. Gak pake lama, shuttlenya datang dan ngebawa kita ke kantor Britz. Kantornya ini namanya RV Centre dan isinya gabungan Britz, Maui, Kea sama Mighty. Huwwwooooooh, makin excited pas ngeliat deretan campervan parkir disitu. Kenapa kita pilih Britz? Simply karena harganya paling reasonable dan rekomendasi temen kita taon lalu pake Britz juga.

Setelah beres urusan administrasi, petugasnya nunjukin campervan kita. Mas Edi langsung muterin mobilnya buat ngecek kondisinya. Bagian yang udah somplak/penyok difotoin buat jaga-jaga. Tapi di form rentalnya juga udah disebutin sih bagian apa aja yang rusak. Overall mobilnya masih bagus & bersih. Trus kita ditanya udah nonton video tentang campervan yang mereka kirim belom. Kita dengan pede jawab udah lah. Begitu ditinggal, trus ngeliat banyak banget pintu kecil-kecil disekeliling mobil LANGSUNG KEDER, huahahahahaha. Terpaksa kita bukain satu-satu buat tau itu tempat apaan. Ada cassette, storage, tempat gas, saluran air kotor, valve buat gas. OK SIP. Langsung pede dong mo jalan. Begitu nyalain mesin, keluar bunyi TING…TING…TING kenceng banget. Eh mampus, kenapa nih mobil. Kita berempat liat-liatan sambil nyari-nyari sumber bunyi. Datangnya sih dari kabin supir, tapi kenapa dia bunyi-bunyi itu kita nggak ngeh sama sekali. Akhirnya kita panggil-panggil petugas yang lagi ngurusin campervan lain. Begitu kita jelasin, dia langsung jalan ke pintu belakang trus nunjukkin tangga yang masih nongol keluar, “You have to push this in. If you hear the sound, you should check this step or the electric cable”. Hoooooo…. begonooooh! Ketauan dodolnya kaaaaan, hahahahahah.

Kabin supir plus tempat tidur diatasnya

Tempat tidur belakang, dapur (kiri) dan toilet (kanan)

Dapur mini tapi lengkap. 4 stoves, griller, microwave, kulkas kecil, peralatan makan/minum & peralatan masak.

Rute kita hari pertama itu Christchurch – Lake Tekapo/Lake Pukaki. GPSnya bilang sih sekitar 4 jam. Sebelom tancep kesana, kita mampir dulu ke supermarket buat belanja groceries. Lele udah pernah cerita sih kalo di NZ itu barang-barang mahal, tapi tetep aja kaget ngeliatnya, hahahahahha. Untung wine murah! #Penting. Beres urusan groceries, kita tancep ke Lake Tekapo. Sempet berenti dulu di tengah-tengah perjalanan buat makan siang.

Parkir suka-suka di rest area. Cakep ya tempatnya 😀

Makan siang pake….INDOMIE, hahahahahaha

Selesai makan, kita lanjut lagi nyetir. Kali ini giliran gue nyoba nyetir. Eh buset ya, seumur-umur kan gue cuma pernah nyetir mobil automatic itu sekali doang pake mobil Andy. Eh lah ini sekalinya bawa yang lamaan malah pake mobil segede truk mini, hahahahahaha. Lumayan ngeri-ngeri sedap gitu bawanya. Udahlah gak ada tarikannya, ngeremnya juga dalem banget sampe kalo belok suka ngepot gara-gara telat ngerem, dan kalo mo ngerem, kaki kiri gue suka latah nyariin kopling, hahahahahahaha.

Karena gue bawa lumayan kenceng dan jalanan yang dilewatin itu kelak-kelok, di salah satu tikungan, laci tempat naro piring gelas kelempar keluar dong! KROMPYAAAAAAAANG. Asli kaget setengah mati! Langsung buru-buru minggir sebentar. Untungnya cuma 1 gelas wine doang yang pecah (gak perlu ganti karena kita beli asuransi). Kayaknya kita lupa ngunci laci sebelom jalan, jadinya bubar ditengah jalan deh tuh laci, hahahahahahaha.

Church of Good Shepherd – Lake Tekapo

Menjelang sore, kita sampe juga di Lake Tekapo. Langsung ternganga-nganga sama pemandangannya. Ya Tuhaaaaaaaaaan….BAGUS BANGET! #Terharu. Kita ngabisin waktu sampe hampir gelap di Lake Tekapo sebelom lanjut ke Lake Pukaki buat bermalam. Berhubung daerahnya itu masuk area ‘Dark Sky Reserve’, jalanannya tuh gelap banget. Bener-bener pitch black. SN nyetir pelan-pelan ke lokasi free camping yang ditunjukin aplikasi WikiCamp. Begitu masuk, kita langsung serem sendiri. Beneran nih tempatnya begini? Gak keliatan apa-apa gituh! Yang kena sinar lampu itu cuma jalan gravel buat mobil sama pohon-pohon gede. Pas kita masuk ke dalem lagi, baru keliatan ada 2-3 mobil lagi parkir. Sempet bingung mo parkir dimana karena gak keliatan apa-apa. Gue bawa senter gede juga nggak ngebantu banyak saking gelapnya. Mana mendung pula malem itu. Makin gelap aja dah. Akhirnya kita asal parkir aja ditengah-tengah. Gak lama ada satu campervan lagi masuk dan parkir di sebelah kita.

Menu makan malam kita. Sayur sop sosis!

Begitu udah beres urusan parkir, kita langsung masak buat makan malam. Ngobrol-ngobrol sebentar trus tidur karena udah kecapekan. Apapun yang bakal terjadi malam itu…ya terjadilah. Kita pun tidur sambil kedinginan karena nggak bisa nyalain heater listrik.

…to be continued…

Satu Alasan

Barusan SN share video ini di facebook

YouTube Preview Image

Captionnya:

Others may see it as only a kitten. I see it as one count of living thing.

There…there…

That’s one reason why I married him… *cipok*

A Piece of Heaven on Earth – Part #1

Tsaelah judulnyaaaaa. Macem yang tau aja Surga kayak apaan, hihihihihihihi.

Akhir Mei kemaren gue disuruh pergi ke Cina sama Andy. Aduh itu malesnya udah kayak apaan tauk deh. Beneran deh, gue tuh sampe saat itu sama sekali nggak tertarik dengan Cina. Biarpun Andy udah bolak-balik bilang kalo banyak tempat menarik di Cina (dan gue juga udah liat sih sebenernya di Google image), tapi tetep aja gue males banget pergi ke Cina. Gue rasa sih alasan utamanya karena orang sering cerita kalo di daerah pedalaman atau kota kecilnya itu masih jorok banget. Apalagi cerita-cerita tentang toilet disana, HOROR banget lah menurut gue, hahahahahahaha.

Berkali-kali gue ngelak kalo disuruh Andy ke Cina dengan alasan gue nggak bisa ngomong Mandarin. Tapi kali ini gue udah gak punya alesan lagi karena….Andy ikutan pergi bareng gue. ASEM, hahahahahahahha.

So, berangkatlah kita berdua ke lokasi conference di Guilin. Gue tau sih kalo Guilin ini cantik. Tapi tetep aja males cari info detailnya. Dari Singapore pesawat yang kita naikin transit dulu di Hong Kong. Terakhir kali gue nginjek airportnya itu sekitar 7 tahun yang lalu, dan rasanya kok dulu gak sebagus sekarang ya, hahahahahah.

Leg pertama penerbangan aja udah bikin gue males. Ada satu rombongan orang mainland yang berisiiiiiik banget. Ngomongnya tuh beneran keras. Trus pada seenak jidat juga kelakuannya. Bayangin aja, pesawat lagi kena turbulance dan semua penumpang disuruh pake seatbelt, ada bapak-bapak yang sibuk berdiri dan ngintip ke kaca jendela buat liat keluar. Nyungsep nyaho lo pak!

Pas transit pun sama rusuhnya. Teriak-teriak gak jelas sampe petugas HKIA-nya ngomelin mereka, hahahahahha.

Untungnya penerbangan lanjutan ke Guilin aman tentram damai sentosa. Gak ada yang teriak-teriak di pesawat. Kira-kira 30 menit sebelom mendarat, gue ngeliat keluar jendela. Wow, keliatan banyak bukit-bukit karst dan aliran sungai. Banyak banget! Jendol-jendol kayak jerawat menjelang PMS.

Begitu mendarat di Guilin, gue langsung sadar kalo airportnya tuh kecil dan kecium bau apek kayak bangunan lama gitu. Karena kebelet, gue pun mampir ke toilet dulu. Sempet deg-degan pas masuk toilet airport. Buka cubicle-nya aja pake kaki buat jaga-jaga, hahahahahha. Ternyata BERSIH. Abis itu kita langsung ke counter taxi dan nyebutin tujuan kita. Supirnya cewek, dan sepanjang perjalanan dia ngobrol berdua sama Andy. Sementara gue sibuk ngeliatin pemandangan sepanjang jalan. BAGUS BANGET!

Kotanya nggak terlalu rame. Highway-nya lebar-lebar banget. Begitu masuk tengah kota, mulai keliatan rame di beberapa tempat, tapi masih oke. Kayak di Cirebon atau Solo gitu. Ruwet tapi masih enjoyable. Surprisingly, kotanya bersih banget (termasuk TOILETNYA *penting*). Debuan, tapi bersih dari sampah. Sekitar 45 menit kemudian kita sampe di Sheraton Guilin tempat kita nginep. Hotel ini lokasinya tepat disamping Sungai Li dan ternyata deket banget sama beberapa spot wisatanya. Tinggal jalan kaki!

Pemandangan dari kamar gue

Gue minta kamar yang ngadep ke Sungai. Gak keliatan sih sungainya, ketutupan pohon, hahahahahahha. Tapi bisa liat bukit-bukitnya. Sementara si Andy senep kebagian kamar yang ngadep kolam renang doang, huahahahahahah.

Mungkin udah pada tau juga ya kalo segala Google, Yahoo, Facebook, Instagram itu nggak bisa dibuka di Cina (kecuali pake vpn, yang mana gue nggak ngerti -__-). Jadilah mabok tiap kali nyari info musti pake ‘bing’. Mapnya juga ngandelin map iPhone. Karena gue coba buka google map, lokasi gue aja udah salah, hahahahhaha.

Karena conference-nya ini cuma sampe jam 2 siang tiap hari, gue jadi punya banyak waktu buat jalan-jalan. Gue sempet pergi ke Elephant Trunk Hill yang lokasinya ada di deket hotel. Masuknya mayan mahal juga sih, 70 Yuan kalo gak salah. Tapi tempatnya juga menarik. Kalo sore malah katanya ada light show segala. Gue dateng kesana pas tengah hari bolong, yang ada gosong kena matahari, hahahahhaha.

Kayak gajah kan ya…

Abis dari situ gue lanjut nyariin Sun & Moon Pagoda yang ternyata lokasinya juga deketan. Gue nggak masuk ke dalemnya sih. Kalo baca-baca sih katanya ada tunnel dibawah air yang menhubungkan 2 pagoda ini. Trus lanjut muter-muter sampe ketemu satu daerah yang wujudnya mirip Pasar Baru dan isinya jajanan dan resto-resto gitu. Suka banget deh sama daerahnya. Dan ternyata, lokasinya pas dibelakang hotel, hahahahahhaha.

Day…

WhatsApp-Image-20160628 (1)

And night…

Di sepanjang jalan, gue ngeliat banyak banget bike station kayak begini. Mirip kayak Velib di Paris. Kita bisa pake sepedanya, trus balikin di station lain. Sayang mesinnya pake Mandarin semua, jadinya nggak bisa nyobain deh.

Satu lagi yang unik di Guilin (dan mungkin di penjuru Cina), orang naik motor pake PAYUNG! Beneran payung khusus yang dipasang di motor. Niat banget gak sih, hahahahahha. Trus gue juga ngeliat banyak pengendara yang pake penutup tangan *bukan sarung tangan loh ya*, warna-warni, kadang berbulu-bulu centil, hihihihihihi.

Malemnya kita dinner bareng sama beberapa partner dari perusahaan lain. Restorannya unik deh. Di lantai dasarnya dibikin kayak gang jaman dulu. Ada jemuran baju segala, hahahahhaa. Trus orang yang nunggu meja dikasih koin buat main game ambil boneka pake capitan itu loh.

Makanannya enak, tapi ada bau khas rempahnya yang gue nggak terlalu suka. Terlalu kuat aja kayaknya di idung gue. Selain itu kita juga pesen 1 tower bir buat rame-rame. Untungnya bir yang disajiin rada light. Jadi nggak ‘bego-bego’ amat lah setelah minum beberapa gelas, hahahahahahah. Udah selesai makan, eh partner yang dari India ngeliat ada KTV. Secara dia penggila KTV ya, diseretlah kita semua kesana. Alhasil kita karaoke-an dari jam 11 malem sampe tutup KTV-nya jam 2 pagi. Padahal paginya masih ada conference! Yang ada paginya pada nggak ada yang bangun dong, huahahahhahahahaha. Hari kedua conference pun isinya cuma hahahihi doang.

WhatsApp-Image-20160628

Coba itung ada berapa kaleng bir disitu? Iyak…25!!! Hahahahahaha. Pulang-pulang gue BESER!

Gue juga sempet ngunjungin Reed Flute Cave. Gua yang penuh stalactites & stalagmites (mana atas mana bawah cobaaaaaak?) ini dihiasin lampu warna-warni. Jadinya cantiiiik banget. Untuk masuk ke gua-nya ini kita musti jalan dulu ke gerbang utamanya. Dan ada kejadian o’on antara gue yang nggak ngerti Mandarin dan mbak-mbak tiket yang Ingrisnya juga walahualam, hahahahahah.

E: One ticket please..
M: Itzzzz wang hangred chen…
E: ngasih 110 yuan Here you go
M: Zu yu wan choo cek crey?
E: Tray?
M: Crey….creeey… nunjuk kesamping booth
E: *ngeliat pohon disamping booth. Dia nanya gue mo beli puun gituh?* No, No, I don’t want tree. Thank you.
M: Crey better. Only sirty faiv yuen…
E: No thanks *gimana caranya gue bawa pohon coba?*
M: OK…

Jalan ke arah pintu masuk…

M2: Crey?
E: No thanks…
M2: Ok. If yu wan cu wok, it’s cwenchi minits. Yu cek crey, only eit minits…how?

Mikir….kalo jalan kaki 20 menit, pake pohon jadi cuma 8 menit? Something is wrong somewhere…

E: What is crey?
M2: bengong crey? Tat wan! *nunjuk ke platform dibalik pintu kaca..*.
E: Hah? OMG….TRAAIIIIIIIN!!! 😂😂😂 I see, I see… No, thanks. I prefer walk

Yakaleeee deh ah ada pohon terbang gitu…Hahahahahahhaha.

Sampe diatas kita musti nunggu dulu sampe jumlah turisnya cukup, trus ntar dipandu masuk sama guide-nya. Sayangnya, dia ngejelasinnya pake Mandarin. Ya gue kebagian melongo doang, hahahahaha.

Gue juga sempet nyobain makanan khas Guilin, rice noodle. Pertama nyobain di hotel sih gue nggak doyan. Aneh gitu rasanya. Cuma mie polos, pake cabe, kacang, pickle. Eh tapi pas gue cobain di salah satu restoran bareng Andy, rasanya ENAK! Gue pesen beef rice noodle. OMG itu rasanya menurut gue enak banget. Gue nggak tau sih ya rasa yang ‘asli’ dan ‘bener’-nya itu kayak gimana. Tapi yang gue makan ini enaaaaak.

WhatsApp-Image-20160628 (2)

Maapkan fotonya yang gelap-gelapan gini, hahahahaha

Untung aja gue sempet explore tempat-tempat ini pas hari-hari pertama gue di Guilin. Karena di hari terakhir, setelah kita balik dari Yangshuo, ujan deras seharian sampe air sungainya meluap dong.

Next post, Yangshuo… *semoga gak males ngepost, hihihihi*

#OurDailyChat – Edisi Kantor

#1. Terbalik tauk!!!

A: Lia, what’s the meaning of ‘KUCUP’ ah?
G: Again?
A: KUCUP….TAKUCUP. Malay word.
G: You mean…Kuncup?
A: No, not kuncup…KUCUP!
G: Kucup ah, hmmmm, never heard leh…
A: It’s si-yu-kei-yu-pi
G: Hah? Spell it again…
A: Si-yu-kei-yu-pi
G: *Baca tulisan hasil spellingnya si bos*. It’s ‘CUKUP’ laaaah Andy, not KUCUP!!!
A: Oooooh, ya…ya…ya. Tak cukup means not enough right? OK, I understand now!

#NgemutKembangKuncup

#2. Yang jelas dong!

Dengerin Bos & colleague gue ngomong…

A: M, this Ms X give back ‘audio’ or not?
M: Audio?
A: Yeeeees
M: What audio are you talking about?
A: We delivered the goods to PT Z already maaaaah. Ms X must give back audio whaaaat!
M: Errrr….Yes, we delivered the goods. But why they have to give us audio?
A: *Mulai kesel* OMG M, we delivered the goods to PT Z riiiight? The driver pass audio to them mah? Then they signed and chopped. The driver must pass audio to Ms X right. Then she has to send the copy to us looooooor.
M: *Diem*
A: You follow me anot?
M: Do you mean… ‘OUR D/O’ (Delivery Order – red)
A: YA LOOOOOR, I said OUR D/O whaaaat!
M: I THOUGHT YOU WERE SAYING ‘AUDIO’…NOT OUR D/O!!!!

*Ngikik di meja. Tenang M, gue juga dari tadi dengernya AUDIO kok, huahahahahahah*

#3. Lupa melulu sih!

Beberapa bulan yang lalu…

A: Lia, you come to office by mandai then BKE right?
G: No, I go by upper thomson, marymount, lornie, and then take PIE – BKE
A: That’s one big round you know…
G: I know. I send Andreas to his office first mah…
A: Oooo…I see… I see

Selang sebulan setelahnya…

G: Sorry I’m late…traffic jam at lornie
A: Ha? Why you go by lornie? I tot you go by mandai then BKE?
G: I sent andreas to his office first mah…
A: Ooooo, ya ya ya..

Beberapa minggu yang lalu

A: Wah, got oil spill at BKE near mandai site! You got affected anot?
G: No
A: Really? But everyday you take BKE from mandai riiiight?
G: *Tarik napas* No…I go by upper thomson then lornie.
A: Oooooh ya ya ya…you send andreas to his office before coming here right? Ya ya…I remember

Barusan…

G: Sorry I’m late. There’s accident at farrer and the jam reached marymount rd.
A: What were you doing at marymount rd?
G: *Ngeliatin mukanya A dgn tatapan ‘do I need to explain it again?’*
A: OOOOOH!!! Ya ya…you send andreas to his office first… Wah, jam until so far ah?

Sabaaaaaaar….sabaaaaaar

*siap2 ngerekam kalimat “NO, I SEND ANDREAS TO HIS OFFICE FIRST MAAAAAH….”*

#4. Ejiyeeeeeeh yang mudaan…

Andy baru balik ke kantor trus ujug2 ngajak ngomong soal kerjaan. Gw jawabin sambil ngeliatin laptop. Begitu gw ngeliat muka dia, kok kayak ada yg aneh ya…

G: Andy…did you do something to your hair?
A: No
G: *Merhatiin rambutnya* Really?
A: *Mesam mesem*
G: Hey Mel, do you notice something different with his hair?
M: Ummm….ya…
A: Aiyaaaaa, talk so much. Which one makes me look younger? This one or the old one?
G: So you DID something to your hair….
A: *muka malu2 sambil mainin rambut* No laaaah, I didn’t use spray today. My wife said I look younger this way. It’s natural wave you know…what do you all think?
Gw: Errrrr…. I need to go the the rest room…

😂😂😂😂😂😂
Darn! Salah banget dah gue pake ngebahas rambutnya dia.

#5. Lah kirain sih lagi monolog, 😆

Lagi hening di kantor…

A: LXXI, Welcome to the world of fragrances, family owned Swiss company…
G & M: *saling liat2an*
A: Creativity…competence….and quality. Switzerland, Dominican republic, Belarus, Germany…

Hening lagi…

A: Lia…did u get that?
G: Hah? Got what?
A: Alamaaak, just now I mentioned so many things whaaaat…
G: Mentioned what?
A: The company…LXXI!
G: Hoooo, I didn’t realize that you were talking to me. I thought you were doing a monologue 😂
A: Wah lao…I did monologue for what!!!

Ya lagian sik ngomong asal nyerocos aja…meneketehe itu maksudnya ngomong sama gue 😂

#6. Chinese version maybe?

Baru turun pesawat di Hong Kong Airport…

A: Lia…lia, let’s get some bite first. Still have time right?
G: Have…
A: What do you want? They have mcdonald’s, starbucks….oh, I know, we go and eat at ‘PaiPai’
G: PaiPai?
A: Yes, fried chicken…never heard of?
G: No… gw mikirnya mungkin brand local
A: My God, it’s so famous you know. Singapore also have what!
G: PaiPai? I’ve never heard it before…
A: Aiyaaaa, sure you know what…got the song “Paipai the sailormaaaaaan” *nyanyik*
G: …….. That’s POPEYES….
A: What did I say? PaiPai right!!!
G: POPEYEEEEES!! 🔫🔫🔫🔫

#7. Lo kata Mad Cow?

During dinner…

M: So, Andy, you don’t eat beef. Is it because you’re a Buddhist?
A: Yes, I pray to one particular deity. So I can’t eat beef
M: Oh I see…
A: Hindu don’t eat beef also right?
M: They don’t. Even in some state in India, beef is banned.
A: Of course. Cow is a SCARED animal for them
A: Ya laaaah, SCARED…

SAK KAREPMU LAH!!! 😂😂😂😂😂😂😂

#8. Gak usah ke’ge-er’an deh

Dinner bareng beberapa kenalan baru

S: Andy, how old are you?
A: *mesam mesem* You guess…
S: Mmmmmh…. Late 40s?
A: *ketawa bahagia* Mathew! He said I’m in my late 40s!!!
M: Ya…ya, he looks young right?
A: Aaaah…*ketawa2 hepi* I’m 55 this year. I don’t look like 55 right? People always think that I’m much younger…
S: Well, you do look young…
A: *hampir nembus langit ke tujuh* See, Lia, people ALWAYS think that I am at least five years younger. Do I look young?
G: *nenggak bir* You look 60 to me…